F Cara mendaftarkan akun di Webinar Nasional di situs sahabatguru - Edukasinfo.Net

Thursday 7 October 2021

Cara mendaftarkan akun di Webinar Nasional di situs sahabatguru

Assalamualaikum sahabat edukasinfo.net, selamat beraktifitas dan semoga selalu dalam lindungan Allah subhanahu Wata'ala. Sahabat saat ini kegiatan Webinar melalui aplikasi Zoom sudah semakin akrab di aktifitas penting kita, seperti rapat diskusi, kegiatan ceramah, ceremoni dan lain-lain.

Baca Juga : Yang diperlukan di sekolahan pada masa Pembelajaran Tatap Muka terbatas 

 

Di situs Sahabatguru.com kita bisa belajar, menyimak dan bertanya dalam sebuah webinar yang diadakan secara nasional. Kita sebagai gur bisa megikuti webinar-webinar gratis tersebut, dan dengan pilihan wilayah yang yang ada sesuai dengan kabupaten atau provinsi kita.


Nah, namun sebelum megikuti webinar, kita harus mendaftarkan akun diri kita di situs sahabatguru tersebut dengan mengunjungi link https://training.sahabatguru.com/, kemudian memilih kategori webinar yang sesuai dengan yang akan kita ikuti, seperti memiliki webinar yang akan dilaksanakan di bersama kabupaten atau provinsi kita, di tempat kita berdomisili.


Cara mendaftarkan akun adalah sebagai berikut:

Jika setelah berada di laman website seperti gambar berikut, silahkan pilih kategori webinar yang akan diikuti, 


Kemudian, setelah mengklik salah satu kategori webinar.

Saya akan ambil contoh, saya memilih kategori webinar, yaitu webinar Pendidikan Kabupaten Musi Rawas Utara dengan tema "Mewujudkan Guru yang cakap bermedia Digital, Cakap Numerasi, dan berkarakter dalam meghadapi tantangan global"


 

 

Setelah mengklik gambar kategori webinar tersebut, nanti akan muncul beberapa menu dan diantaranya meu Daftar dan menu Login. Bagi guru yang belum memiliki akun dapat mengklik menu Daftar Sekarang sedangkan jika sudah terdaftar bisa langsung ke menu Masuk.


Klik Menu Daftar Sekarang, klik Daftar seperti gambar di bawah ini,



Selanjutnya, Masukkan Nama Guru, email guru, Nomor Telepon/HP atau WA guru, dan buat password yang akan digunakan untuk login di akun sahabat guru dan klik Daftar.


Selanjutnya, akan diarahkan kekolom kelengkapan data, isi Nama Instansi tempat mengajar Provinsi, Kabupaten, dan Informasi tambahan, misalnya "saya adalah guru di SD Negeri 6 Muara Rupit, mengajar di kelas 2" , selanjutnya untuk keterangan tambah sendiri atau buat sendiri sesuai kebutuhan dan keadaan.


Kemudian klik menu Konfirmasi.

 

Sampai disini proses pendaftaran webinar sudah selesai, dan tugas kita meunggu informasi link Zoom yang akan dikirimkan admin ke email atau wa, atau nomor HP kita. Pada saat hari kegiatan di mulai kita bisa menggunakan link tersebut untuk megikuti webinar, dan ingat jangan lupa untuk mengisi daftar hadir yang disediakan panitia, karena biasanya akan ada reward dari panitia kegiatan.


Nah, bagaimana jika terjadi error 502 pada saat  proses pendaftaran di webinar di situs ini?

 

 

Jika muncul error 502 sahabat jangan panik dan buru-buru keluar dari situs, silahkan sahabat  lakukan refresh (CTRL + F5), atau pada kolom browser klik tanda panah yang melingkar, jika masih error lakukan berulang-ulang.



NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih