Monday, 29 April 2019

Sekitar masalah E RKAS 2019, Referensi Sinkron RKAS agar tampil di server Dinas.

Assalamualaikum sahabat edukasinfo, Aplikasi E-RKAS sekarang sudah resmi untuk diterapkan di sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Salah, satu daerah yang telah melakukan uji coba peninputan RKAS adalah Kabupaten Musi Rawas Utara Provinsi Sumatera Selatan. Nah, kali ini admin akan membagikan informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Aplikasi E-RKAS. Referensi Cara Sinkron RKAS agar Tampil di Server Dinas.

Langkah-langkah Praktisnya sebagai berikut:
  1. Setelah Proses Login awal pada Aplikasi RKAS sekolah, lanjut ke Menu Utama klik Penanggungjawab, setelah muncul isi data Kepala Sekolah, Bendahara, Komite kemudian simpan.
  2. Pada saat Versi 1,22 ada Sinkron Jumlah Siswa kemudian Aktivasi semua jenis Anggaran tetapi pada Versi 1,26 tdk muncul lagi Sinkron Jumlah Siswa, kemudian langsung ke Menu Utama klik SINKRON Pusat, setelah selasai lanjut SINKRON Manual tunggu beberapa saat muncul File name ketik RKAS klik (Open) tunggu skitar 5 Menit, kemudian Restart.
  3. Pada posisi ini Sdr.Operator agar dpt menanyakan kpd Admin Dinas Apakah jumlah Anggaran sudah masuk ke Daftar Sekolah Sync jika sudah masuk dlm Daftar setelah itu lanjut Menu Penganggaran klik Kertas Kerja, pilih Sumber Dana BOS Pusat, selanjutnya input Rincian Belanja ke Aplikasi setelah selesai SINKRON Pusat, setelah itu SINKRON Manual lagi.
  4. Pada posisi ini Sebaiknya sblm disahkan Dinas agar Konsultasi ke Tim BOS utk Veifikasi Kertas Kerja, jika Dashboard dan anggaran riil sdh klop, maka berikut pilih menu CEK STATUS
  5. Langkah selanjutnya, ajukan Pengesahan, kemudian tnya admin Dinas apakah sekolah Sdr sdh muncul di Daftar Pengesahan.Jika sdh tmpil bearti Sdr.dpt mengikuti proses PENGESAHAN di Tim BOS Dinas.
  6. Sampai dengan tahap ini Kepsek dan Operator harus dtg ke Dinas dengan sarat2 membawa Dokumen SK Tim BOS, SK Bendahara dr Sekolah, Tim PBJ/Tim Penerima dan Pemeriksa Brang.
  7. Setelah lengkap baru dilakukan Per SETUJUAN Dinas dan jika siap maka Admin Dinas klik SETUJU
  8. Jika RKAS telah di SETUJUI oleh Dinas, maka selnjutnya Operator Cek Status kembali dan jika pitur menu sdh aktif lanjut klik Aktivasi BKU sehingga tampil menu Aktivasi BKUnya diaktif maka Sdr. sudah dapat mulai membuat SPJ BOS TW.1 2019, Jika tahap SINKRON ini sdh dilakukan sesuai prosedur, maka Proses Sinkron RKAS diharapkan berjalan lancar tanpa ada hambatan.Demikian tips Sinkron RKAS ini admin sampaikan agar dpt membantu kelancaran Proses Penyusunan RKAS dgn sitem *Aplikasi terbaru e-RKAS 2019.By Admin Grup.TRIMA KASIH.

Catatan :
1) Pada saat Pengesahan Admin syarankan Sdr.OPS harap membawa Laptop, Paket Modem/Hostspot yg Cukup & Jaringan Internet yg kuat agar tdk ada gangguan.
2) Referenai ini agar dpt disimpan utk pedoman jika dibutuhkan kembali.TERIMA KASIH.



Sumber : Syarkowi, S.Pd/ Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas Utara

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan.

No comments:
Write komentar