Tuesday, 3 September 2019

Baru, cara mengisi data kerusakan bangunan di aplikasi Dapodik 2020

Assalamualaikum sahabat edukasinfo, banyak pembaruan di aplikasi dapodik 2020, bahkan ada tampilan yang jauh berbeda dari tampilan dapodik dapodik pendahulunya. Hal ini sunggunh akan membuat mereka pekerja dapodik yang masih baru akan menjadi kebingungan, bahkan ada juga operator yang  sudah lama bekerja tapi merasa kebingungan. Namun, tak usah khawatir, itu lah kerja operator sekolah, selalu mencoba mencari solusi yang baru. 

Hal yang sangat mendasar di dapodik di antaranya adalah Sarpras, karena bantuan yang berupa bantuan pembangunan gedung dan semacamnya, akan diukur dari isi data yang ada di dapodik yang kita kerjakan. Jika kita salah mengisi maka sungguh sangat merugikan sekolahan kita. Untuk itu, sangat penting untuk mengisi data kerusakan dan kelaikan bangunan yang ada di sekolah kita.

Nah, di Aplikasi dapodik 2020 ini ada perbedaan tampilan dashboard dapodik, namun admin akan memberitahu cara mengisi data kerusakan, mari kita simak,

yuk kita login dapodik sekolah kita masing -masing dulu,

Selanjutnya pilih dan klik menu Sarpras, pilih di atas kolom pada laman, misalkan yang akan diisi datanya adalah Ruang Kelas, Ruang kepsek/Guru, dan seterusnya,

Kemudian Klik Lagi di bawahnya masih pada laman sarpras, Bangunan SD Negeri **


Jika sudah di klik maka akan tampil nama-nama ruang pilih tiap-tiap ruang yang akan diisi data kerusakannya, 





Setelah di klik, dan sudah terblok, maka pilih menu di atasnya yaitu menu Kondisi Ruang (2019/2020).

Nah, setelah terbuka silahkan diisi tingkat kerusakannya, eiith nanti dulu sebaiknya biar diprint saja kolom kerusakan ini biar diisi oleh orang lain, jika perlu ada tim khusus dalam pengukuran tingkat kerusakan dan kelayakan sekolah, tapi jika tidak ada yang apa boleh buat!!!




Isian adalah kisaran dari 0 % hingga di bawah 100 %, tapi jangan coba coba 100% beneran atau mendekati 100%. Bisa jadi dapodiknya invalid.

Selamat mencoba.

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

My name is Nata, I write this blog is to provide information about primary and secondary education. I am a teacher at a Elemantary School.

No comments:
Write komentar