Tuesday, 16 June 2020

Aplikasi excel mengetahui layak atau tidak layaknya anak masuk SD tahun 2020/2021

Assalamualaikum sahabat edukasinfo, selamat pagi dan selamat memulai aktifitas hari ini, selalu taati protokol kesehatan demi menghindari wabah Covid-19. Semester Genap tahun 2019/2020 tidak lama lagi akan berakhir, selanjutnya tahun pelajaran baru akan kita jumpai. Sebagai orang tua tentunya kita sudah tidak sabar untuk menyekolahkan anak kita di sekolah terutama, terutama bagi anak-anak yang baru saja tamat di Taman Kanak-kanak. Namun sebelum mendaftar di Sekolah Dasar, ada hal-hal yang penting untuk diperhatikan agar ke depan kita tak menyesali hal ini.


Yang perlu kita ketahui adalah syarat masuk Sekolah Dasar. Adapun ketentuan dan syarat PPDB untuk Sekolah Dasar adalah sebagi berikut :
  1. Anak-anak yang berusia 7 tahun sampai dengan 12 tahun wajib diterima sebagai peserta didik baru.
  2. Pada 1 Juli anak tersebut tepat berusia 7 tahun, dalam kategori ini wajib diterima.
  3. Usia 6 tahun dapat diterima, jika daya tampung sekolah masih memadai.
  4. Usia di bawah 6 tahun bisa diterima dengan syarat surat keterangan psikolog.
  5. Jumlah Rombel maksimal 28 siswa.
  6. Pendaftaran dimulai dari tanggal 29 Juni sampai dengan 4 Juli 2020 (Wilayah Musi Rawas Utara).
  7. Calon siswa menyerahkan fotokopi Kartu Keluarga (dilegalisir oleh Lurah/Kades denganmenunjukkan yang asli) dan Akte Kelahiran.
  8. Mengisi Biodata PPDB selengkap-lengkapnya.
Baca juga :

Sahabat, jika ingin mengetahui kelayakan anak kita untuk masuk Sekolah Dasar, kita bisa memanfaatkan software microsoft Excel yang ada di laptop kita. Caranya dengan menggunakan rumus excel DATEDIF, dengan formula berikut :

Ketikan formula rumus tersebut pada kolom cell yang akan diisi jumlah tahun dan bulan saat ini. Sebaiknya buat dulu tabel seperti contoh ini, kemudian ketikkan rumus pada kolom Umur. Kode Cell C3 disesuaikan dengan tabel yang kita buat.


Nah, sahabat mudah kan, kita tinggal mengetikkan rumus di atas di dalam kolom "Umur" langsung muncul keterangan jumlah tahun dan bulan umur anak. Untuk kode C3 itu sesuai dengan tabel yang akan kita buat, misalnya kita membuat tabel untuk tanggal lahir F4 maka kode C3 diganti dengan F4.
Tapi, jika sahabat memang tak dapat mempraktekkan rumus ecxel tersebut, disini akan kami bagikan file excel yang sudah disiapkan, silahkan diunduh dan digunakan sebaik mungkin. Download disini:  Aplikasi excel mengetahui layak atau tidak layaknya anak masuk SD tahun pelajaran 2020/2021.

Password sheet : ALIF

Pada rumus tersebut admin menentukan titik awal usia minimal 5 tahun 6 bulan untuk anak-anak yang lebih muda dari usia masuk SD. Yaitu dengan mengubah pengaturan tanggal di Laptop/PC.
 
Selanjutnya, jika anak pada hitungan tanggal lahir sudah layak padahal anak tersebut usianya adalah di bawah 6 tahun, maka tetap kebijakan diambil oleh sekolah penerima untuk dapat menerima atau menolak anak tersebut. Atau dengan meminta surat rekomendasi dokter psikolog profesional kepada orang tua anak, jika memang orang tua si anak tak mampu menemui dokter psikolog kepala sekolah dan seluruh dewan guru dapat menunjukkan panitia khusus PPDB yang menangani ini, hal ini bisa saja menilai bakat si anak.

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

2 comments:
Write komentar

Terima Kasih