F Tahun 2017 Lagu Indonesia Raya akan dinyanyikan dengan 3 stanza, begini liriknya! - Edukasinfo.Net

Thursday 31 August 2017

Tahun 2017 Lagu Indonesia Raya akan dinyanyikan dengan 3 stanza, begini liriknya!




Kemendikbud telah mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) tentang lagu Indonesia Raya dalam 3 stanza. Lagu tersbut wajib dinyanyikan saa Upacara di sekolah-sekolahseluruh Indonesia. Selama ini lagu Indonesia yang selalu kita dengar dan kita nyanyikan hanya satu stanza, yakni yang pertama saja. Kini, lagu Indonesia Raya harus dinyanyikan dalam 3 stanza.

image: republika.co.id
Semoga ditularkan kepada seluruh sekolah. Karena upacara bendera di setiap sekolah di Indonesia harus menyanyikan Lagu Indonesia Raya dalam 3 stanza,” Kata Mendikbud Muhadjir Effendy dalam sambutannya ketika pemberian penghargaan guru dan tenaga kependidikan berprestasi di gedung Kemendikbud, Jalan Jenderal Soedirman di Jakarta pada hari sabtu tanggal 19 Agustus 2017. Lagu Indonesia karya WR. Soepratman memang asalnya terdiri dari 3 stanza. Namun yang biasa dinyanyikan hanya pembuka saja. 

“Kenapa 3 stanza ?” Kata Pak Menteri. “Karena itu nkeutuhan Indonesia Raya, karena yang biasa dinyanyikan itu bagian awal. Intinya di bagian tengah dan penutup di akhir.” Ucap Muhadjir. Beliau berharap kepada anak didik tumbuh rasa nasionalisme dengan lagu Indonesia Raya 3 stanza.
Lagu Indonesia Raya sudah tercantum dalam PP Nomor 44 tahun 1958, dan diterbitkan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno pada tanggal 26 Juni 1958.
(versi resmi Pemerintah, ditetapkan dengan PP44/1958)


Indonesia Raya 3 Stanza





Sumber:
berbagai media

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

2 comments:
Write komentar
  1. Repot sekali, lagunya semakin lama...upacara sudah kelamaan ditambah nyanyi panjang banget

    ReplyDelete

Terima Kasih