F Derinkuyu, kota bawah tanah yang menakjubkan di Cappadocia, Turki. - Edukasinfo.Net

Monday 26 February 2024

Derinkuyu, kota bawah tanah yang menakjubkan di Cappadocia, Turki.

Derinkuyu ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang penduduk setempat pada tahun 1963 ketika ia mencari ayamnya yang hilang. Saat merenovasi rumahnya, ia menemukan sebuah lorong gelap yang membawanya ke jaringan terowongan dan ruangan yang luas, yang kemudian diketahui sebagai kota bawah tanah Derinkuyu.


Kota ini memiliki 18 tingkat terowongan dengan luas 445 kilometer persegi dan diperkirakan dapat menampung hingga 20.000 orang beserta hewan ternak dan bahan makanan mereka. Derinkuyu tidak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal tetapi juga memiliki tempat penyimpanan makanan kering, kandang ternak, sekolah, kilang anggur, dan kapel. Ada beberapa teori tentang siapa yang membangun Derinkuyu. Beberapa ahli berpendapat bahwa bangsa Hittit membangun tingkat pertama sebagai gudang, sementara penelitian lain menyatakan bahwa bangsa Frigia mungkin memulai pembangunan pada abad ke-7 atau ke-8 SM. Pada masa Bizantium, kota ini diperluas dan digunakan sebagai perlindungan terhadap serangan Muslim Arab selama peperangan Bizantium-Arab.

Derinkuyu menjadi situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1985 dan sekarang dibuka untuk pariwisata, memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi bagian dari kota bawah tanah yang menakjubkan ini.

Sumber : Infologi

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih