Tuesday, 6 February 2018

Begini cara mengisi nilai rapor di dapodik 2018.b

Assalamualaikum, sahabat edukasinfo.net. Kali ini saya ingin berbagi cara mengisi nilai rapor di dapodik 2018.b. Seperti pada tahun sebelumnya, kita mungkin pernah mengisi nilai rapor di dapodik juga. Namun, saat itu untuk SMP dan SMA masih bisa mengerjakan di aplikasi dapodik, namun untuk tahun ini SMP dan SMA telah menggunakan e-Rapor yang memisah dari aplikasi Dapodik.

Nah, sahabat, pengisian nilai rapor dan Nilai USBN di dapodik hanya diperuntukkan Sekolah Dasar (SD) saja.  Nilai yang diinput saat ini adalah Nilai semester Ganjil 2017-2018 dan Semester Genap 2017-2018 serta Nilai USBN. Mungkin ada sahabat yang ingin mengisi rapor tahun ajaran sebelumnya seperti 2016-2017. Sebagai temuan admin bahwa untuk tahun ajaran 2015-2016 atau 2016-2017 tidak bisa dikerjakan, dengan alasan bahwa aplikasi tidak menemukan rombel kelas yang akan di isi untuk tahun ajaran tersebut, kecuali jika ada pembaruan aplikasi dapodik yang membuka akses itu.

Lalu bagaimana cara mengisi nilai rapor di dapodik 2018.b ini?

Pertama, silahkan sahabat login aplikasi dapodik 2018.b, dan cari menu Nilai. Untuk nilai rapor pilih Rapor dan untuk nilai Ujian Sekolah pilih US/USBN.


selanjutnya, akan muncul tampilan berikut ini,


kemudian klik-lah seperti dibawah ini (sesuai arah tanda panah),


Nomor 1 adalah pilihan tahun ajaran yang akan diisi nilai rapornya, nomor 2 adalah kelas/rombel yang akan diisi nilai rapornya. Nomor 3 geser ke kanan, maka akan ada menu lain seperti tambah, ubah, simpan dan hapus. Nah, klik tambah, lalu,


akan muncul tampilan berikut,


Misalnya kita pilih pelajaran Agama untuk urutan pertama, PKn urutan Kedua dan selanjutnya disesuaikan dengan urutan pelajaran yang ada di rapor siswa. 
 

Isi KKM Mata Pelajaran seperti gambar berikut, untuk semua mata pelajaran sama,


Klik simpan dan tutup.

Setelah, ditambah maka pada kolom tabel sebelah kiri akan muncul mata pelajaran yang akan diisi nilai rapornya. Setelah muncul nama mata pelajaran dan nama gurunya klik dua kali nama mata pelajaran tersebut. Maka akan muncul tabel sebelah kanan yang berisi nama-nama siswa.


Selanjutnya, klik ekport dan impor yang berwarna ungu dipojok atas. Lalu untuk Format Excel untuk impor,


dan kita akan mendownload format excel,  seperti gambar berikut ini:

Isilah Nilai rapor tersebut sesuai data dirapor siswa. Setelah, nilai rapor terisi, simpanlah data tersebut. Selanjutnya, akan kita masukkan lagi ke dalam aplikasi dapodik melalui import dari excel,

selanjutnya Pilih Excel,  


dan pilih file nilai yang disimpan sebelumnya, untuk contoh kita pilih file nilai Pendidikan Agama,


Lalu, Open dan import. Terakhir akan terlihat hasil dari penginputan nilai yang telah kita olah, dikolom sebelah kanan seperti gambar di bawah ini.


Lakukan cara yang sama untuk mata pelajaran yang lainnya. Semoga bermanfaat.

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

My name is Nata, I write this blog is to provide information about primary and secondary education. I am a teacher at a Elemantary School.