Saturday, 14 October 2017

Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan Online

Teman-teman edukasinfo.net yang saya banggakan, mungkin teman-teman sudah banyak yang mengetahui Absen Guru/ TU/Pustakawan  Online atau Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan yang disingkat dengan DHGTK!

DHGTK adalah absen online yang sebenarnya penarikan data base absen adalah bersumber dari dapodik yang telah sekolah sinkronkan. Di situs DHGTK kita pada hakekatnya mengedit jumlah kehadiran guru dan tenaga kependidikan yang sudah ada. Kemungkinan Guru dan Tenaga Kependidikan tersebut pernah tidak hadir pada jam kerjanya. Jadi, tugas teman-teman operator pendataan adalah mengklik kolom yang telah ada tanda ceklist, sesuai dengan daftar hadir di Sekolah teman-teman. Tentu hal ini memang terbilang mudah dan rasanya walau tanpa ada sosialisasi teman-teman dapat memahaminya. Dan inilah pekerjaan Operator yang semakin waktu semakin menumpuk dengan adanya link-link pengikut dari Aplikasi pendataan yang kita kelolah. Untuk itu, sebelum ada sesialisasi dari Dinas pendidikan tentang pengisian Absen Guru dan Tenaga Kependidikan secara online, marilah kita simak uraian berikut ini!

Bagaimana cara mengisi daftar hadir tersebut?

Baiklah teman-teman, untuk mengisi absen online tersebut mari kita kunjungi Url berikut http://223.27.144.195:2017/index.php, kemudian login dengan menggunakan NPSN, email/userID dan pasword Dapodik lalu salin caphtca (masukkan kode yang tertulis pada gambar di atas)


Lalu akan muncul laman berikut ini:

Klik Kehadiran lalu data Sekolah,




Untuk pengisian absen Guru/ Tenaga Kependidikan online, ketika sudah masuk di laman DHGTK, teman-teman selanjutnya,
  • Membuat kalender/OK kan kalender yang ada
  • Mulailah dengan mengolah absen dari bulan juli lalu unceklis untuk hari minggu dan libur semester/akhir tahun serta cheklis Guru dan Tenaga Kependidikan yang hadir kemudian Simpan dan refresh.
  • Demikian pula selanjutnya dibulan Agustus dan September, lihat pada kalender, ceklist tanggal-tanggal merah yang ada, seperti Hari Dirgahayu Republik  Indonesia 17 Agustus. 
  • Kemudian silahkan teman klik menu kehadiran guru.
  • Jika daftar hadir guru dan tenaga kependidikan belum muncul di laman tersebut silahkan teman-teman klik menu "buat daftar hadir".
  • Jika masih belum muncul juga klik tombol refresh.
  • Cara pengisian daftar kehadiran guru silahkan teman-teman ceklist setiap hari sesuai tanggal kehadiran guru. Jika ada guru yang sakit, izin atau dinas luar silahkan klik menu data guru, kemudian pilih guru yang sakit pada hari tersebut kemudian klik tombol "input surat izin/dinas luar/sakit. Isikan nomor surat izin, perihal surat, tanggal surat izin, ditandatangani kepala sekolah, NIP, jabatan, jenis izin silahkan pilih, kemudian klik tombol simpan.
  •  

    Sebaiknya sebelum mengisi absen online ini, teman-teman persiapkan dulu data-datanya dan persiapkan juga sinyal wifinya agar tidak terjadi lemot jaringan. Jika sampai keluar dari aplikasi, terpaksa teman-teman menunggu hari esok untuk melanjutkan pengisian absen.

    Alternatif Link: Baca disini! 
    (update 23  Februari 2018)
Demikian cara pengisian daftar hadir guru dan tenaga kependidikan online, semoga bermanfaat.

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

My name is Nata, I write this blog is to provide information about primary and secondary education. I am a teacher at a Elemantary School.