Tuesday, 12 September 2017

Cara mengerjakan beberapa dapodik dalam satu Laptop

Alhamdulillah, admin pernah dimintai oleh beberapa kepala sekolah untuk mengerjakan Dapodik untuk sekolah masing-masing. Namun, saya kesulitan karena harus gonta-ganti menggunakan laptop, yang justru sangat menguras tenaga dan waktu.


Di kesempatan ini admin  akan membagikan pengalaman admin yang juga pernah admin dapatkan dari membaca dibeberapa blog. Cara mengerjakan dapaodik beberapa sekolah dalam satu laptop.  Pertama marilah kita mendownload aplikasi Dapodik yang terbaru yaitu Dapodik 2018, jika tidak mau repot silahkan download disini atau ke website dapodikdasmen, Kemudian, setelah selesai mendownload. Install Aplikasi Dapodik teman-teman ke laptop yang akan digunakan untuk mengerjakan dapodik.

Setelah aplikasi selesai terinstall di laptop, selanjutnya masuk ke kolom registrasi, Pilih Online jika teman-teman kebetulan sedang online (jika offline, silahkan download prefill dapodik dan letakkan difolder prefill dapodik yang berada di my computer atau "C")  isi Kode Registrasi sekolah 1, karena kita akan mengisi registrasi sekolah yang lain maka kita anggap yang pertama ini adalah sekolah satu. Kemudian pilih jenjang, selanjutnya masukkan email yang terdaftar di dapodik, masukkan pasword dapodik, dan ulangi masukkan pasword. dan klik tombol submit. Selanjutnya silahkan tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan bahwa sekolah ditemukan.

Langkah kedua, Pilih Online jika teman-teman kebetulan sedang online (jika offline, silahkan download prefill dapodik dan letakkan difolder prefill dapodik yang berada di my computer atau "C")  isi Kode Registrasi sekolah 2, karena kita akan mengisi registrasi sekolah yang lain maka kita anggap yang pertama ini adalah sekolah satu. Kemudian pilih jenjang, selanjutnya masukkan email yang terdaftar di dapodik, masukkan pasword dapodik, dan ulangi masukkan pasword. dan klik tombol submit. Selanjutnya silahkan tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan bahwa sekolah ditemukan, dan seterusnya.



Keterangan:
1. Pilihan Offline atau Online
2. Kode Registrasi Sekolah
3. Pilih jenjang sekolah
4. Email dapodik
5,6. Pasword dapodik
7. Submit
Catatan:
- bila teman-teman ingin mengganti email dan pasword dapodik silahkan hubungi operator dapodik kabupaten di dinas pendidikan setempat.



- Bila ternyata setelah terinstal Gtk tidak ditemukan klik tombol Salin Penugasan


Sekian.

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

My name is Nata, I write this blog is to provide information about primary and secondary education. I am a teacher at a Elemantary School.