Wednesday, 16 August 2017

Mari membuat keputusan untuk pendidikan

Ilustrasi by youtube
Kehidupan dalam masyarakat sungguh sangat kompleks. Keberadaan manusia baik secara individu maupun kelompok terorganisasi oleh suatu sistem organisme yang kompleks. Perilaku manusia tidak hanya terkait dengan aturan universal, tetapi juga oleh sistem yang dibuat oleh manusia. Insitusi keluarga, politik, ekonomi dan pendidikan sebagai sistem yang dibuat oleh manusia dari hari ke hari semakin kompleks keberadaan organisasinya. Oleh sebab itu, sekolah merupakan bagian dari sistem institusi sosial yang berkembang sampai saat ini.

Dikemukakan oleh Kotter (1988) bahwa pertumbuhan, diversifikasi, globalisasi dan pengembangan teknologi telah membuat semua bisnis semakin kompleks. Dengan kata lain, tingginya intensitas persaingan menyebabkan organisasi harus memiliki kepemimpinan yang efektif di abad ke-21. Dalam hal ini tak terkecuali pada instansi pendidikan dalam menghadapi tantangan tersebut sebagai suatu subsistem, dari sistem kehdupan suatu bangsa.


Keberadaan lembaga pendidikan saat ini diperkirakan kurang produktif dalam merespon perubahan eksternal. Pimpinan lembaga pendidikan cenderung kurang berdaya dalam mengelola perubahan yang berarti bagi masa depan. Menurut Tilaar (1993) hal deikian terlihat pada kemampuan pendidikan mengantisipasi perubahan sosial yang bakal terjadi. Pendidikan steril dengan masa depan, terpaku pada kabut jangka pendek dan puas dengan jati dirinya sendiri saat ini. Isi kurikulum lebih diarahkan kepada kebudayaan masa sekarang sehingga subjek didik merasa kuantitas informasi yang diberikan kurang berkualitas bagi kehidupan masa depan.

Pentingnya keterampilan dalam mengambil keputusan (decisional role) adalah peranan yang sangat strategis oleh suatu pimpinan suatu lembaga Pendidikan. Pengambilan keputusan dimulai dari kegiatan perencanaan dimulai dari Visi, Misi strategi, tujuan dan sasaran organisasi dalam perencanaan strategik, kemudian sasaran organisasi dan prosedur pelaksanaannya. Diperlukan upaya mengorganisasi sumber daya dan material guna mendukung terlaksananya program kerja organisasi yang dalam hal ini yakni pendidikan.

(Sumber: Grasindo, Sistem pengambilan keputusan Pendidikan)

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

My name is Nata, I write this blog is to provide information about primary and secondary education. I am a teacher at a Elemantary School.