Wednesday, 23 August 2017

Cara mendownload Kisi-Kisi Mapel (Pretest) UKG Tahun 2017

Inilah kabar tebaru mengenai Sim PKB, guru-guru yang terdaftar di Komunitas KKG atau MGMP sudah dapat melihat kisi-kisi Mapel (Pretest) UKG Tahun 2017 di akun milik guru masing-masing. Kisi-kisi ini berguna sebagai acuan guru saat mengikuti Pretest UKG tahun 2017. Untuk itu sebagai guru, hendaknya sudah bisa mengetahui dan mendownload kisi-kisi Mapel ini. 

Adapun cara-cara mendownload Kisi-kisi mapel  (Preterst) UKG 2017, Pertama guru harus Login ke akun Sim PKB atau sim GPO di alamat ini https://app.simpkb.id/ kemudian download kisi-kisi Mapel (Pretest) nya seperti gambar di bawah ini:
 



Masih banyak guru yang menganggap remeh Akun Sim Guru Pembelajar atau SIM GPO, padahal ini sangat penting bagu guru. Karena hal-hal berikut ini:

- Guru yang telah mengikuti Ujian Kometensi Guru (UKG) tahun 2015, dan masih mengajar di sekolah yang sama, serta masih mengajar mapel yang sama harus  login, simpan dan logout, walaupun sudah pernah di login tahun sebelumnya.

- Guru yang sudah mengikuti UKG 2015, namun berpindah sekolah tempat mengajar, harus memperbarui atau menambahkan keterangan dan yang berganti Mata pelajaran yang di ajar, harus mengikuti UKG lagi.

- Bagi guru yang menjadi Kepala Sekolah  boleh memilih tergabung dalam komunitas KKG/MGMP mapelnya atau dalam pilihan Komunitas.

- Pengembangan Profesi Guru berbasis komunitas dan semua guru harus masuk komunitas untuk pengembangan profesinya. Sedangkan, guru yang tidak masuk komunitas, tidak akan pernah terperhatikan pengembangan profesinya.

- PKB dasarnya adalah hasil UKG, maka guru-guru yang belum UKG, seharusnya mengikuti UKG dulu. Untuk itu, semua guru harus mendaftar di komunitasnya, di MGMP atau KKG atau MKKS.

-  Pada Tanggal 17 Juli 2017 Kemarin, adalah tanggal batas akhir nasional login SIM PKB.

- Ketua komunitas memegang informasi anggotanya, termasuk password, bila anggota komunitas terlupa passwordnya dan semua guru harus terdaftar di SIM PKB.

-  Pembaharuan data untuk guru yang berganti mapel atau sekolah dilakukan di admin provinsi untuk guru SMA dan SMK.

-  Dana untuk tes UKG bagi yang belum UKG, sudah disalurkan di dinas pendidikan. Agar UKG bisa segera diambil, pendataan di komunitas tak boleh diabaikan. Dana untuk untuk pengembangan PKB sudah disalurkan ke dinas pendidikan masing-masing. Dana itu akan disalurkan ke komunitas PKB, yakni KKG, MGMP, MKKS. Meski anggota komunitas tak terbatas.

-  Kelas PKB untuk pengembangan komunitas berjumlah 20 orang, dan dalam setiap komunitas maksimal 2 kelas. 

- Penentuan siapa yang disertakan dalam pengembangan komunitas, berada di tangan ketua komunitas.

-  Setiap komunitas PKB, seperti MGMP atau KKG mendaftarkan komunitasnya ke admin dinas pendidikan setempat untuk membuat namanya di SIM PKB.

Sekian mengenai Sim PKB.

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

My name is Nata, I write this blog is to provide information about primary and secondary education. I am a teacher at a Elemantary School.