Tuesday, 31 October 2017

Buku Gerakan Literasi Sekolah


Selamat malam Sahabat Edukasinfo.net. Saya akan membagikan sebuah buku yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku ini ditulis oleh Billy Antoro, yang menguraikan mengenai masalah Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Literasi menjadi tolok ukur pendidikan.

Terbitnya Permendikbud tentang Penumbuhan Budi Pekerti tidak lepas dari konteks global. Literasi menjadi subjek pengukuran  oleh beragam survei internasional. Indonesia sendiri, sejak 2000,berpartisipasi dalam survei PISA. Sayangnya, di tiap survei 3 tahunan itu, posisi Indonesia selalu berada di posisi terbawah, jauh di bawah negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, dan Vietnam. Menurut survei teranyar PISA 2015 yang diumumkan pada 6 Desember 2016, Indonesia berada di peringkat ke-64 dari 72 negara yang disurvei. Survei yang dilakukan Progress in International Reading Literacy Study (PIRLS) dan Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) juga tidak mendongkrak peringkat Indonesia. Untuk mendapatkan buku GLS ini silahkan klik disini.

Semoga Buku ini bermanfaat bagi sahabat yang ingin mengetahui lebih dalam lagi mengenai GLS.

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

My name is Nata, I write this blog is to provide information about primary and secondary education. I am a teacher at a Elemantary School.