Sunday, 25 August 2019

Dapodik 2020, Tak bisa menarik Siswa Mutasi/ Pindahan di website dapodikdasmen


Assalamualaikum sahabat edukasinfo, tugas kita sebagai operator sekolah selalu saja menemui hal-hal yang baru. Seperti pembaruan Dapodik yang setiap saat akan diupdate. Hal ini akan membuat kita mencari tahu cara-cara yang baru juga dalam mengatasi masalah yang dihadapi. 

Sahabat, mengentry siswa di dapodik saat ini, untuk siswa yang pernah bersekolah di TK, SD dan SMP itu dilakukan melalui dapodik online, bukan di aplikasi dapodik yang kita install di laptop kita.  Nah, namun hal yang mungkin menjadi kendala, sebelum kita sinkronisasi, di website Dapodikdasmen,
akan muncul tulisan bahwa,



Nah, jika tulisan itu muncul yang perlu sahabat lakukan adalah mengisi semua yang perlu diisi di aplikasi dapodik terlebih dahulu, dari Sekolah, Sarpras, GTK, Peserta didik, Rombel, dan yang lainnya. Nah, untuk Pembelajaran dan Nilai Rapor/USBN itu boleh belum diisi, yang terpenting saat validasi (Lokal) nanti tidak ada status data yang Invalid. 

Hal ini telah admin coba pada sekolah admin sendiri yaitu SD Negeri 6 Muara Rupit. Yang admin lakukan mengisi semua data yang disebut di atas, pada bagian-bagian tertentu kita hanya melakukan klik menu aksi (Sarpras dan Rombel) dan salin penugasan (GTK dan Peserta Didik). Artinya kita tidak perlu mengisi data Sarana Prasarana, GTK, atau Peserta didik dari awal lagi. Namun jika ada penambahan, sebaiknya saran saya lakukan setelah sinkron pertama, setelah siswa yang ditarik atau GTK yang ditarik masuk ke dapodik 2020 yang ada di laptop kita.

Untuk kelas pertama yang belum ada siswanya, admin sarankan untuk tidak membuat rombel terlebih dahulu (jika rombel sebelumnya tidak ada)  karena jika rombelnya dibuat  maka saat akan sinkron nanti akan invalid, sedangkan ketika akan dihapus tak akan bisa dihapus.




NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan.

No comments:
Write komentar