Friday, 18 August 2017

Cara mengisi Jadwal Pelajaran di Dapodik 2018


Apa yang baru di Dapodik 2018? Di Dapodik versi 2018 ada beberapa pembaharuan, salah satunya yaitu fitur pengisian Jadwal Pelajaran. Sebelum mengisi jadwal pelajaran di Dapodik 2018, kita harus mengisi Jumlah Jam Mengajar di Rombel dahulu. 


Klik Rombongan Belajar lalu Pilih Reguler, selanjutnya akan muncul tampilan Rombel seperti yang terdapat pada dapodik versi sebelumnya.


Klik salah satu Rombel, kemudian isi JJM PTK yang guru kelas dan guru mata pelajaran sesuai dengan jadwal sekolah masing-masing. selanjutnya isi setiap rombel yang ada dari yang pertama hingga yang terakhir.


Setelah semua JJM telah terisi sebanyak beban jam mata pelajaran perminggu, barulah kita lanjutkan dengan mengisi apa yang baru di dapodik 2018 ini, yaitu Jadwal Pelajaran. 


Klik Jadwal seperti di atas, kemudian akan muncul laman seperti di bawah ini:


Lalu Pilih Prasarana dan ruang kelas, setelah itu akan tampil seperti tampilan di atas, dan klik tambah dan akan muncul tampilan seperti di bawah ini,


Pemberlajaran akan muncul sesuai dengan isian kita pada JJM yang ada di Rombel yang kita isi sebelumnya. Lalu jumlah Alokasi Jam kita isi sesuai Alokasi Jam mengajar pada hari yang kita isi, misalnya hari Senin alokasi jamnya sebanyak 6 jam, maka kita tulis 6 jam. 


Kemudian isikan juga pelajaran pada hari Selasa, Rabu, Kamis, Jumat dan Sabtu. Begitu juga di Ruang Kelas lainnya. Namun, Sahabatku perlu untuk diperhatikan di dalam pengisian jadwal pelajaran ini,   agar tidak terjadi bentrokan jam pelajaran. Oh yah, jadwal pelajaran di Aplikasi Dapodik 2018 tidak perlu ditambah Upacara, istirahat dan senam atau kegiatan lainnya. Jadi, cuma jadwal saja yang diisi. Untuk itu saya sarankan agar teliti, dan jangan lupa untuk berdoa agar diberikan kemudahan.

Demikian, cara pengisian Jadwal Pelajaran yang saya ketahui. Semoga bermanfaat.

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

My name is Nata, I write this blog is to provide information about primary and secondary education. I am a teacher at a Elemantary School.