Thursday, 28 December 2017

Aplikasi Pendataan Pendidikan yang terumit di tahun 2017

Assalamualaikum sahabat edukasinfo.net, selamat pagi dan selamat memulai aktifitas di hari Jumat yang barokah ini. Sahabat, beberapa bulan yang lalu kita mendapati sebuah pembaharuan aplikasi pendataan pendidikan khusus untuk madrasah dan pondok pesantren. Aplikasi ini biasanya disebut dengan Emis (Education Management Information System). Nah, sahabat berdasarkan temuan di lapangan ternyata banyak operator madrasah yang mengeluh mengenai aplikasi ini. Sebenarnya, sih ini bukanlah sebuah aplikasi beta atau lainnya, namun emis 2017 saat ini lebih kepada sebuah website pendataan, layaknya seperti Padamu Negeri (Simpatika) atau Epupns. 

Harapan kita ke depan agar tim emis ini, dapat lebih meningkatkan aplikasi pendataan emis ini. Misalkan, seperti Dapodikdasmen yang bisa dikerjakan walaupun tanpa jaringan internet, dan butuh jaringan internet ketika akan sinkronisasi data saja. Tapi, tidak pula seperti emis tahun lalu, karena emis tahun-tahun sebelumnya juga termasuk ribet dalam pengentriannya. 

Nah, coba kita lihat beberapa keluhan operator madrasah.





Beberapa hari ini, untuk membuka login emis madrasah sangat menyita waktu. Karena, seringkali error, atau data logout bahkan operator madarasah sampai harus begadang agar dapat mengakses situs emis ini. Sungguh hal ini sangat menyita waktu, dan menguras kesehatan operator madrasah. 

Semoga impian operator madrasah, agar aplikasi emis layaknya aplikasi dapodik terwujud.

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

My name is Nata, I write this blog is to provide information about primary and secondary education. I am a teacher at a Elemantary School.