Wednesday, 16 August 2017

Bagaimana cara mengisi JJM Kepala Sekolah dan menampilkan nama kepala sekolah di Dapodik 2018

Pertama kali mengerjakan Dapodik Versi 2018, saya kebingunan karena nama kepala sekolah tidak muncul di beranda aplikasi. Setelah baca petunjuk teknis pengisian Dapodik 2018, ternyata untuk menampilkan nama kepala sekolah di beranda aplikasi dapodik 2018 adalah dengan memilih jenis Ptk yang ada di kolom pengisian data Ptk. Sedangkan untuk JJM kepala Sekolah boleh untuk tidak di isi, karena jumlah jam kepala sekolah secara administrasi pada aplikasi dapodik 2018 sudah memenuhi 24 jam perminggu. Jadi, kita sebagai operator sekolah tidak perlu susah untuk menambah jam kepala sekolah di Rombongan Belajar (Rombel).




Dikutip dari website Guruku-id bahwa, Pada Tahun Ajaran 2017/2018 ini ada sedikit perubahan dalam pengisian data "Kepala Sekolah" baik jenjang SD dan SMP yaitu :

1. Mulai Tahun Ajaran 2017/2018 "Kepala Sekolah Tidak Wajib Mengajar" bukan tidak boleh mengajar. Jadi kepala sekolah di perbolehkan tidak mengajar.

2. Dikarenakan kepsek "boleh tidak mengajar" maka ada sedikit penambahan dalam pengisian data individu kepsek. ada fitur tambahan di data individu ptk, fitur baru itu adalah "jenis ptk". khusus kepsek wajib memilih "kepala sekolah" di jenis ptk nya. Dengan memilih jenis PTK nya kepala sekolah maka otomatis PTK tersebut akan mendapatkan 24 jam walaupun tidak mengajar sama sekali, jadi jangan lupa mengisi jenis PTK khusus untuk Kepala Sekolah.

3. Walaupun ada fitur Tambahan di jenis PTK Khusus untuk Kepala Sekolah, akan tetapi Tugas Tambahan Kepsek Tetap wajib di isi seperti biasa.

4. Kepala Sekolah boleh mengajar di kelas dengan catatan di Sekolah Tersebut kekurangan Pendidik. Misal di Sekolah A hanya terdapat 5 Guru Kelas dan 1 Kepala Sekolah.

Nah, demikianlah cara menampilkan nama kepala sekolah di Beranda Dapodik 2018. Semoga bermanfaat.

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

My name is Nata, I write this blog is to provide information about primary and secondary education. I am a teacher at a Elemantary School.