Thursday, 26 March 2020

Jika kita sudah pernah sinkronisasi PMP 2019, coba instal baru lagi aplikasi PMP tapi ternyata isinya kembali nol!

Assalamualaikum sahabat Edukasinfo, Saya punya pengalaman saat ingin menggati laptop untuk mengerjakan PMP atau aplikasi EDS disdakmen. Namun, saya menjadi bingung ternyata setelah di instal kembali aplikasi PMP atau Aplikasi EDS Offline 2019, isiannya kembali lagi menjadi nol. Saya pun berfikir bahwa pekerjaan pengisian EDS Kuesioner ini akan dimuali dari awal lagi. Oleh karena merasa berat mengulangi kembali, saya pun langsung menanyakan hal ini ke Tim PMP Pusat yakni Bapak Hendri Gunawan.

Sahabat, Bagaimana jika kita telah pernah mengisi Aplikasi EDS Offline 2019 versi 2019.12.18 - FINAL sebelumnya, namun karena hal-hal tertentu kita harus mengulangi kembali instalasi aplikasi tersebut?
Jawabannya, jangan panik dulu kalian, instal kembali aplikasi EDS versi 2019.12.18 - FINAL kemudian, download juga Patch EDS Dikdasmen Offline versi 2020.02.07 dan instal juga. Seperti pada langkah-langkah sebelumnya download prefill_pmp dan simpan di folder prefill_dapodik, lakukan Registrasi dengan menggunakan email dan pasword dapodik saat ini serta Kode Registrasi.

Atau kalian bisa baca langkah-langkah terssebut di situs pmp kemdikbud disini.

Tapi ingat, gunakan laptop yang ada dapodiknya. 

Sahabat, agar isian terakhir kita masuk kembali ke aplikasi EDS Offline 2019, lakukan langkah-langkah yang benar, nanti isian tersebut akan muncul kembali, langkah tersebut yakni:
etelah instal aplikasi EDS versi 2019.12.18 - FINAL
1. instal juga Patch 2020.02.007
2. Pilih Kandidat Responden
    Caranya, pada menu Pengaturan Pilih Manajemen Pengguna,
    Kemudian, jika telah muncul nama-nama Guru, Peserta didik dan Komite pilih icon garis tiga 
    dan  pilih klik juga Pilih Kandidat Responden.

    Selanjutnya, jika sudah selesai meilih kandidat responden, kembali ke menu pengaturan dan
    pilih atau Klik Tukar Pengguna.

    Lanjutkan Pilih nama Guru, atau Peerta Didik atau Komite yang akan diisi (hitung kemajuan)
   
 Pilih menu "Hitung Total Kemajuan"


pilih (Centang pada kotak kecil) nama guru, Peserta didik atau komite yang akan diproses, kemudian Klik menu Lanjutkan



 Tunggu beberapa saat, 

Nah jika sudah seperti ini, dan berwarna hijau berarti selesai, yuk diperiksa lagi isian Kuesionernya yang pernah diisi saat itu. 
silahkan tutup dengan mengklik silang kecil di atasnya

3. Refresh aplikasi EDS-nya.

4. Cek Peringkat Kuisioner Selengkapanya

Nah, sahabat jika kalian sudah instal laptop, atau aplikasi EDS lama hilang terhapus atau ada hal yang lain, dan kalian takut instal baru Aplikasi EDS Offline 2019 karena isian kuesioner akan kembali menjadi nol. Kalian lakukan hal-hal di atas. 

Semoga berhasil.

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan.

No comments:
Write komentar