Thursday, 17 October 2019

Tanggal Lahir, Nama Siswa dan Nama Ibu Siswa salah di dapodik, begini cara atasinya!

Sahabat edukasinfo, masih ada saja Operator Sekolah yang masih belum faham cara mengubah Tanggal Lahir, Nama Siswa dan Nama Ibu Siswa salah di dapodik. Hal ini admin kira karena kemungkinan sering pergantian Operator Sekolah. Kita berharap ke depan Pemerintah membuat kebijakan yang memihak Operator Sekolah agar lebih diperhatikan.

Sahabat, mungkin kalian mengalami hal seperti yang disebut di atas yakni kesulitan saat melihat data di dapodik tidak sama dengan data dari Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil). Sedangkan Tanggal Lahir, Nama Siswa dan Nama Ibu Siswa salah di dapodik tersebut tulisannya di blur tak bisa diklik dan diubah langsung di aplikasi dapodik. Sahabat, pada aplikasi dapodik lawas, kita operator sekolah masih bisa untuk mengubah kesalahan entri data di dapodik. Kita tidak perlu mencari alternatif lain selain dari aplikasi dapodik. 

Namun sahabat jangan khawatir, khususnya yang masih baru. Kali ini Edukasinfo akan mengulas kembali cara mengubah data yang salah tersebut.

Pertama, silahkan kalian kunjungi situs Vervalpd, kemudian gunakan email dan pasword dapodik, jika tidak bisa login kemungkinan email pasword dapodik pernah diganti. Coba ingat deh, atau cari email dan pasword dapodik lama. Namun jika tidak berhasil, terpaksa kalian harus registrasi lagi ke situs Verval SDM atau silahkan baca Kamu Operator Sekolah Baru? Tapi tidak bisa login Verval GTK....mungkin ini solusinya!

Jika, telah dapat mengakses situs VervalPD,  klik menu Edit Data, 

 Pilih Pengajuan,


 Nama dan Tanggal Lahir,

 klik ok,


Pilih siswa,


kemudian cari nama siswa yang akan diedit datanya, dengan ( 1 ) geser scroll disamping kiri, ( 2 ) Klik nama siswa yang akan diedit, dan klik ( 3 ) Oke.

Selanjutnya gantilah nama, tanggal lahir dan nama ibu yang salah pada kolom berikut ini,

Jika sudah diupload dokumen Akte Kelahiran selanjutnya klik Pengajuan Perubahan, (tunggu hingga muncul tanda titik hijau baru di Klik).

Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan selanjutnya tunggu hingga Operator Dinas Pendidikan melakukan Konfirmasi. Biasa  bisa cepat juga bisa lambat tergantung konfirmasi Operator Dinas Pendidikan.

Hal ini juga dapat dilakukan untuk melakukan edit NISN yang ganda, baca  NISN di dapodik dan di Ijazah beda, begini cara atasinya!

Semoga bermanfaat.
 

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan.

No comments:
Write komentar