Saturday, 16 February 2019

Apa yang perlu disiapkan untuk dapodik semester genap 2018-2019?

Assalamualaikum sahabat edukasinfo.net, sekarang sudah pertengahan bulan Februari 2019. Namun Dapodik terbaru belum juga lahir. Nah, sabar sahabat, ini artinya saat ini kita istirahat dulu seraya mempersiapkan apa yang akan diisi di aplikasi dapodik terbaru nanti. 

Berdasarkan, Surat Edaran yang disebarkan melalui situs resmi Dapodikdasmen tanggal 24 Februari 2019, bahwa ke depan dapodik pasti akan banyak pembahraruan. Nah, salah satu kelengkapan yang harus dipersiapkan adalah NIK (Nomor Induk Kependudukan). Hal ini tentu akan menjadi kesibukan baru bagi kita operator Sekolah, yaitu kita akan mengentri NIK ke dalam aplikasi dapodik, baik NIK siswa, NIK ayah maupun NIK ibu. Ini berarti siswa harus telah memiliki NIK yang terdaftar di Dinas Pendudukan dan Pencatatan Cipil (Disducapil).



Inilah Surat Edaran yang dimaksud:

Yth. Bapak/Ibu
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
Kepala LPMP
Kepala SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB

di seluruh Indonesia

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pada saat ini kita telah memasuki Semester 2 (genap) Tahun Ajaran 2018/2019 dan sejalan dengan siklus periodikal pembelajaran di sekolah tersebut, maka data pada sistem pendataan Dapodik juga harus turut dimutakhirkan. Demikian halnya dengan pembaruan Aplikasi Dapodikdasmen yang juga terus dilakukan untuk mengakomodir adanya kebijakan, perubahan regulasi maupun perkembangan akan kebutuhan data. Maka saat ini Setditjen Dikdasmen sedang menyiapkan Aplikasi Dapodikdasmen versi baru untuk digunakan pada semester 2 (genap) Tahun Ajaran 2018/2019. Sebagai persiapan menjelang dirilisnya Aplikasi Dapodikdasmen versi baru tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh sekolah sebagai berikut:

Kapasitas Server Dapodikdasmen akan ditingkatkan

Sehubungan dengan proses peningkatan kapasitas server ini, maka akan dilakukan maintenance terhadap server Dapodikdasmen. Aktivitas sinkronisasi Aplikasi Dapodikdasmen akan ditutup mulai Tanggal 04 Februari 2019 pukul 23.59 WIB sampai dengan pemberitahuan/pengumuman lebih lanjut.

Persiapan Aplikasi Dapodikdasmen versi baru

Pemutakhiran data untuk Semester 2 (genap) Tahun Ajaran 2018/2019 dilakukan menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen versi baru (Versi 2019.c) yang direncanakan akan dirilis pada akhir Februari 2019 (akan diumumkan pada laman ini)

Persiapan data-data Semester 2 (genap) Tahun Ajaran 2018/2019

Sekolah untuk mempersiapkan kelengkapan data di Semester 2 (genap) Tahun Ajaran 2018/2019, dan salah satu kelengkapan data agar menjadi perhatian untuk dipersiapkan adalah : NIK (Nomor Induk Kependudukan)

Kepala Sekolah berperan aktif memimpin dan mengawal proses pendataan

Sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 5749/D/R/2018 tentang Pemutakhiran Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah Semester 1 Tahun Ajaran 2018/2019 bahwasannya Kepala Sekolah berkewajiban mengawal proses input dan output Dapodikdasmen sekaligus memperhatikan akurasi masing-masing entitas data.

Demikian informasi yang kami sampaikan atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Salam Satu Data,
Admin Dapodikdasmen



Demikian, semoga info ini bermanfaat bagi kita.

Sumber : http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/berita/persiapan-pemutakhiran-data-pokok-pendidikan-dasar-dan-menengah-semester-2-tahun-ajaran-2018-2019

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan.

No comments:
Write komentar