Friday, 25 August 2017

Mengapa Data GTK Kosong atau hilang ketika kita mendownload Prefil Dapodik



Teman Operator Sekolah yang mungkin lagi sibu dengan pendataan. Saya pernah mengalami Hilangnya data GTK di Aplikasi Dapodik yang baru saja saya install di Laptop. Kejadian ini sungguh sangat membuat saya khawatir, jangan-jangan saya harus mengulang lagi pengisian Data GTK, pikir saya. Berulang kali saya uninstall, kemudian install lagi dan ternyata hasilnya masih sama. Akhirnya saya biarkan saja beberapa hari.

Pada suatu hari saya tanya ke teman sesama operator, mengenai masalah saya di atas. Dan teman berkata seperti ini "ini mungkin kamu pernah mengerjakan Data Beberapa Sekolah di Dapodik dalam satu Laptop".  Dan saya pikir mungkin benar karena hal tersebut. Kebetulan saya saat itu tidak membawa Laptop sekolah lain yang data dapodiknya saya kerjakan. 

Setelah Laptop lain ada, langsung saya coba mendownload aplikasi Dapodik 2018, dan saya download prefill dengan menggunakan cara online seperti gambar ini:


Lalu setelah saya tunggu beberapa saat. Sungguh sangat membuat hati bahagia karena download Prefill berhasil, dan lebih bahagia lagi ternyata semua data, dan khususnya data GTK semua tidak ada yang kurang sedikit pun. Semua sehat walfiat .... datanya.
Demikian pengalaman saya semoga juga bermanfaat buat teman-teman operator sekolah.

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

My name is Nata, I write this blog is to provide information about primary and secondary education. I am a teacher at a Elemantary School.