F Dapodik 2021 nge-hang berputar-putar dan tidak bisa buka dashboard di mozila - Edukasinfo.Net

Friday 28 August 2020

Dapodik 2021 nge-hang berputar-putar dan tidak bisa buka dashboard di mozila

 
Assalmualaikum sahabat edukasinfo, saat pertama kali instal aplikasi dapodik biasanya kita akan disuruh memilih melalui aplikasi browser apa yang akan kita gunakan untuk akses, pilihan tersebut seperti menggunakan microsoft edge, firefox mozila, google chrome, dan seterusnya terserah browser apa yang membuat hati kalian menjadi nyaman. Namun, ada hal yang sangat mengganggu ketika kita memilih salah satu browser, misalnya mengakses dapodik 2021 melalui browser Google Chrome. Pada tampilan browser Google Chrome menu tarik scroll ke bawa atau ke atas begitu tipis, sehingga sulit sekali bila ingin menariknya ke bawah atau pun ke atas, begitu juga dengan browser Microsotf Edge sama seperti pada tampilan di google chrome. Sedangkan untuk tampilan di Firefox Mozila itu lebih baik dan menu tarik scroll tampak tebal.

Baca Juga :

 

 

Sebelum kita ke topik pembicaraan  yuk kita  mengulas makna Dapodik itu sendiri. Dikutif melalui wikipedia bahwa Dapodik adalah sistem pendataan  berskala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan di Indonesia, yang merupakan bagian dari Program perancanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan  yang Cerdas dan Kompetitif. Sebab tanpa perencanaan pendidikan yang matang, maka seluruh program yang terbentuk dari perencanaan tersebut akan jauh dari tujuan yang diharapkan. Sehingga sangat wajar jika muncul pembaruan, sering terjadi kendala server, atau server penuh.

 

Saya sendiri dari awal lebih memilih browser firefox mozila, dan mengerjakan aplikasi dapodik dan PMP di mozila, namun yang menjadi kendala saat ini adalah tampilan aplikasi dapodik 2021 di laptop saya hanya loading yang lama berputar-putar  dengan tampilan aplikasi dapodik memuat aplikasi selama berjam-jam.




Semua cara telah saya lakukan, seperti membersihkan chache dan riwayat browsing sampai pada akhirnya saya berfikir untuk menghapus browser Firefox Mozila, dan saya pun menghapus browser tersebut. Selanjutnya, saya mencoba membuka aplikasi dapodik di mozila, dan Alhamdulillah tampilan menu login di depan yang diisi dengan username/email dan password akhirnya muncul, dan dapodik 2021 pun akhirnya bisa dijalankan di Firefox Mozila. Sekian.

  

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih