Sunday, 30 August 2020

Menarik kembali peserta didik yang pernah dikeluarkan dari dapodik (PD Keluar) tapi masih di sekolah kita! (Bag.2/ Dapodik 2021)



Assalamualaikum sahabat edukasinfo, selamat pagi dan selamat memulai aktifitas di hari ini, semoga hari ini menjadi hari yang lebih baik dari hari-hari sebelumnya. Dulu, di tahun 2019 pernah admin membahas secara ringkas tentang cara menarik kembali siswa yang terlanjur terkeluarkan dari dapodik, namun dapodik saat itu adalah dapodik versi 2020 dan saat dipencarian di dapodikdasmen, nama sekolah asal yang mengeluarkan siswa masih bisa dan masih ada nama sekolah asal yang mengeluarkan (sekolah sendiri). Baca Menarik kembali peserta didik yang pernah dikeluarkan dari dapodik (PD Keluar) tapi masih di sekolah kita! 

 

Di dapodik 2021 ini juga, tidak bisa melihat password melalui klik kanan mouse atau touchpad dengan mengklik inpsect element. Hal ini menunjukkan bahwa pada aplikasi dapodik 2021 keamanan akun lebih diprioritaskan. Sedangkan bila dibandingkan dengan aplikasi dapodik yang versi sebelumnya penggunaan inspect element untuk melihat password akun masih dapat dilakukan. 


Nah, cara di atas saat ini tidak bisa dilakukan lagi, dan hanya bisa pada dapodik 2020 kemarin. Lalu, bagaimana cara  Menarik kembali peserta didik yang pernah dikeluarkan dari dapodik (PD Keluar) tapi masih di sekolah kita pada aplikasi dapodik versi 2021 ini?

 

Baca Juga :


Untuk menarik atau memasukkan kembali siswa yang terlanjur dikeluarkan dari dapodik namun masih belum ditarik oleh sekolah lain, atau mungkin siswa itu terlanjur dikeluarkan dan tidak jadi pindah adalah dengan meminta bantuan ke admin dinas pendidikan untuk memasukkan kembali ke sekolah asalnya. 


Tapi, sepertinya bagi ops yang tempat tinggalnya jauh dari Dinas Pendidikan, akan kerepotan pulang pergi ke dinas jika hanya meminta konfirmasi untu memasukkan siswa yang terlanjur keluar dari dapodik. Namun, hal ini mungkin tidak terjadi bila admin dinas bersedia dikonfirmasi melalui media sosial seperti HP, WA, FB dan lain-lain.

 

Sebenarnya, untuk memasukkan kembali siswa yang telah terlanjur dikeluarkan dari dapodik sekolah, selain melalui Admin Dinas Pendidikan bisa melalui bantuan teman dekat sesama operator sekolah. Nah, bagaimana caranya  Menarik kembali peserta didik yang pernah dikeluarkan dari dapodik (PD Keluar) tapi masih di sekolah kita dengan meminta bantuan sesama operator sekolah lain?

 

Yuk simak caranya!

 

Sahabat, menghubungi operator sekolah lain yang dipercaya dapat membantu sahabat melalui WA, atau media lainnya.

 

Mintalah operator sekolah lain tersebut untuk menarik siswa yang akan kita masukkan kembali ke sekolah kita melalui link https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/, Selanjutnya bila operator sekolah lain tersebut sudah menariknya agar ia melakukan sinkronisasi aplikasi dapodiknya, Biasanya jika selesai sinkronisasi siswa yang ditarik akan berada di aplikasi dapodik sekolahnya yang ada di laptopnya.  Selanjutnya jika nama siswa tersebut sudah berada di dapodik sekolahnya, mintalah operator sekolah tersebut mengeluarkannya kembali, dan melakukan sinkronisasi.

 

Lalu, apa tugas kita selanjutnya?

 

Bila operator sekolah lain tadi yang kita minta bekerja sama sudah melakukan sinkronisasi, selanjutnya kita membuka akun dapodik online kita melalui link https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/,

 

Lakukan proses tarik peserta didik dan pilih nama sekolah dimana operator sekolah lain yang kita ajak bekerja sama tadi, pilih kelas (Rombel) dan pilih nama siswa pernah dikeluarkan dari dapodik  sekolah kita, jika sudah diconteng nama siswanya, klik DAFTARKAN. 

 

Lihat, di menu siswa jika sudah masuk, di daftar siswa yang ada di link https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/

 

Lakukan sinkronisasi pada aplikasi dapodik yang ada di Laptop / PC kita.

 

Kita bisa meminta bantuan operator sekolah lain dengan cara berikut: 


Misalnya, bisa mengirim pesan seperti ini " Kak, mas, neng, pak, ibu (dsb.), minta bantuannya, saya mau nitip siswa saya di dapodik sekolahmu. Nanti tolong ditarik ya siswa dengan nama "NATA DE COCO". Kemudian jika sudah masuk di dapodiknya saya mohon tolong keluarin ya dari dapodiknya". 

 

Mengatasi hal di atas sangat mudah bila kalian mengolah dua aplikasi dapodik (sekolah).


Semoga berhasil

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih