F Mengapa data di vervalpd sudah sesuai dengan di Akte Kelahiran, tapi masih tetap Residu? Sebelum ke Dukcapil ada baiknya baca ini dulu! - Edukasinfo.Net

Tuesday 28 February 2023

Mengapa data di vervalpd sudah sesuai dengan di Akte Kelahiran, tapi masih tetap Residu? Sebelum ke Dukcapil ada baiknya baca ini dulu!

Bismillah, apa kabar sahabat edukasinfo.net, mudah-mudahan kitas elalu dalam limpahan Rahmat Allah subhanahu Wata'ala. Amin.


 



 Baca Juga : Karakter Pendidik Sukses

Sahabat, sebuah pertanyaan terbenak dalam pikiran saya, Mengapa data di vervalpd sudah sesuai dengan di Akte, tapi masih tetap Residu?


Iya, padahal data yang kita salin di vervalpd saat ini sudah sesuai dengan Akte Kelahiran siswa, namun hasilnya tetap saja masuk ke dalam daftar Residu yang ada di Vervalpd. 


Residu  adalah salah satu menu yang ada di Verval PD yang memuat data siswa bermasalah. Dengan kegiatan ini, diharapkan lembaga bisa mengatasi masalah data residu di lembaganya dengan pendampingan dari Pusdatin Kemdikbudristek, terutama dalam hal pengintegrasian NIK Dukcapil ke Dapodik.

 

Baca Juga : Mau daftar Implementasi Kurikulum Merdeka, tapi Akun kepala sekolah baru tidak bisa akses ke situs belajar.id

 

Nah, sahabat jika kalian menemui masalah seperti apda pertanyaan di atas, ada baiknya kalian cek dulu data yang ada di Kartu Keluarga (KK) siswa yang bermasalah tersebut, sebelum kalian sendiri atau kalian meminta orang tua atau wali siswa menghadap ke Dinas Kependudukan dan catatan sispil (dukcapil).


Kasus ini juga dialami saya, dan saya pun merasa heran, kok data sudah sesuai Akte Kelahiran tetap Tidak Sesuai 100%, Namun setelah saya melihat di KK-nya ternyata memang benar ada perbedaan. Seperti NIK, di Akte Kelahiran ini 1673045307140001, sedangkan di KK 1613015307140001. Atau nama Ibu di Akte Kelahiran Hodija dan ternyata di KK Siti Khodijah. Dan banyak lagi perbedaan yang saya temui dianatara Akte Kelahiran dan KK. 


Nah, sahabat demikian informasi ini semoga bermanfaat.

 

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih