F Cara lain dalam mengatasi sinyal lemot saat daftar SSCN - Edukasinfo.Net

Thursday 27 September 2018

Cara lain dalam mengatasi sinyal lemot saat daftar SSCN

Sahabat edukasinfo.net. hingga saat ini tanggal 27 September 2018 Pukul 21.45 situs SSCN belum juga dapat di buka. Pada saat jam lengang seperti malam hari sahabat bisa untuk mencoba mengakses situs SSCN. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek Router. Lalu, apa yang harus dilakukan dengan router tersebut. Mari kita simak apa yang pernah disampaikan Serambinews.com dan KompasTekno, sebagai berikut:
  1. Cek Posisi Router, mengecek posisi router terkesan hal sepele, padahal efeknya bisa besar. Router bekerja mengirimkan sinyal ke semua arah. Karena itu, sebaiknya letakkan router di bagian tengah ruangan. Bila router diletakkan di samping jendela, maka ada sinyal yang dikirimkan ke luar. Ini akan membuat WiFi tersebut sia-sia dan tidak menjangkau seluruh bagian ruangan.
  2. Jangan diletakkan di lantai, letakkan router di tempat yang tinggi, misalnya meja atau lemari.
    Posisi yang lebih tinggi akan menguntungkan karena router dirancang untuk mengirimkan sinyal ke bawah.
    Selain itu, lantai mengandung bahan semen, beton dan logam yang sulit ditembus oleh sinyal WiFi.
  3. Letakkan router di tempat terbaik, Sinyal WiFi akan terpancar lebih kuat di dalam ruangan tempat Anda menyimpan router tersebut. Atas dasar itu, sebaiknya Anda meletakkan router tersebut dalam ruangan yang sering Anda tempati saat menggunakan internet.
  4. Pilih tempat terbuka, Ada banyak bahan yang bisa menyerap sinyal router dan mengurangi kinerjanya. Untuk menjaga agar kinerja sinyal tetap optimal, sebaiknya Anda tidak meletakkan router di antara mebel berukuran besar dan dinding, atau di dalam lemari. Pilihlah posisi yang bebas himpitan serta membuat routertersebut dapat terlihat dari manapun.

  5. Jauhkan dari elektronik lain, Jauhkan router Anda dari perangkat elektronik lain, seperti microwave, telepon nirkabel, serta TV. Perangkat apapun yang menghasilkan sinyal elektromagnetik bisa mengganggu dan melemahkan kinerja sinyal WiFi.
    Beli router baru

  6. Atur antena agar berdiri, Atur agar antena router berada di posisi vertikal. Posisi ini akan membuat sinyal terpancar secara horizontal sehingga sinyal WiFi lebih mudah menjangkau seluruh bagian ruangan.

  7. Periksa kekuatan sinyal, Ada sejumlah aplikasi, seperti Cloudcheck atau Amped  yang dapat digunakan untuk keperluan ini. Saat mengecek sinyal, Anda bisa memetakan bagian mana yang menerima sinyal kuat dan mana yang menerima sinyal lemah.

  8. Atur piranti lunak router, Anda juga bisa mempercepat koneksi WiFi dengan memasukkan pengaturan tertentu pada piranti lunak router.
    Akses menuju piranti lunak ini bisa dibuka melalui IP khusus. Anda bisa mengeceknya pada bagian bawah router atau pada panduan yang disertakan dalam boksnya.
    Setelah masuk ke dalam menu pengaturan, ubahlah channel frekuensi  router tersebut. Biasanya ada 14 channel yang bisa dipilih.
    Channel terbaik biasanya adalah 1, 6, dan 11.
    Channel tersebut cenderung minim gangguan karena jarang bersinggungan dengan channel yang digunakan orang lain.
    Selain pengaturan channel, cek juga pemutakhiran firmware.
    Biasanya pembuat router akan mengeluarkan pemutakhiran firmware untuk memperbaiki kinerja perangkatnya.

    dan,  yang terakhir adalah Lakukan speed test untuk mengetahui letak masalah koneksi Anda.
    Pertama cobalah melakukannya dengan koneksi WiFi, kemudian lakukan hal serupa menggunakan koneksi kabel.
    Jika keduanya sama-sama buruk, berarti masalah ada pada penyedia layanan internet Anda.
    Ini adalah jalan terakhir. Bila semua sudah dicoba dan Anda sudah memastikan masalah tidak berasal dari penyedia layanan internet, belilah router baru.

    Bagi anda yang belum sempat melakukan pendaftaran CPNS 2018 hari ini tidak perlu khawatir, karena pendaftaran di sscn.bkn.go.id masih bisa dilakukan hingga tanggal 10 Oktober nanti.


    Sumber :
    KompasTekno

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih