Saturday, 11 July 2020

Format SK Penulisan Ijazah SD Tahun 2019-2020

Assalamualaikum sahabat edukasinfo, pengumuman kelulusan telah disampaikan beberapa waktu yang lalu. Namun, Ijazah belum bisa dipastikan kapan akan diberikan ke siswa. Untuk sementara waktu setiap siswa di Sekolah Dasar saat ini, diberikan Surat Keterangan Hasil Ujian Sementara atau yang sering kita dengar dengan nama SKHU sementara. SKHU inilah yang di bawah saat mendaftar ke Sekolah Menengah.

Sahabat, dalam penulisan ijazah perlu adanya sebuah Tim yang dibentuk berdasarkan Hasil keputusan rapat Kepala Sekolah dan Guru, untuk itu sebagai bentuk dari penguatan tim penulisan Ijazah tersebut, maka dicetaklah Surat Keputusan mengenai panitia penulisan ijazah ini.

Berikut akan, admin bagikan sebuah contoh SK Tim Penulisan Ijazah tahun pelajaran 2019/2020.






Friday, 10 July 2020

Belajar Kebiasaan Baru untuk Kepala Sekolah di masa transisi dan new Normal terkait Covid-19

Assalamualaikum sahabat edukasinfo,semoga kita semua selalu dalam kesehatan dan perlindungan Allah, tuhan yang maha Kuasa. Sahabat, inilah pesan dari kemdikbud melalui saluran youtube channel Kemdikbud RI. Ada beberapa poin penting mengenai Seru Belajar Kebiasaan Baru (Kepala Sekolah) untuk diperhatikan oleh kepala sekolah yang ditayang di channel tersebut. 

  • Pertama, Bapak dan ibu sebagai kepala sekolah  bertanggung jawab untuk satu mengisi daftar periksa kesehatan pembelajaran tatap muka melalui laman Dapodik atau laman Emis,
  • kedua membuat rencana kegiatan dan anggaran sekolah RKAS persiapan pembelajaran tatap muka,
  • ketiga menginformasikan kepada Dinas Pendidikan Pemerintah Daerah Kanwil kantor Kementerian agama setempat jika ada warga sekolah di wilayah kerja yang terkonfirmasi positif covid 19,
  • keempat membentuk satuan tugas yang diberikan orang tua atau wali siswa serta masyarakat menjadi tiga tim yaitu tim pembelajaran Psychosocial dan tata ruang tim kesehatan kebersihan dan keamanan tim pelatihan dan rumah.
Tim pembelajaran Psychosocial dan tata ruang

Untuk Tim pembelajaran Psychosocial dan tata ruang tugasnya adalah sebagai berikut:
  1. membagi siswa tiap kelas ke dalam kelompok belajar sesuai ketentuan masa transisi dan sebutkan pembagian jadwal tatap muka nya,
  2. lakukan pengaturan tata letak ruangan dengan memperhatikan jarak minimal satu setengah meter dan mematikan adanya sirkulasi udara yang baik
  3. melakukan pengaturan lalu lintas 1 arah di lorong atau koridor dan tangga sekolah,
  4. menerapkan mekanisme pencegahan perlindungan bagi warga sekolah yang penting mah covid-19
  5. mempersiapkan layanan bantuan sosial bagi seluruh warga sekolah antara lain menegaskan Guru bimbingan konseling atau wali kelas atau guru lainnya sebagai penanggung jawab mendata kontak layanan dukungan psikososial yang tersedia.

Tim berikutnya adalah tim kesehatan kebersihan dan keamanan

Adapun tugas tim ini adalah  untuk;

1. membuat prosedur Pemantauan dan pelaporan kesehatan warga sekolah yang berfokus kepada  gejala umum pemantauan kesehatan ini dilaksanakan setiap hari sebelum masuk gerbang sekolah,
  • Jika warga sekolah memiliki gejala demam batu sesak nafas sakit tenggorokan dan atau wajib kembali kerumah lakukan isolasi Mandiri selama 14 Hari, dan,
  • jika memburuk bawa ke faskes terdekat,
  • jika warga sekolah teridentifikasi punya riwayat kontak dengan orang terkonfirmasi positif covid 19 di menghubungi keluarga atau orang terdekat agar diantar ke faskes terdekat laporkan juga ke kepala sekolah.
  • Jika terdapat orang yang serumah dengan warga sekolah teridentifikasi gejala covid-19, maka tim ini harus melapor ke kepala sekolah dan minta warga sekolah tersebut untuk isolasi Mandiri selama 14 Hari. 
  • jika terdapat warga sekolah yang tidak hadir karena sakit dan memiliki gejala demam batuk sesak nafas sakit tenggorokan dan batuk pilek maka tim ini harus melaporkan kepada kepala sekolah serta minta warga tersebut untuk isolasi Mandiri selama 14 Hari isolasi. Mandiri warga sekolah harus dipantau dan dilaporkan setiap hari kepada kepala sekolah hasil pemantauan kesehatan dan ketidak hadiran warga sekolah direkap dan dilaporkan setiap hari kepada 
2. memberikan informasi kebutuhan penyediaan sarana prasarana kesehatan dan kebersihan sesuai daftar periksa 

3. memastikan pembersihan dan desinfeksi sekolah setiap hari selama seminggu sebelum penyelenggaraan pembelajaran tatap muka dan setiap hari setelahnya,

4. membuat prosedur pengaturan pedagang kaki lima warung makanan di sekitar lingkungan sekolah pada masa transisi pedagang kaki lima dan warung di sekitar sekolah dilarang beroperasi pastikan juga tim berkoordinasi dengan aparatur daerah setempat untuk mengawasi dan menertibkan pedagang kaki lima dan warung makanan 

Tim ketiga yaitu tim pelatihan dan humas

Tim pelatihan dan humas bertugas untu;
  1. mensosialisasikan kepada seluruh pemangku kepentingan sekolah khususnya orang tua atau wali murid terkait pembelajaran tatap muka metode pembelajaran pengendalian covid 19 di sekolah hal yang perlu dipersiapkan siswa dan orang tuanya, Pelibatan masyarakat sekitar,
  2. membuat dan menempelkan informasi dan edukasi mengenai pencegahan penularan covid 19 di area strategis sekolah 
  3. memfasilitasi dan mengadakan pelatihan kepada petugas kebersihan sekolahan terkait tata cara pembersihan dan disinfeksi yang benar 
  4. menyampaikan protokol kesehatan untuk tamu sekolah
Demikian prosedur yang harus disiapkan oleh sekolah sebelum pembelajaran tatap muka dimulai. Yuk, bersama kita agar seluruh warga sekolah selalu sehat dan selamat.

Untuk menonton video youtubenya silahkan klik channel youtube kemdikbud RI.

Ikuti informasi pendidikan dan kebudayaan melalui kanal berikut: 
Laman: kemdikbud.go.id 
Twitter: Kemdikbud_RI 
Instagram: kemdikbud.ri 
Facebook: kemdikbud.ri 
YouTube: KEMENDIKBUD RI --- 
Sampaikan pengaduan, saran, atau masukan melalui Unit Layanan Terpadu Kemendikbud di http://ult.kemdikbud.go.id/

Sumber : Youtube

Thursday, 9 July 2020

Lagi Males nulis artikel untuk blog, yah! coba 4 aplikasi ini! Kamu bisa bikin video jadi artikel.

Sahabat edukasinfo, mungkin saat ini blogmu sedang kosong dari artikel, atau mungkin kamu sibuk dengan pekerjaan yang lain, atau mungkin juga sedang malas membuat artikel. Jika itu yang sedang dialami, dalam keadaan tak mampu membuat artikel yang menarik, kita bisa memanfaatkan video, atau audio baik dari youtube atau mungkin yang lainnya. 

Kita bisa mengubah video youtube, atau video biasa, atau juga audio menjadi artikel. Sehingga, kita tak perlu banyak berfikir dan mengeluarkan banyak tenaga untuk menulis artikel baru. Hitung-hitung sekali-kali bolehlah kita memanfaatkan youtube atau sejenisnya. 

Ya, Bagaimana caranya?

Berikut akan edukasinfo, informasikan berapa Aplikasi yang bisa mengubah video youtube, video, audio menjadi artikel, baik yang online maupun offline. Jika sudah menjadi  tulisan,yang harus kita perhatikan adalah mengedit kalimat atau kata yang mungkin tidak dimengerti oleh orang lain yang akan membaca artikel tersebut.  Ingat sebagai penulis yang baik,tetap mencantumkan sumber artikel sebagai penguatnya, dan tentunya kita tidak ingin disebut plagiat karya orang lain, kan!

Sahabat, inilah Aplikasi yang dapat mengubah Video dan Audio menjadi artikel:

1. Sonix



Yang pertama, kalian bisa mengunjungi situs  Sonix. Kalian, akan diminta untuk mendaftar terlebih dahulu sebelum melakukan conversi video ke artikel (transkrip). Sonix adalah cara paling elegan untuk menyalin, mengatur, dan mencari file audio dan video kalian. Transkripsi audio dan video sekarang cepat, akurat, sederhana, dan terjangkau dengan Sonix.Kalian akan segera tertarik dengan Sonix. Kami menjaminnya. Ini adalah cara paling elegan untuk menyalin, mengatur, dan mencari file audio dan video Anda. Transkripsi audio dan video sekarang cepat, akurat, sederhana, dan terjangkau dengan Sonix. Namun, untuk versi gratis cuma bisa sekali saja digunakan, selanjutnya kalian akan diminta untuk membayar, sahabat dapat  mencobanya sendiri. Bagikan aplikasi ini keteman-temanmu, jika teman mendaftar dan mengkonversikan videonya, kamu akan dapatkan 100 menit gratis convert video youtube.



360Converter.com adalah alat praktis yang membantu Anda mengubah video youtube menjadi teks. Untuk mulai mengonversi video YouTube menjadi teks, salin dan tempel URL video YouTube yang Anda minati dalam bidang kosong berikut, setelah tulisan masukkan URL youtube yang akan di ubah menjaditeks, misalnya https://www.youtube.com/watch?v=Lh59Xhlgd5U . Karena ada terlalu banyak tugas konversi dalam antrian, Anda mungkin perlu menunggu sementara sebelum konversi dimulai.Itulah kelemahannya, mengkonversikan viseo yuotube ke teks di aplikasi 360Converter.com, perlu waktu bermenit-menit bahkan berjam-jam. Namun, sahabat bisa untuk mencobanya bila sinyal wifi kalian kuat.

3. Youtube


Bila sahabat  mencari cara untuk mengkonversi video YouTube ke teks , maka sahabat sudah mendarat di tempat yang tepat. Sahabat perlu memastikan tentang antarmuka situs, yang  sangat sederhana dan mudah dilihat. Bahasa ini memudahkan pengguna untuk memahami, membaca, dan memahami.
 
Bahkan dalam memutar video dan mengetik transkrip semua  pada jendela yang sama. Dengan demikian, pengguna akan memiliki salinan tertulis dari semua video yang diunduh oleh Anda dan sangat penting. Pengguna bahkan dapat mengakses bahkan memasukkan kode waktu yang berbeda dalam transkrip dan memasukkan teks yang sudah sering digunakan. Seperti transkripsi video dan audio juga, tetapi juga merupakan perangkat lunak berkecepatan tinggi untuk digunakan dan memiliki salah satu antarmuka langsung, yang sangat mudah dipelajari dan dipahami.

Perangkat lunak ini memberikan pengguna dengan berbagai cara pintas keyboard untuk setiap fungsi sehingga pengguna tidak harus terlalu bergantung pada mouse. Aplikasi ini juga memiliki fitur yang sangat fleksibel yang membantu pengguna untuk menangani sebagian besar media dengan benar.

Ini adalah salah satu alat yang ampuh yang digunakan untuk menyalin karena memberi pengguna kontrol khusus atas penggunaan pemutaran file media. Ini juga membuat pengguna mendapatkan kendali atas keyboard, yang memainkan peran besar dalam proses transkrip.

4. Sofware Arti


Apa itu Arti? Arti adalah kependekan dari artikel. Arti adalah sebuah aplikasi offline yang bisa digunakan untuk mengkonversi video youtube menjadi sebuah artikel. Kalian bisa mengetik kata kunci pencarian pada kolom pencarian yang ada di aplikasi ini. Misalnya, kita mencari tentang guru, ya kita ketikkan kata guru di pencarian pada menu Video Search, nanti akan muncul beberapa video youtube mengenai guru.


Unlimited Artikel Langsung Dari Video Youtube, ARTI merupakan Sebuah tools revolusioner yang bisa membuat artikel Unik langsung dari video Youtube dalam beberapa klik Saja. Satu-satunya SOFTWARE yang bisa mengkonversi video-video Youtube menjadi artikel unik.

Kini berapa pun website Anda dan apapun niche website Anda sudah tidak menjadi MASALAH lagi. Bikin konten web makin Mudah dan Cepat menggunakan SOFTWARE ARTI Benar-benar sangat Mudah, bikin artikel langsung dari video Youtube. Anda tidak perlu mikir keras membuat artikel dari nol.

Anda hanya perlu 3 langkah mudah :
-ketik keyword yang di inginkan
-klik search tara artikel unik siap Edit seperlunya
 -& Posting
Nah, tunggu apa lagi, jika tertarik silahkan lihat disini!

Nah, itulah sahanat edukasinfo, mengenai aplikasi yang bisa digunakan untuk mengubah video youtube menjadi artikel/ transkrip

Wednesday, 8 July 2020

Aplikasi Surat Usulan pencairan dana PIP langsung cetak excel

Assalamualaikum sahabat edukasinfo, Program Indonesia Pintar (PIP) adalah adalah bantuan tunai pendidikan yang diberikan kepada anak usia sekolah (6-21tahun) yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin yang memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), dan peserta Program Keluarga Harapan (PKH). Program ini adalah hasil kerja sama antara Kemendikbud, Kemensos, dan Kemenag. Program ini juga  memprioritaskan bagi anak usia sekolah yang termasuk yatim piatu, penyandang disabilitas, serta korban bencana/musibah.

Untuk Sekolah Dasar, pencairan Dana PIP ini merupakan tanggung jawab kepala Sekolah. Karena, kepala sekolah yang sibuk mengajukan berkas berupa surat usulan pencairan,  surat keterangan penerima PIP, Surat Kuasa Pengambilan Dana PIP dan sebagainya.

Nah sahabat, mengenai surat-surat yang diperlukan dan pengusulan pencairan Dana PIP ke Bank penyalur, edukasinfo akan berbagi Aplikasi excel Surat Usulan pencairan dana PIP langsung cetak. Jika, pada waktu yang lalu admin membagikan surat Usulan pencairan dana PIP dalam bentuk microsoft Word (lihat disini), namun kali ini admin akan membagikan surat tersebut dalam bentuk aplikasi excel. Karena harapan kita agar pengentrian data akan lebih praktis dan cepat.

Bila nanti sudah diunduh, silahkan simak caranya, Silahkan unduh SK PIP yang ada di Situs PIP yaitu SIPINTAR ENTERPRISE, silahkan baca link ini.  

Setelah berhasil di unduh, copy data tersebut dari kolom awal hingga akhir (paling ujung bawah cell) dan PASTE-kan di tabel SK PIP.


untuk Nomor Induk Siswa (NIS) isilah secara manual di tabel Data Siswa


Isi data pada Tabel Identitas, pada halaman depan,


Bila jumlah siswa lebih dari yang di aplikasi ini, silahkan tambah kolom dengan mengklik kanan dan pilih  row hight, sesuaikan tinggi row kolom tersebut dan dengan memblok kolom yang paling bawah pada nomor urut peserta didik


Untuk Lambang atau Logo Kabupaten/ Kota silahkan diganti dengan lambang (Logo) Kabupaten Masing masing, sesuai domisili.

Selanjutnya silahkan diunduh.
 

adalah pemberian bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah (6-21 tahun) yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin yang memiliki Kartu Keluarga Sejahterea, dan peserta Program Keluarga Harapan (PKH).

Baca selengkapnya di artikel "Cara dan Syarat Mencairkan Dana Program Indonesia Pintar PIP", https://tirto.id/em5n
adalah pemberian bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah (6-21 tahun) yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin yang memiliki Kartu Keluarga Sejahterea, dan peserta Program Keluarga Harapan (PKH).

Baca selengkapnya di artikel "Cara dan Syarat Mencairkan Dana Program Indonesia Pintar PIP", https://tirto.id/em5n
Program Indonesia Pintar (PIP) adalah pemberian bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah (6-21 tahun) yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin yang memiliki Kartu Keluarga Sejahterea, dan peserta Program Keluarga Harapan (PKH).

Baca selengkapnya di artikel "Cara dan Syarat Mencairkan Dana Program Indonesia Pintar PIP", https://tirto.id/em5n
Program Indonesia Pintar (PIP) adalah pemberian bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah (6-21 tahun) yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin yang memiliki Kartu Keluarga Sejahterea, dan peserta Program Keluarga Harapan (PKH).

https://www.mediafire.com/file/8a83sbllod5mu28/APLIKASI_CETAK_SURAT_USULAN_DANA_PIP_2020_siap_PRIN.xlsx/filehttps://www.mediafire.com/file/8a83sbllod5mu28/APLIKASI_CETAK_SURAT_USULAN_DANA_PIP_2020_siap_PRIN.xlsx/filehttps://www.mediafire.com/file/8a83sbllod5mu28/APLIKASI_CETAK_SURAT_USULAN_DANA_PIP_2020_siap_PRIN.xlsx/filehttps://www.mediafire.com/file/8a83sbllod5mu28/APLIKASI_CETAK_SURAT_USULAN_DANA_PIP_2020_siap_PRIN.xlsx/file

Tuesday, 7 July 2020

Info sekilas SKTP Bukan PNS tahun 2020

Assalamualaikum, warahmatullah wabarakatuh, sahabat edukasinfo. Saya baru saja menyimak isi dari penyampaian Bapak Nazaruddin Kompetan di channel Youtube GWakepo, mengenai Info sekilas SKTP Bukan PNS tahun 2020 periode Januari-Juni. 


Inilah isi daripada yang telah disampaikan oleh beliau. "Alhamdulillah. Tadi malam saya dapat kabar bahwa juknis untuk penerbitan sktp bagi guru bukan PNS sudah selesai dan naskah SK untuk guru bukan PNS pun sudah selesai dan mudah-mudahan hari ini bisa diterbitkan sktp nya dan alhamdulillah nya habis sahur lagi ya Mbak ada sebelum subuh ya sebelum subuh atau ba'da subuh hadiah saya wa dengan teman yang khusus untuk generated. Sk ya yang sudah diusulkan lewat aplikasi tunjangan ternyata sudah di generate sktp untuk guru -guru bukan PNS yang baik itu jenjang PAUD Dikdas maupun Dikmen. Tapi memang ternyata tidak semua guru yang sudah memenuhi syarat 24jam linier ini bisa di skip karena masih terkendala dengan nomor rekening ini pertama, nih.  Jadi ini untuk guru-guru yang baru masuk datanya dan baru lulus biasanya.




Beliau mengatakan bahwa banyak yang belum memiliki rekening, prosesnya sedang dikoordinasikan dengan bagian yang khusus menangani rekening, sehingga nanti tidak ada kendala pada saat proses pembayaran. Oleh karena itu agar datanya dan tidak bermasalah untuk sementara waktu bagi yang belum memiliki rekening, di hold dulu dan mungkin menunggu satu mingguan tergantung proses bahasanya proses pembuatan rekening ke bank. Untuk yang sudah sktp mungkin sekarang di aplikasi simtun  sudah rilis dan sudah keluar semua untuk guru-guru yang sudah di SK-kan.

Saat siaran beliau sambil menunggu koordinasi di depan laptop  apakah sudah bisa  untuk info gtk atau belum dan berharap mudah-mudahan di waktu pagi ini hari ini bisa langsung generate. Karena banyak diantaranya guru yang saat ini sudah penasaran yang sudah nunggu berbulan-bulan,padahal datanya valid, namun belum juga di terbitnya sktp nya. Dan beliau berharap mudah-mudahan bisa bisa konfirmasi bahwa  sktp-nya terbit dantidak terlalu lama proses realisasi pencairannya. Karena saat ini masih  dalam situasi pandemi yang masing-masing orang butuh biaya untuk hidup karena mungkin untuk usaha lain yang belum ada yang cuma mengandalkan ini.
Dalam proses generate-nya tidak terlalu lama, tapi  semua proses ada alur dan prosesnya ada penanggungjawab masing-masing, jadi tidak semua itu dilimpahkan dalam satu bagian. Dia mengatakan bahwa dia cuma bisa menginformasikan proses validasi, proses hasil validasi, proses hasil sk-nya dan proses hasil pembayarannya. Tapi, untuk masalah proses pembayaran dan proses pembuatan potensial semacam itu dilakukan oleh bagian yang lain yang mudah-mudahan tidak terlalu lama".Katanya lagi.

Biasanya proses ini memakan waktu sekitar 5 jam Kalau keseluruhan ya 5 sampai 6 jam Kalau keseluruhan tapi kalau tidak keseluruhan ya enggak sampai 1 jam karena ini semua yang bagian-bagian tempatnya aja bukan bagian surat-suratnya sambil menunggu ini temen-temen di kadang masih saja ada yang suka bertanya. Kenapa tugas tambahannya kau masih belum valid, Kenapa TTL ini aku masih belum dihitung Padahal saya sudah sering kali sehari itu di Facebook videonya sudah di YouTube kemudian digeser juga di Facebook bahkan ada yang mantau.
Tadi pagi saya baca di Facebook iya, pak. Saya sudah tonton saya sudah pantang ya. Kalau memang sudah tonton sudah pantau ya, ya itulah penjelasan saya gitu ditanya lagi nggak jauh beda dengan itu karena itu kepalanya masih sama aturannya juga masih sama itu ditanyakan lagi ditanyakan lagi nggak mungkin itu cuman untuk menghilangkan warnanya juga Ya namanya juga mungkin Setiawan Kok kenapa nggak masuk-masuk kenapa nggak dihitung-hitung jadi gini tugas tambahan itu kenapa harus dihitung belakangan sih? Ya kan kenapa sih habis itu belakangan tugas tambahan lainnya itu itu cuma sebentar saja jadi yang diutamakan itu adalah tetap tatap muka nya kita tidak menghitung itu hanya tugas sama anaknya dulu sebelum penghitungan kebutuhan guru selesai.
Penghitungan kebutuhan guru itu baru bisa dilakukan jika dapodiknya dianggap komplit. Kapan berubahnya? Kenapa selalu berubah sehingga datanya bisa sewaktu-waktu diubah lagi?

Untuk mengantisipasi perubahan-perubahan itu proses perhitungan kebutuhan guru selalu dilakukan di belakang semester yaitu di sekitar ya kalau sekarang akhir semester awal Juni atau awal Juni ini baru kita hitung kebutuhan gurunya berapa sih di sana ini prosesnya sudah selesai memakan waktu. Mama Mama tuh jam segini harganya mudah-mudahan sore ini bisa selesai terakhir info gtk bisa ya info gtk informasi sk-nya bisa keluar.

Friday, 3 July 2020

Contoh Surat Persetujuan orang tua murid untuk belajar di saat New Normal

Assalamualaikum sahabat edukasinfo, Orang tua atau wali murid perlu untuk memberikan izin kepada anak saya untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) melalui Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara bertahap selama masa transisi dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mengatur jarak, dan bersedia mengikuti shift atau jadwal pembelajaran yang sudah diatur oleh pihak sekolah. 
Untuk itu perlu dilakukan sejumlah persiapan yang disepakati antara Kepala Sekolah Dasar dengan Ketua Komite dalam mempersiapkan segala kebutuhan selama proses masa transisi tersebut.




Persiapan tersebut meliputi:
  1. Tempat Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dengan menggunakan sabun atau cairan pembersih tangan (hand sanitizer) dan air mengalir
  2. Penyemprotan disinfektan
  3. Pemeriksaan suhu tubuh dengan thermogun
  4. Penyediaan masker bagi siswa dan guru
  5. Membentuk satuan tugas dan dapat melibatkan orang tua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar dengan komposisi sebagai berikut: a) tim pembelajaran, psikososial, dan tata ruang; b) tim kesehatan, kebersihan, dan keamanan; dan c) tim pelatihan dan humas.
  6. Membuat rencana kegiatan dan anggaran satuan pendidikan (RKAS) terkait pendanaan kegiatan sosialisasi, peningkatan kapasitas, dan pengadaan sarana prasarana sanitasi, kebersihan, dan kesehatan satuan pendidikan.
  7. Melakukan pembagian kelompok belajar dalam rombongan belajar yang sama dan pengaturan jadwal pelajaran untuk setiap kelompok dalam rombongan belajar sesuai dengan ketentuan pada masa transisi.
  8. Melakukan pengaturan tata letak ruangan dengan memperhatikan: a) jarak antar-orang duduk dan berdiri atau mengantri minimal 1,5 (satu koma lima) meter, dan memberikan tanda jaga jarak antara lain pada area ruang kelas, kantin, tempat ibadah, lokasi antar/jemput peserta didik, ruang pendidik, kantor dan tata usaha, perpustakaan, dan koperasi; b) kecukupan ruang terbuka dan saluran udara untuk memastikan sirkulasi yang baik. 
  9. Melakukan pengaturan lalu lintas 1 (satu) arah di lorong/koridor dan tangga. Jika tidak memungkinkan, memberikan batas pemisah dan penanda arah jalur di lorong/koridor dan tangga. 
  10. Menerapkan mekanisme pencegahan perundungan bagi warga satuan pendidikan yang terstigma COVID-19.
  11. Tidak melakukan kegiatan:
  • Membuka kantin;
  • Melakukan olahraga dan ektrakurikuler
  • Orang tua/wali siswa menunggu siswa di sekolah;
  • Istirahat di luar kelas;
  • Melakukan pertemuan orang tua/wali siswa; dan
  • Melakukan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS)
 Nah, untuk mengaplikasikan hal tesebut di atas berikut kami bagikan contoh kelengkapan surat izin kepada anak saya untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) selama masa New Normal.

UNDUH KELENGKAPAN SURAT NEW NORMAL SISWA SD DISINI

Hai para guru, sudah tahukah kode etik pendidik!

Assalamualaikum sahabat edukasinfo, Selamat siang dan selamat beraktifitas, semoga selalu dalam lindungan dan karunia Allah Subhanahu wata'ala. Apa Itu Kode Etik pendidik? Kode etik merupakan tata cara pedoman etis dalam melakukan melakukan suatu kegiatan Atau Pekerjaan. Sebagai Sebuah jabatan pekerjaan profesi, pendidik memerlukan kode etik khusus, untuk mengatur hubungan antara pendidik dan lingkungannya.


Sumber Kode etik Pendidikan

Adapun Sumber Kode etik Pendidikan, yaitu:
  1. Bersumber dari nilai-nilai agama dan pancasila 
  2. Bersumber dari niliai-nilai kompetensi Pedagodis, kepribadian, sosial dan profesional 
  3. Ketiga nilai-nilai Jati diri, harkat dan martabat manusia.
Tujuan kode etik

Tujuan kode etik Pendidik, yaitu
  1. pertama menjunjung tinggi martabat profesi 
  2. kedua menjaga dan memelihara kesejahteraan para Anggotanya. 
  3. ketiga Meningkatkan pengabdian para anggota profesi 
  4. keempat meningkatkan mutu profesi dan 
  5. kelima meningkatkan mutu organisasi  profesi.
Ada juga Tujuan lain kode etik pendidik yaitu dengan adanya kode etik para pendidik dapat mempunyai pedoman dalam bertingkah laku sehingga merasa menjaga prilaku nyata agar martabatnya sebagai seorang pendidik tetap terjaga dan dia dapat menjadi seorang teladan bagi murid dan masyarakat umum selain itu pendidik juga dapat bercermin diri mengenai perilakunya jika dia melakukan kesalahan dia akan dengan cepat memperbaiki dirinya. 

Fungsi kode etik

Fungsi kode etik adalah sebagai berikut:
  1. Pertama menjadi pedoman dalam menjalankan tugasnya 
  2. Kedua menjadi tanggung jawab pendidik atas profesinya 
  3. Ketiga agar terhindar dari perpecahan dan pertentangan internal yang terjadi karena adanya perbedaan pendapat di antara pendidik 
  4. Keempat agar pendidik mampu meningkatkan kwalitasnya dan kwantitas pelayanan dalam kegiatan kependidikan 
  5. Kelima membantu memecahkan masalah dan mengembangkan dirinya 
  6. Keenam menghindari campur tangan dari profesi lain ataupun pemerintah
Kode etik pendidik dirumuskan dalam kongres PGRI ke enambelas tahun 1989.
  1. Rumusan Kode etik pendidik yang pertama yaitu pendidik berbakti membimbing peserta didik untuk membentuk. Manusia secara utuh yang berjiwa pancasila 
  2. Rumusan Kode etik pendidik yang kedua pendidik memiliki dan melaksanakan kejujuran profesional 
  3. Rumusan Kode etik pendidik yang ketiga Pendidik berusaha memperoleh informasi tentang peserta didik sebagai Bahan melakukan bimbingan dan pembinaan.
  4. Rumusan Kode etik pendidik yang ke empat Pendidik menciptakan suasana sekolah sebaik-baiknya. 
  5. Rumusan Kode etik pendidik Kelima Pendidik memelihara hubungan Dengan Lingkungan dan orangtua murid
  6. Rumusan Kode etik pendidik yang keenam Pendidik mengembangkan dan meningkatkan mutu dan martabat profesinya 
  7. Rumusan Kode etik pendidik yang ke tujuh pendidik memelihara hubungan seprofesi kekeluargaan dan kesetiakawanan sosial 
  8. Rumusan Kode etik pendidik yang ke delapan pendidik memelihara dandan meningkatkan mutu PGRI. 
  9. Rumusan Kode etik pendidik yang kesembilan pendidik melaksanakan segala kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan

Kendala-kendala yang dihadapi dalam mewujudkan kode etik pendidik
Adapun kendala-kendala yang dihadapi dalam mewujudkan kode etik pendidik, yaitu:
  1. pertama adalah Kwalitas pribadi guru
  2. kedua pendidikan guru 
  3. ketiga sarana dan prasarana pendidikan. 
  4. keempat sistem pendidikan 
  5. kelima keduddukan, karier, dan kesejahteraan guru 
  6. keenam kebijakan pemerintah.

Sumber :Channel youtube Ahmad Kohar

Thursday, 2 July 2020

10 Rahasia menjadi pelajar berprestasi di sekolah

Assalamualaikum sahabat edukasinfo, apa sih yang menjadi rahasia sukses agar menjadi pelajar berprestasi di sekolah. Dilansir dari channel Rahasia Menjadi Pelajar Berprestasi di Sekolah, bahwa ada 10 cara agar anak-anak menjadi pelajar berprestasi di sekolah.


Nah, namun  sebelum kita melanjutkan mengenai rahasia menjadi pelajar berprestasi di sekolah, yuk kunjungi artikel menarik lainnya di edukasinfo.net.



Berikut tips  Rahasia menjadi pelajar berprestasi di sekolah:
  1. Jadilah Seorang Pemimpin. Latihlah rasa tanggung jawabmu apabila guru meminta bantuanmu untuk mengerjakan sesuatu, misalnya membersihkan kelas. Jangan ragu untuk menerimanya Ajak beberapa teman kelas dan pimpin mereka untuk membersihkan kelas bersama - sama.
  2. Mendengarkan penjelasan guru dengan baik. Jawablah setiap pertanyaan yang diajukan oleh guru. Apabila kamu mengetahui jawabannyaJangan menunggu guru untuk memanggil kamu untuk menjawab pertanyaan.
  3. Jangan malu untuk bertanya. Selalu ajukan pertanyaan kepada guru apabila tidak mengerti tentang suatu hal
  4. Kerjakan PR dengan baik. Jangan selalu mencari alasan untuk tidak mengerjakannya. Jangan malas mengerjakan PR dengan alasan lupa atau menunda - nunda mengerjakannya,Jadi masih punya banyak waktu untuk bermain.
  5. Setiap pulang sekolah selalu mengulang pelajaran yang tadi diajarkan. Nanti sewaktu ada ulangan jadi tidak banyak yang harus dipelajari.
  6. Cukup istirahat, makan dan bermainSemua dilakukan secara berimbang. Setelah pulang sekolah, kita sering ingin cepat - cepat bermain dan melupakan segala hal penting lainnya. Oleh karenanya kita harus dapat membagi waktu untuk makan, istirahat dan bermainKalau semuanya dilakukan dengan baik, badan jadi segar setiap hariJadi tidak sering mengantuk di kelas.
  7. Banyak berlatih pelajaran yang kurang disukai. Apabila kamu tidak menyenangi suatu mata pelajaran, contoh matematika, maka banyak - banyaklah berlatih, mengikuti kursus atau belajar berkelompok dengan teman sehabis belajar bisa bermain dan menambah teman baru di tempat kursus. Selain itu, siapa tahu dari kurang menyukai matematika kalian malah menyukainya.
  8. Ikutilah kegiatan ekstrakurikuler yang kamu senangi. Cari tahu kegiatan apa yang kamu suka. Contohnya, apabila kalian suka pelajaran tae kwon do, cobalah untuk mengikuti kursus dari kegiatan tersebut sehingga selain belajar pelajaran - pelajaran yang diajarkan di sekolah kalian juga dapat mendapatkan pelajaran tambahan di luar sekolah.
  9. Cari seorang pembimbing yang baik. Orang tua adalah pembimbing yang terbaik selain guru. Apabila ada yang kurang jelas dari keterangan guru di sekolah, kalian dapat menanyakan hal tersebut kepada orang tua. Selain itu, kalian juga dapat belajar dari teman yang berprestasi.
  10. Jangan suka mencontek teman. Kalau mencontek teman, kamu bisa bodoh karena tidak berpikir sendiri. Lagi pula belum tentu juga, teman yang kamu contek itu menjawab pertanyaan dengan benar. Belum lagi kalau ketahuan guru dan teman lainnya, malu kan ? Kalau kamu rajin belajar, pasti bisa menjawab semua pertanyaan dengan benar sehingga ulangan nanti mendapat nilai baik.
Nah, sahabat edukasinfo yang baik, itulah tadi Tips  Rahasia menjadi pelajar berprestasi di sekolah, semoga menjadi motivasi kita dalam meraih prestasi, baik dunia maupun akhirat. Amin.

Sumber: Channel Youtube seraturinstitute

Tuesday, 30 June 2020

Guru Berbagi menghadirkan beragam webinar


Assalamualaikum sahabat edukasinfo, saat ini kita masih dihantui rasa takut dan cemas akan menyebarnya virus corona, walaupun pemerintah telah menyatakan bahwa saat ini sudah memasuki masa normal baru (New Normal). Namun, pernyataan itu bukan bahwa virus  corona benar-benar telah berlalu.  


Nah, sahabat sekarang banyak webinar yang menawarkan acara untuk diikuti oleh kita, termasuk kali ini dari Portal Guruberbagi. Portal Guruberbagi Kemendikbud kembali menghadirkan beragam webinar untuk kita ikuti. Berikut adalah Webinar-webinar yang ditawarkan oleh portal guruberbagi:
  1. Seri Webinar Guru Belajar": Kepala Sekolah Dalam Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Pasca Pandemi Covid-19
  2. Model dan Strategi Pengawas Sekolah di Masa New Normal
  3. Kiat Mendisain Modul Digital
  4. REFO x Kelas Kok Bisa: Tips Memulai Kanal Edukasi di You Tube
  5. Games Seru Untuk Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah dengan Google Forms & QR Code
  6. Ragam Online Assessment (Penilaian) Di Masa Pandemi
  7. Tips Menjaga KEsehatan di Masa Pandemi
  8. Pelatihan Daring “Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Anak Tunagrahita Ringan”
  9. Webinar Peringatan Hari Lahir Pancasila, Satu Hati di Bawah Kebinekaan
  10. The Implementataion Of Finland’s Positive Education for Education and Parent during Distance Learning
  11. Pemanfaatan Layanan Dan Koleksi Daring Perpustakaan Kemendikbud Untuk Pendidik
  12. Penilaian Formatif Vs Sumatif
  13. Menyusun Tujuan Pembelajaran Dlam RPP Merdeka Belajar

Untuk mewujudkan komitmen Portal Guru Berbagi pada inovasi dan kreasi, kali ini Fitur Aksi menghadirkan dua kategori AKSI yaitu AKSI UMUM dan AKSI GTK. AKSI GTK ini merupakan seri webinar guru belajar persembahan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang ditujukan untuk guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah di semua jenjang, termasuk PAUD, Dikdas, Dikmen diksus, dan PLB. Seri webinar guru ini rutin diselenggarakan setiap hari yang dapat diikuti dalam platform Zoom (terbatas) maupun Youtube LIVE!

Untuk Fitur Artikel Refleksi Pembelajaran, berikut daftar artikel pilihan editor untuk pekan ini:
  • Masa Pandemi Selamatkan orang tua PAUD dari Kekhawtiran karya Redi Awal Maulana 
  • Mengenal Huruf dengan Permainan Arisan Huruf karya Ernawati
  • Belajar Berwirausaha di tengan Covid-19 karya Zakki Fitroni      
  • Sukses Belajar dari Rumah karya Lenayanti Br.P  
  • Pembelajaran Sejarah di Kelas Maya dengan Media Padlet Berbasis Infografis karya Akhmad Fajar Ma’rufin     
  • Edukasi Kebencanaan di Tengah Bencana Pandemi Covid-19 karya Febrina Damayanti     
  • Jelajah Nusantara Pada Masa Hindu-Budha Dengan Traveller Game Learning Berbantuan Media Sway karya Eko Prasetyo Utomo, M.Pd

Selamat bagi rekan penulis yang artikelnya sudah terpilih, mari lanjutkan kreasi dan inovasi dengan ragam karya yang siap dibagi. Selamat bagi guru-guru yang telah berbagi artikel refleksi pembelajaran dan RPP sampai tanggal 26 Juni 2020. Kuota internet (total 30 Gb) sebagai wujud apresiasi, siap dikirim untuk mendukung aktifitas Anda dalam berkarya dan berbagi.

#GuruBerbagi
#SaatnyaGuruBerbagi
#DariManaSaja
#BersamaHadapiKorona
#BelajarDanBerkreasiSambilBerbagi,
#BerbagiTakPernahRugi
 
Sumber : GuruBerbagi

Guru, Orang tua dan siswa diminta mengisi Instrumen Evaluasi Pemetaan Guru Pendidikan Dasar, begini cara mendaftarnya!

Assalamualaikum sahabat edukasinfo, masa new normal pasca pandemi virus corona atau covid 19, masih kita rasakan, walaupun sudah dinyatakan keadaan new normal (normal baru) namun kemungkinan penyebaran virus ini masih besar. Apalagi aturan protokol kesehatan yang mulai merenggang, sebab banyak masyarakat mulai menganggap remeh hal ini. Dimana-mana kita jumpai masyarakat sudah tidak lagi mengenakan masker, keramaian mulai tidak ada lagi jarak, dan banyak lagi hal-hal lain yang mungkin kita ketahaui bahwa itu melanggar protokol kesehatan. Di masa-masa sulit seperti ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan hendak mengetahui sejauhmana kesiapan dan keterlaksanaannya dunia pendidikan di tengah pandemi dan new normal ini.


Surat dengan nomor 1778/b4/GT/2020 tanggal : 2020-06-26 ditandatangani oleh Dr. Drs. Rachmadi Widdiharto, M. A (Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar) berisi perihal Pengisian Instrumen Evaluasi Pemetaan Guru Pendidikan Dasar. Dalam rangka menindaklanjuti kebijakan Dirjen GTK Kemendikbud tentang Pemetaan Guru Pendidikan Dasar (SD dan SMP), Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar telah menyusun Instrumen Evaluasi Pemetaan Guru Pendidikan Dasar”. Tujuan instrumen ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan dan kebutuhan belajar siswa maupun guru pada jenjang pendidikan dasar (SD dan SMP), sebagai bagian dari upaya untuk merancang peningkatan mutu pendidikan di masa depan melalui peran guru yang berorientasi pada siswa.


Pengisian instrumen dilaksanakan secara online, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. buka web  survei pada laman Direktorat GTK Dikdas: http://pgdikdas.kemdikbud.go.id/  
  2. Klik menu Registrasi. Lalu isi nama, alamat  email,  password  login,  confirm password login, dan jenis responden. Untuk jenis responden dipilih salah satu (guru, orang tua, atau siswa)  
  3. Kemudian isi instrumen sesuai petunjuk 
  4. Setelah selesai isi instrumen, klik simpan
Sehubungan dengan hal tersebut, dimohonkan bantuan kepada siapapun yang membaca informasi ini  untuk menyampaikan informasi tersebut kepada guru, orang tua, dan siswa di wilayah pembaca untuk dapat mengisi instrumen tersebut sesuai dengan kondisi riil yang dialami.

Cara daftar perhatikan gambar berikut:


Kunjungi laman Direktorat GTK Dikdas: http://pgdikdas.kemdikbud.go.id/ , pilih menu registrasi