Tuesday, 24 September 2019

Jika email Dapodik dan email guru sama, begini cara atasinya


Assalamualaikum sahabat edukasinfo, beberapa waktu yang lalu saya dihubungi oleh sesama teman operator sekolah yang kesulitan untuk akses akun pribadinya di aplikasi dapodik. Operator sekolah tersebut juga bertugas sebagai guru di sekolah yang ia kelola. Antara email yang digunakan untuk login aplikasi dapodik dan  email pribadinya sama.

Sedangkan, jika akan disinkronisasikan akan muncul keterangan Invalid pada data GTK yang bersangkutan. Sebab, ia sendiri belum bisa mengisi datanya yang invalid tersebut pada akun dapodik. Menurut keterangan dari operator Dinas Pendidikan Kabupaten/kota setempat, bahwa jika ingin mengubah email dan pasword dapodik harus disinkronisasi terlebih dahulu dapodiknya. 

Jika hal itu pernah dialami oleh kalian,  yang harus dilakukan adalah berusaha   agar aplikasi dapodik tersebut bisa disinkronisasikan.

Namun, sebelum bisa sinkronisasi, ada beberapa hal yang mesti kalian lakukan. 

Pertama, menyiapkan email dan pasword baru untuk akun dapodik sekolah, gunakan email sekolah bukan email pribadi.
kedua, mengeluarkan atau mutasikan GTK yang invalid tersebut di atas.


ketiga, setelah semua keterangan invalid menjadi valid 

silahkan sinkronisasi terlebih dahulu.

keempat, hubungi operator Dinas Pendidikan dan bawah surat permohonan untuk mengganti email dan password dapodik sekolah sahabat.

kelima, Uninstal Aplikasi dapodik, namun sudah sebelumnya sudah disinkronisasi.

keenam, Setelah Admin/Operator Dinas Pendidikan mengganti email dan pasword dapodik kalian, Unduh aplikasi Dapodik terbaru dan install kembali di laptop kalian, dan registrasikan dengan email dan pasword terbaru tersebut.

ketujuh, buka web dapodikdasmen, login manajemen sekolah dengan email yang biasa digunakan selama ini, Klik kelola data, klik guru dan tendik, 
dan klik tambah GTK, 



Setelah klik tambah, pilih propinsi, kabupaten, kecamatan dan sekolah asal kalian sendiri, kemudian tampilkan, dan conteng nama GTK yang dimaksud di atas.


Kemudian, buka aplikasi dapodik di laptop dan sinkronisasi lagi, 

lanjutkan ke dasbor klik GTK, kilk guru dan salin penugasan.

Catatan :
Ingat jika kalian adalah guru kelas, untuk sementara ganti dengan guru yang lain. 

Mudah-mudahan berhasil.



NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan.

No comments:
Write komentar