F UKS wadah untuk mengenalkan kesehatan kepada anak-anak di Sekolah - Edukasinfo.Net

Tuesday 17 October 2017

UKS wadah untuk mengenalkan kesehatan kepada anak-anak di Sekolah

Mengenal UKS : image Erlangga
Usaha Kesehatan Sekolah atau yang disingkat dengan UKS merupakan bagian dari program kesehatan anak usia Sekolah. Anak Usia sekolah yang dimaksud adalah anak yang berusia dari 6 sampai 21 tahun. Sesuai dengan proses tumbuh kembangnya, anak usia sekolah terbagi menjadi dua kelompok, yaitu premaja yaitu 6 sampai 9 tahun dan remaja yaitu usia dari 10 sampai 19 tahun. 

Di dalam keputusan Menteri Kesehatan nomor 282/MENKES/SK/IX/2008. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah upaya terpadu lintas program dan lintas sektor dalam rangka meningkatkan kemampuan hidup sehat dan selanjutnya membentuk prilaku hidup sehat  anak usia sekolah yang ada di sekolah. 

Dalam pelaksanaannya UKS dibawah nauangan empat kementerian, yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Agama.

Sekolah yang merupakan tempat terjadinya transfer ilmu , termasuk ilmu yang berkaitan dengan kesehatan, maka sangatlah vital dan ideal untuk memulai pendidikan kesehatan, hal ini dapat dilihat dari beberapa faktor berikut:
  1. Sekolah identik dengan Pendidikan. Segala sesuatu yang berbau pendidikan bisa lebih mudah dilakukan di sekolah.
  2. Jumlah Penduduk yang berada dalam usia sekolah memiliki persentase yang tinggi. Dengan memberikan pendidikan kesehatan di sekolah, kuantitas orang yang sudah punya bekal tentang dasar-dasar hidup sehat akan besar jumlahnya.
  3. Sekolah bisa menjadi mitra Puskesmas yang bisa memberikan pendidikan kesehatan sampai ke tingkat pelosok. 

Sumber: Mengenal UKS , Erlangga

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

5 comments:
Write komentar
  1. Informasi yang bgus dan menarik untuk di simak oleh para pendidik

    ReplyDelete
  2. Ini INFO YANG SANGAT BERMUTU DAN SEMOGA DAPAT DITERAPKAN DI SEKOLAH DENGAN SEPENUHNYA

    ReplyDelete
  3. Semoga dengan adanya UKS bisa menambah pengetahuan tentang kesehatan siswa

    ReplyDelete
  4. Artinya Perlu juga perhatian dari kepala sekolah untuk meningkatkan UKS ini

    ReplyDelete

Terima Kasih