Thursday, 31 August 2017

Tahun 2017 Lagu Indonesia Raya akan dinyanyikan dengan 3 stanza, begini liriknya!




Kemendikbud telah mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) tentang lagu Indonesia Raya dalam 3 stanza. Lagu tersbut wajib dinyanyikan saa Upacara di sekolah-sekolahseluruh Indonesia. Selama ini lagu Indonesia yang selalu kita dengar dan kita nyanyikan hanya satu stanza, yakni yang pertama saja. Kini, lagu Indonesia Raya harus dinyanyikan dalam 3 stanza.

image: republika.co.id
Semoga ditularkan kepada seluruh sekolah. Karena upacara bendera di setiap sekolah di Indonesia harus menyanyikan Lagu Indonesia Raya dalam 3 stanza,” Kata Mendikbud Muhadjir Effendy dalam sambutannya ketika pemberian penghargaan guru dan tenaga kependidikan berprestasi di gedung Kemendikbud, Jalan Jenderal Soedirman di Jakarta pada hari sabtu tanggal 19 Agustus 2017. Lagu Indonesia karya WR. Soepratman memang asalnya terdiri dari 3 stanza. Namun yang biasa dinyanyikan hanya pembuka saja. 

“Kenapa 3 stanza ?” Kata Pak Menteri. “Karena itu nkeutuhan Indonesia Raya, karena yang biasa dinyanyikan itu bagian awal. Intinya di bagian tengah dan penutup di akhir.” Ucap Muhadjir. Beliau berharap kepada anak didik tumbuh rasa nasionalisme dengan lagu Indonesia Raya 3 stanza.
Lagu Indonesia Raya sudah tercantum dalam PP Nomor 44 tahun 1958, dan diterbitkan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno pada tanggal 26 Juni 1958.
(versi resmi Pemerintah, ditetapkan dengan PP44/1958)


Indonesia Raya 3 Stanza





Sumber:
berbagai media

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

My name is Nata, I write this blog is to provide information about primary and secondary education. I am a teacher at a Elemantary School.