F Cara membuat formulir pendataan hobby dan cita-cita siswa secara online untuk melengkapi data dapodik 2021.c - Edukasinfo.Net

Tuesday 12 January 2021

Cara membuat formulir pendataan hobby dan cita-cita siswa secara online untuk melengkapi data dapodik 2021.c

Assalamualaikum sahabat eduaksinfo, kali ini admin ingin membagikan cara membuat formulir pendataan hobby dan cita-cita siswa secara online untuk melengkapi data dapodik 2021.c.    Bagi kalian yang sudah terbiasa daring pasti sudah kenal dan tidak merasa asing dengan google form. Namun, bagi pemula dan operator yang masih anyar kemungkinan belum tahu sama sekali apa itu google form.
 
 

Dilansir dari Qword bahwa Google Form adalah layanan dari Google yang memungkinkan Anda untuk membuat survey, tanya jawab dengan fitur formulir online yang bisa dicustomisasi sesuai dengan kebutuhan. Jadi anda bisa mendapatkan jawaban secara langsung dari audiens yang mengikuti survei. Dan dalam membuat formulir juga kita bisa memilih jenis form apa yang kita mau, mungkin docs (word) atau excel.

 

Selanjutnya kita akan mempelajari cara membuat formulir/ survey di google form. Kita ambil contoh saja "Cara membuat formulir pendataan hobby dan cita-cita siswa secara online untuk melengkapi data dapodik 2021.c."

 

Pertama ketik di browser "google form", melalui email gmail (google) kita lalu pilih Buka Google formulir 




Lanjutkan, Isi kolom sesuai kebutuhan, misalnya di isi dengan nama sekolah, nama kegiatan dan lain-lain.




Perhatikan juga saat membuat pertanyaan, Pilih jenis jawaban yang akan di isi responden (pengisi) formulir. Seperti jawabannya nanti berupa teks baik panjang atau pendek, berupa pilihan (yaitu cuma satu pilahan saja), bisa juga isiannya lebih dari satu (biasanya di conteng), tanggal lahir berupa format tanggal bulan dan tahun dan seterusnya.


Misalnya seperti ini soal pilihan ganda, 




Pada pertanyaan buat sesuai dengan apa yang dibutuhkan seperti contoh kita tuliskan saja disitu Kelas, selanjutnya pada option kita buat kelas 1, kemudian tambah lainnya dengan membuat option kelas 2 dan seterusnya. 

 



Kemudian klik geser diperlukan.


Pada pertanyaan yang akan dibuat selanjutnya juga tentukan jenis pertanyaannya. Seperti contoh kita buat nomor absen siswa, nah kita buat saja pertanyaan dengan jawaban teks singkat,



Selanjunya kita juga buat pertanyaan mengenai Hobby dan cita-cita, kita buat saja pertanyaan dengan jawaban pilihan karena jika kita perhatikan di dapodik 2021.c, yang ada di menu hobby dan cita-cita adalah jawaban dengan satu pilihan. Baca Juga Cara mengisi Hobby dan cita-cita siswa di dapodik 2021.C

untuk Hobby


untuk Cita-cita


Hapus format jawaban yang tidak diperlukan dengan mengklik tanda silang X.


Selanjutnya klik KIRIM pada pojok kanan atas, atau klik titik tiga di pojok kanan dan pilih dapatkan tautan, dan kirim ke whatsapp orang tua siswa/wali siswa atau siswa.

 



Untuk melihat hasil isian klik tanggapan dan pilih individu.


NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

1 comment:
Write komentar

Terima Kasih