Sunday, 24 December 2017

Begini cara memindahkan data emis kelas akhir ke capesun

Assalamualaikum, sahabat edukasinfo.net. Apa kabar semuanya? semoga senantiasa dalam limpahan rahmat Allah yang maha Kuasa. Sahabat, tahun 2017 akan segera berlalu, sedangkan bagi sahabat operator Madrasah, perlu untuk mengejar ketertinggalan dalam pengisian data emis madrasah. Namun, apa hendak dikata operator madrasah harus rela dan bersabar dalam mengentry data pada aplikasi yang baru saja dirilis alias uji coba. Mudah-mudahan di tahun 2018 emis semakin membaik, dengan server yang lebih baik, dan aplikasi yang jauh lebih baik, seperti dapodikdasmen. 

Di tahun 2010 pun, dapodik sama rumitnya seperti mengerjakan emis. Tetapi, setelah bertahun-tahun hingga sekarang dapodik pun semakin simple dalam mengerjakannya. 

Sahabat edukasinfo.net, walaupun demikian mengisi data adalah kewajiban sahabat sebagai operator pendidikan. Nah, sahabat! Situs emis terkadang perlu waktu tertentu agar bisa mengaksesnya seperti tengah malam, atau pagi-pagi. Karena, saat itu sedikit pengguna mengaksesnya. 

Sahabat edukasinfo, kali ini saya akan berbagi mengenai cara memasukkan data kelas akhir di emis ke dalam data calon peserta ujian nasional (Capesun) tahun 2017-2018. 

Adapun cara memindahkan data siswa ke capesun, silahkan sahabat login emis sesuai dengan akun madrasah masing-masing.

Kemudian pilih menu capesun, maka akan muncul nama-nama siswa kelas akhir yang akan mengikuti ujian akhir. Selanjutnya, pada nama-nama siswa tersebut pilih/contreng dan klik semua siswa calon peserta ujian nasional. Lalu pindahkan ke ruang kosong sebelahnya, yang bertulisan Daftar Siswa Capesun. Klik, pilih siswa capesun. Nah,  Sahabat, sebelum memasukkan data siswa ke dalam Daftar Siswa Capesun, periksa kembali kelengkapan data siswa tersebut dengan mengklik menu kecil berwarna hijau dan yang bergambar pensil.  

Semoga bermanfaat

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

My name is Nata, I write this blog is to provide information about primary and secondary education. I am a teacher at a Elemantary School.