Tuesday, 19 March 2019

(Update 23 Juni 2020) Aplikasi untuk mengetahui Surat Asli atau hoax mengatasnamakan Kemendikbud

Assalamualaikum sahabat edukasinfo, Akhir-akhir ini sering kita mendapatkan surat yang mengatasnamakan kementerian pendidikan dan kebudayaan. Seperti yang dialami admin sendiri, sudah berapa kali admin dikirimi email yang berisi dokumen surat yang mengatasnamakan Kemendikbud. Namun, setiap kali masuk surat seperti itu admin sering bertanya ke Dinas Pendidikan yang ada di kabupaten admin berada. Dan apa jawab pihakdinas pendidikan, "jangan ditanggapi surat itu.

Nah, Kali ini admin akan memberitahukan caranya, apabila kalian menemukan surat edaran atau surat pemberitahuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, namun masih mragukan apakah ini surat asli atau hoax, kalian bisa mengeceknya di aplikasi web berikut ini:


Masukkan nomor Surat yang kalian dapat,


kemudian masukkan chapcta atau kode pengaman,

 

dan klik tombol cek Surat Keluar,


.
Nah, jika mau jelasnya perhatikan surat berikut ini,

surat tersebut dengan nomor 4923/C/BP/2020, nomor tersebut akan kita masukkan ke aplikasi online Sistem naskah Dinas Elektronik.
dan kode Chaptca (pengaman) DXKAT (bisa berbeda-beda saat kita akses), seperti dibawah

Selanjutnya kita lihat hasilnya,

Nah, sahabat, Surat tersebut keluar pada tanggal 28 Mei 2020, yang berisi perihal Percepatan Pencairan Dana PIP data siswa Tahun 2018.

Semoga dengan informasi ini mengurangi resiko tertipu informasi hoax yang mengatasnamakan kemendikbud.

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih