Thursday, 26 October 2017

Kamu Operator Sekolah Baru? Tapi tidak bisa login Verval GTK....mungkin ini solusinya!

Assalamualaikum, sahabat edukasinfo.net yang berbahagia. Mungkin kalian adalah operator Sekolah yang baru di tempat kalian bekerja. Biasanya kebanyakan Operator Sekolah, bila melihat Profil di Dapodik masih tertulis nama operator yang lama. Sepertinya tidak nyaman bagi sahabat jika nama yang tampil sebagai Operator Sekolah orang lain. Lah, kan kita yang bekerja, tapi kok nama Operator Sekolahnya masih nama si Ope'es yang lama. Lalu, buru-buru kita menggantikan Email dan Password Dapodik dan mengganti dengan akun milik sahabat.

Nah, sekarang permasalahannya beda lagi, sahabat mungkin kesulitan untuk mengubah dan mengedit data Siswa  dan data guru, karena harus melalui login Verval PD dan Verval GTK. Sedangkan, email dan password saat ini tidak bisa untuk melakukan login. Pasti pusing mikirannya.

Baiklah sahabat, Mungkin admin edukasinfo bisa membantu kendala sahabat. Coba sahabat melakukan registrasi Operator Sekolah di website ini http://sdm.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pegawai/operatorbaru


Kemudian, isikan data sahabat ke dalam kolom yang telah disediakan:


 Baiklah saya akan menerangkan satu persatu:
  1. Isilah dengan nama lengkap sahabat sebagai Operator Sekolah 
  2. Masukkan email Pribadi tapi jika tidak ingin email pribadi sebagai usernamenya sahabat bisa menggunakan email Sekolah. 
  3. Kemudian masukkan password untuk login ke laman SDM-PDSK atau Verval PD/ Verval GTK. 
  4. Masukkan kembali password di atas. 
  5. Isi Nomor Handphone Operator Sekolah 
  6. Isi Tempat Lahir 
  7. Kemudian isi Tanggal/Bulan/Tahun Lahir  
  8. Pilih Jenis Kelamin 
  9. Pilih Provinsi 
  10. Pilih Kabupaten 
  11. Pilih Kecamatan 
  12. Pilih Sekolah 
  13. Telusuri berkas Surat Penugasan sebagai Operator Sekolah dalam bentuk File dalam format PDF dengan ukuran Max. 2Mb (Ditandatangani Kepsek dan Cap), setelah registrasi silahkan cek di status pendaftaran.
  14. dan yang terakhir klik tombol Registrasi
Selesai deh! registrasi Operator Sekolah, sekarang silahkan sahabat menunggu server SDM-PDSPK untuk memproses data sahabat. Biasanya paling cepat selama 24 Jam.

Sambil menunggu sahabat bisa mengerjakan tugas lainnya dan santai saja. Insya Allah berhasil.

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

My name is Nata, I write this blog is to provide information about primary and secondary education. I am a teacher at a Elemantary School.