F Maklumilah keterbatasan anak kecil! - Edukasinfo.Net

Tuesday 22 August 2017

Maklumilah keterbatasan anak kecil!

Begitu banyak hikmah dari diciptakannya manusia untuk mendiami Bumi Allah ini, di antara hikmah Allah Ta'ala ialah menciptakan manusia dengan segala kemampuan terbatas dan bertahap, sehingga dapat dimaklumi apabila kita menjumpai kebanyakan anakanak gemar bermain dan melakukan hal yang bersifat siasia. Memang inilah masa untuk persiapan mereka menginjak usia yang lebih dewasa. Sehingga para orang tua tidak perlu memaksa mereka dengan usia yang sangat dini membawa mereka kepada masa yang belum waktunya bagi mereka. Misalnya, anak harus terus belajar dan tidak diberi kesempatan bermain sama sekali, atau anak harus selalu serius dan tidak boleh bercanda dengan usianya yang sangat dini, padahal hal ini sangat mereka butuhkan. Benarlah Ummul Mukminin Aisyah  رضي الله عنها tatkala beliau mengatakan: 
Maklumilah keterbatasan anak kecil perempuan (seperti diri-nya) yang masih suka sesuatu yang sifatnya sia-sia, (HR. Bukhari 5190, Muslim 892) 

Beliau mengucapkan perkataan ini ketika masih belia dan masih suka melihat orang-orang Habasyah bermain dan menari [perang]. Dan suatu ketika beliau menonton mereka sedang bermain didampingi oleh Rasulullah  صلى الله عليه وسلم sampai merasa puas, dan Nabi pun tidak melarangnya, mengingat beliau tergolong masih kecil dan menyukai hal-hal seperti ini. 

Akan tetapi, kita pun tidak boleh terlalu menuruti semua keinginan anak sehingga anak menjadi manja. Sekali-sekali bolehlah kita tidak mewujudkannya apabila keinginan tersebut membahayakan untuk dilakukan, sekaligus ini merupakan salah satu bukti kasih sayang orang tua terhadap anaknya. 

Sumber : Candailah Anak Kalian oleh Ustad Muhammad Ali AM. Hafizhollah

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

1 comment:
Write komentar
  1. Namanya juga masih anak kecil, dan masih banyak keterbatasan, masih senang bermain dan malah lebih senang bermain dibanding belajar...tugas orang tua juga harus maksimal menngarahkan anak-anaknya...bukan hanya sekedar guru yang dianggap sebagai pelayan dan tetap penitipan anak.

    ReplyDelete

Terima Kasih