Saturday, 4 August 2018

Sulitnya download prefill dapodikdasmen dimasa peralihan dapodik versi 2018 ke dapodik terbaru, padahal dapodik dibutuhkan untuk aplikasi PMP. Ini solusinya!

Assalamualaikum sahabat edukasinfo, beberapa waktu yang lalu admin sempat menghapus aplikasi dapodik di Laptop, namun saat itu belum ada sosialisasi tentang PMP 2018. Setelah pengarahan dari [pengawas pendamping tentang pengisian data PMP, admin jadi kebingungan karena aplikasi dapodik telah terhapus, sedang untuk mendownload prefill tidak pernah berhasil. Kemudian, admin mencoba mencari prefill di file sampah yang ada di laptop. Alhasilnya ketemu juga prefill dapodik 2018. 

Namun, jika tidak ada file tersimpan di laptop bagaimana cara mendapatkan prefill dapodik tersebut?

Tenang sahabat, di website dapodikdasmen ada pemberitahuan tim dapodikdasmen mengenai hal ini. Si menu Bantuan pilihlah Helpdesk. Pada postingan berita Dapodikdasmen tanggal 26 Juli 2018, disebutkan bahwa dalam rangka pelaksanaan Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah tahun 2018, dan peningkatan kuantitas serta kualitas data pendidikan, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah mengeluarkan Surat Edaran Dirjen Dikdasmen No 21/D/PO/2018 Tentang Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun Ajaran 2018/2019. Dalam surat edaran tersebut disampaikan bahwa Satuan Pendidikan diinstruksikan untuk melakukan pemetaan mutu dengan melengkapi instrumen pemetaan mutu melalui aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) versi terbaru dan melakukan pengiriman data pemetaan mutu tahun ajaran 2018/2019 sampai dengan tanggal 31 Agustus 2018.

Secara teknis Aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) merupakan add on/turunan dari Aplikasi Dapodikdasmen, maka semua data pokok dalam aplikasi PMP bersumber dari Aplikasi Dapodikdasmen. Oleh karenanya untuk dapat menjalankan aplikasi PMP dan mengisi instrumen pemetaan mutu maka pada komputer yang sama harus terinstall Aplikasi Dapodikdasmen dengan data yang lengkap (versi 2018.b patch 2). Sedangkan pada saat ini dalam rangka pergantian tahun ajaran baru dan persiapan rilis Aplikasi Dapodikdasmen versi baru telah diumumkan bahwa mulai tanggal 16 Juli 2018 pukul 00.00 WIB server Dapodikdasmen akan OFF untuk melakukan maintenance.

Oleh karena itu, untuk memfasilitasi satuan pendidikan yang belum melengkapi dan mengirimkan data instrumen pemetaan mutu melalui aplikasi PMP, telah disediakan unduhan untuk prefill Aplikasi Dapodikdasmen versi 2018.b patch 2 pada alamat :
Jadi prefill ini digunakan untuk melakukan registrasi pada Aplikasi Dapodikdasmen versi 2018.b patch 2 agar selanjutnya dapat menginstall dan menjalankan Aplikasi PMP versi terbaru (instrument, panduan, dan Aplikasi PMP dapat diunduh pada laman: http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/).

Demikian informasi dari dapodikdasmen, semoga bermanfaat.

Sumber : http://helpdesk.dikmen.kemdikbud.go.id

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

My name is Nata, I write this blog is to provide information about primary and secondary education. I am a teacher at a Elemantary School.