F Penilaian Akhir Semester (PAS) - Edukasinfo.Net

Monday 5 November 2018

Penilaian Akhir Semester (PAS)

Assalamualaikum sahabat edukasinfo, beberapa waktu lagi kita akan mengadakan ujian semester ganjil tahun 2018-2019, sudah tentunya kita sebagai guru sudah mempersiapkan segala hal yang diperlukan, seperti penilaian dan aplikasi rapor untuk Kurikulum 2013. Nah, sahabat, salah satu bentuk penilaian yakni Penilaian Akhir Semester (PAS).

Penilaian Akhir Semester (PAS) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester ganjil. 

Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.
 


Hasil penilaian akhir semester selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik. Hasil penilaian ini dapat dimanfaatkan antara lain untuk pengisian rapor.

Sebelum menyusun soal-soal tes tertulis, guru perlu membuat kisi-kisi soal. *Kisi-kisi soal tersebut dibuat berdasarkan pemetaan KD pembelajaran.*

Guru perlu mengidentifkasi proporsi KD-KD muatan pelajaran yang akan dinilai pada akhir semester agar dapat disesuaikan dengan banyak soal yang akan dibuat dan apakah perlu diujikan kembali KD tersebut (terutama KD-KD yang telah dinilai di penilaian tengah semester).
contoh format Penilaian Akhir Tahun.

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih