F RPP satu lembar untuk kelas 1 SD semester genap tahun pelajaran 2019/2020 - Edukasinfo.Net

Wednesday 25 December 2019

RPP satu lembar untuk kelas 1 SD semester genap tahun pelajaran 2019/2020

Assalamu'alaikum sahabat edukasinfo, Bapak Nadiem Makarim Menteri Pendidikan melakukan aksinya dengan menyederhanakan RPP sebagai salah satu kebijakannya untuk mencapai program yang dibesutnya yaitu merdeka belajar. 
 
 
Beliau juga sudah membuat edaran kepada kepala dinas pendidikan provinsi dan kabupaten bernomor 14 Tahun 2019. Pada saat ini guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.


 
 
Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga.
  • Efektif berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  • Berorientasi pada murid berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.
 
RPP dapat dibuat dengan singkat, misalnya hanya satu halaman asalkan sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi kepada murid. Tidak ada persyaratan jumlah halaman. Standar baku untuk format penulisan RPP Tidak ada. Guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efesien, efektif, dan berorientasi pada murid.
 

Untuk format RPP yang sudah dibuat guru. Guru dapat tetap menggunakan format RPP yang telah dibuatnya. Kemudian, Guru dapat pula memodifikasi format RPP yang sudah dibuat sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi kepada murid.
 

Jumlah komponen dalam RPP ada 3 komponen inti, yaitu tujuan pembelajaran, langkah­ langkah pembelajaran (kegiatan), dan penilaian pembelajaran (assesmen). Komponen-komponen lainnya adalah pelengkap.Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk kepada kurikulum dan kebutuhan belajar murid. Kegiatan belajar dan asesmen dalam RPP ditulis secara efisien.


Nah sahabat, berikut adalah beberapa contoh RPP yang bersumber dari situ  www.kangmartho.com, yang merupakan hasil karya kang Martho.
 

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih