F Begini cara mengisi Nilai Rapor peserta didik di dapodik - Edukasinfo.Net

Tuesday 6 February 2018

Begini cara mengisi Nilai Rapor peserta didik di dapodik

Assalamu'alaikum, sahabat edukasinfo.net. Kali ini saya ingin berbagi cara mengisi nilai rapor di dapodik. Seperti pada tahun sebelumnya, kita mungkin pernah mengisi nilai rapor di dapodik juga. Namun,  untuk SMP dan SMA mengisi Nilai Rapor Peserta Didik  menggunakan e-Rapor yang memisah dari aplikasi Dapodik, namun terintegrasi ke dapodik.

 

Bagaimana cara mengisi nilai rapor di dapodik  ini?
 
 
Pertama, silahkan sahabat login aplikasi dapodik , dan cari menu Nilai. Untuk nilai rapor pilih Rapor dan untuk nilai Ujian Sekolah pilih US/USBN.
 
 

 

 
 

Baca Juga : Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19 untuk PAUDDIKDASMEN Tahun 2021

 

selanjutnya, akan muncul tampilan berikut ini,
 
 




kemudian klik-lah seperti dibawah ini (sesuai arah tanda panah),
 
 

 

Baca Juga : Alur seleksi PPPK guru dan Non Guru tahun 2021



Nomor 1 adalah pilihan tahun ajaran yang akan diisi nilai rapornya, nomor 2 adalah kelas/rombel yang akan diisi nilai rapornya. Nomor 3 geser ke kanan, maka akan ada menu lain seperti tambah, ubah, simpan dan hapus. Nah, klik tambah, lalu,
 
 



akan muncul tampilan berikut,



Misalnya kita pilih pelajaran Agama untuk urutan pertama, PKn urutan Kedua dan selanjutnya disesuaikan dengan urutan pelajaran yang ada di rapor siswa. 
 

Isi KKM Mata Pelajaran seperti gambar berikut, untuk semua mata pelajaran sama,

Klik simpan dan tutup.


 
 
Setelah, ditambah maka pada kolom tabel sebelah kiri akan muncul mata pelajaran yang akan diisi nilai rapornya. Setelah muncul nama mata pelajaran dan nama gurunya klik dua kali nama mata pelajaran tersebut. Maka akan muncul tabel sebelah kanan yang berisi nama-nama siswa.
 
 




Selanjutnya, klik menu ekport dan impor yang berwarna ungu dipojok atas. Lalu untuk Format Excel untuk impor,




dan kita akan mendownload format excel,  seperti gambar berikut ini:
 
 

 



Isilah Nilai rapor tersebut sesuai data dirapor siswa. Setelah, nilai rapor terisi, simpanlah data tersebut. Selanjutnya, akan kita masukkan lagi ke dalam aplikasi dapodik melalui import dari excel, selanjutnya Pilih Excel,  


dan pilih file nilai yang disimpan sebelumnya, untuk contoh kita pilih file nilai Pendidikan Agama,
 
 
Lalu, Open dan import. Terakhir akan terlihat hasil dari penginputan nilai yang telah kita olah, dikolom sebelah kanan seperti gambar di bawah ini.
 


Lakukan cara yang sama untuk mata pelajaran yang lainnya. Semoga bermanfaat.

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih