Sunday, 20 August 2017

Apa itu Multiple Intelligence?


Multiple Intelligence merupakan sebuah teori yang digagas oleh  Dr. Howart Gardner dan rekan-rekannya di Harvard University. Gardner mendefinisikan kecerdasan sebagai kemampuan untuk memcahkan masalah dan menciptakan produk yang bernilai budaya. Ia mengatakan bahwa psikologi dan pendidikan telah menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mempelajari kecerdasan di dalam ruangan tes dan bahwa kedua disiplin ini seharusnya lebih banyak melihat ke dalam dunia nyata untuk mencari contoh-contoh cara manusia memecahkan masalah dan menciptakan berbagai produk penting bagi perkembangan budaya. Menurutnya, mengamati cara seorang montir mnyelesaikan masalah busi atau cara akuntan menyelesaikan sebuah dilema finansial memberikan contoh yang baik mengenai cara kerja kecerdasan dari pada memberi tes apapun.

Dokter Gadner akhirnya menyusun Delapan kecerdasan dasar yang mencakup berbagai jenis kecerasan:
Kecerdasan Verbal (Linguistik), Kecedasan Logis-Matematis (Logikal), Kecedasan Visual (Spasial), Kecerdasan Bodily atau Kinestatik-Jasamani, Kecerdasan Musikal, Kecerdasan Interpersonal, Kecerdasan Intrapersonal, dan Kecerdasan Naturalis.   

Untuk jelasnya lagi mari simak uraian berikut ini:

1. Kecerdasan Verbal atau Linguistik adalah kemampuan menggunakan kata-kata secara efektif. Dalam sehari-hari kecerdasan ini bermanfaat untuk berbicara, mendengarkan, membaca apapun (seperti rambu-rambu lalu lintas, hingga noverl klasik), dan menulis apapun (mulai pesan dan email sampai puisi dan laporan kantor).

2.   Kecerdasan Logis-Matematis (Logical) adalah kecerdasan yang digunakan ilmuwan ketika menciptakan hipotesis dan dengan tekun mengujinya dengan data eksperimental.

3.  Kecerdasan Visual atau spasial adalah kecerdasan gambar dan visualiasi yakni dengan melibatkan kemampuan visual gambar di dalam kepala seseorang atau menciptakannya dalam bentuk dua atau tiga dimensi.

4.  Kecerdasan Bodily atau kinestatik-jasmani adalah kecerdasan seluruh tubuh.

5. Kecerdasan Musikal adalah kecerdasan yang melibatkan kemampuan menyanyikan sebuah lagu, mengingat melodi musik, atau sekadar menikmati musik.

6.  Kecedasan Interpersonal adalah kecerdasan untuk memahami dan bekerja sama dengan orang lain, seperti berempati pada orang lain, dan kemampuan memanipulasi sekelompok besar orang menuju suatu tujuan bersama.

7.  Kecerdasan Intrapersonal adalah kecerdasan memahami diri sendiri dan kecerdasan mengetahui siapa diri kita sebenarnya.

8.  Kecerdasan Naturalis adalah kecerdasan yang melibatkan kemampuan mengenali bentuk-bentuk alam di sekitar kita dan juga kepekaan terhadap bentu-bentuk alam lain.

Sumber : Multiple intelligence for islamic teaching oleh Ariany Syurfah


NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

My name is Nata, I write this blog is to provide information about primary and secondary education. I am a teacher at a Elemantary School.