F Bagaimana cara mengerjakan capesun Emis MI - Edukasinfo.Net

Wednesday 3 January 2018

Bagaimana cara mengerjakan capesun Emis MI


Assalamualaikum sahabat edukasinfo.net. Kali ini saya akan memberitahukan cara menarik atau mengerjakan nama-nama siswa calon peserta ujian nasional (Capesun) untuk tingkat Madrasah Ibtidiyah (MI). 

Sebelumnya, kita kitahui bahwa operator madrasah tingkat MA dan MTs telah mengerjakan capesun untuk kelas 12 untuk MA dan 9  untuk MTs, nah kali ini giliran operator MI juga yang harus mendapat giliran berkecimpung dalam mengolah data capesun kelas 6 MI. Dimulai awal Januari 2018 ini, login emis untuk Madrasah Ibtidaiyah telah dibuka. Hal ini tentu menambah daftar PR operator MI, agar daftar capesun kelas 6 segera rampung dan dapat diselesaikan secepat mungkin, mengingat sekarang sudah tahun 2018. 

Nah, bagi sahabat edukasinfo yang bertugas sebagai Operator MI, mari simak cara mengerjakan capesun berikut ini:

Pertama, silahkan sahabat login  emis madrasah di laman ini, http://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah_mi/ atau klik disini.

kemudian, sahabat lanjutkan dengan melengkapi data kelembagaan termasuk juga rombel. Selanjutnya, periksa data siswa aktif, lalu masukan nama-nama siswa kelas 6 ke dalam rombelnya masing-masing. 

Bila siswa tersebut (untuk kelas 6) belum ada pada data, atau pindahan dari sekolah atau madrasah lain, maka masukkan entry baru siswa tersebut dengan mutasi masuk. Periksalah di dalam fitur capesun per rombel, apakah sudah lengkap atau belum. Edit atau perbaikilah serta lengkapilah data siswa kelas 6 satu per satu dari nama siswa apakah sudah sesuai dengan nama yang ada di Akte Kelahiran, Tempat dan tanggal lahir apakah sudah benar, Nomor Induk Siswa (NIS) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), nama orang tua, alamat dan data-data lainnya. 

Periksa sedetil mungkin data-data siswa kelas 6 tersebut jangan sampai ada yang salah. Kemudian pindahkan siswa ke bilah sebelah kanan dengan cara memberi tanda contreng dan mengklik pindah capesun. 

Dan terakhir unduhlah file EZ, untuk diserahkan ke operator dinas pendidikan kabupaten/ kota dan Kanwil.

Demikian cara mengerjakan capesun emis MI, semoga sukses.

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih