Monday, 7 August 2017

Apakah kamu Operator Sekolah, Tahukah kamu apa Itu Foppsi?


ilustrasi by Foppsi
FOPPSI adalah Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia(FOPPSI). Organisasi ini dibentuk demi mewadahi semua operator pendataan di semua jenjang pendidikan seluruh indonesia, karena saat banyaknya forum atau perkumpulan dengan skala kedaerahan dan per jenjang, untuk itu Foppsi ingin semua operator yang ada di Indonesia untuk bersatu dalam satu suara untuk mengapresiasikan seluruh keluhan Operator Sekolah di bagian Indonesia manapun mereka berada, sekarang pekerjaan operator digunakan manfaatnya oleh pemangku kebijakan namun tidak di akui keberadaannya, untuk itu FOPPSI ingin operator mempunyai payung hukum yang jelas entah itu melalui revisi permen 24 tahun 2008 atau punya payung hukum sendiri. Forum ini juga lahir dari para pemerhati operator yang peduli akan nasib mereka. sebagaimana diketahui bahwa keberadaan operator saat ini tidak pernah diakui, padahal operator adalah ujung tombak dari sekolah.  untuk memperkuat keberadaan operator akhirnya pada tanggal 21-22 Desember 2015 FOPPSI mengadakan Musyawarah Kerja Nasional yang dihadiri oleh para pengurus FOPPSI.

FOPPSI sebagai wadah terhimpunnya segenap Operator Pendataan Pendidikan semua jenjang satuan pendidikan merupakan organisasi perjuangan, organisasi profesi, dan organisasi ketenagakerjaan yang berdasarkan Pancasila, bersifat unitaristik, independen, dan tidak berpolitik praktis, secara aktif menjaga, memelihara, mempertahankan, dan meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa yang dijiwai semangat kekeluargaan, kesetiakawanan sosial yang kokoh serta sejahtera lahir batin, dan kesetiakawanan organisasi baik nasional maupun internasional. FOPPSI juga bukan organisasi yang lahir karena kepentingan pribadi, kelompok, atau Instansi.

Foppsi  didirikan pada tanggal 12 Oktober 2015 dalam Musyawarah Nasional di Jakarta untuk waktu yang tidak ditentukan. Organisasi Tingkat Nasional berkedudukan di Ibu Kota Propinsi yang dekat dengan Ibu Kota Negara Republik Indonesia atau Ibukota Negara Republik Indonesia.
Sekretariat : SD Alam Natur Islam, Jln. Raya Pondokgede Permai No. 11A Jatirasa, Jatiasih, Kota Bekasi 17424

untuk itu segenap Operator Sekolah di Indonesia tidak perlu lagi meragukan Keberadaan FOPPSI karena sudah berbadan hukum, yaitu:
Ketua Umum : Bpk. Basuki Rachmat
Akta Notaris Nomor 2283 Tanggal 29 Desember 2015
Notaris : IIS ANITA PUSPITASARI, SH
SK MENKUMHAM NOMOR : AHU-0033876.AH.01.07.TAHUN 2015

Visi dan Misi Foppsi yaitu “Terwujudnya Operator Pendataan Pendidikan Indonesia yang Profesional Solid Dan Sejahtera Dalam Pelaksanaan Administrasi Pendidikan Berbasis Imtek”
Dengan Indikator
  • Seluruh komponen Organisasi memiliki kemampuan secara profesional
  • Bekerjasama secara kolaboratif baik dengan instansi pemerintah maupun dengan organisasi lain dalam memperjuangkan anggota
  • Peduli terhadap fenomena sosial kemasyarakatan anggota Organisasi
  • Norma Agama dan Norma Sosial menjadi landasan berpikir dan bertindak seta berkemampuan di bidang Ilmu dan Teknologi.
Saat ini organisasi FOPPSI meski terbilang baru namun memiliki perkembangan yang luar biasa, ini terbukti berbagai keanggotaan yang ada diseluruh Indonesia dari berbagai, tersebar ratusan cabang daerah keanggotaan FOPPSI, dengan perkembangan luar biasa ini FOPPSI seakan jadi inspirasi bersama semua OPS, sesuai dengan tujuan dan mottonya "Data tepat dan akurat"

Kita berdoa dan berharap semoga jalan kita di ridhoi dan dimuluskan Allah, semoga bapak Basuki Rahmat selalu diberi Allah kesehatan, semoga perjuangan Operator Sekolah di Seluruh Indonesia akhirnya akan diperhatikan pemerintah Pusat. Hanya kepada Allah lah kita memohon pertolongan. Aamiin
 

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

My name is Nata, I write this blog is to provide information about primary and secondary education. I am a teacher at a Elemantary School.