Sunday, 29 March 2020

Cara atasi Pengguna belum membuat akun. Mohon sebelum menggunakan fitur tukar akses pengguna, user tersebut telah dibuatkan akun terlebih dahulu. Terima Kasih

Assalamualaikum sahabat edukasinfo, berikut adalah permasalahan yang pernah dialami oleh operator sekolah terhadap pembaruan Dapodik 2020 Patch 1. Pada aplikai dapodik 2020.b ini ada penambahan fitur yakni menu tukar pengguna, sebagaimana terdapat pada menu yang ada pada aplikasi PMP. Di saat akan menggunakan menu tersebut tiba-tiba yang muncul adalah keterangan notifikasi seperti ini "Mohon sebelum menggunakan fitur tukar akses pengguna, user tersebut telah dibuatkan akun terlebih dahulu. Terima Kasih (#1)". Mungkin ini juga bisa membuat sahabat bingung dan bertanya bagaimana cara menyelesaikannya.


Mengapa hal ini bisa terjadi?

Kemungkinan, pengguna dapodik pernah menjadi admin (OPS) dengan menggunakan email pribadi, dan saat ini ia mengganti akun (email) dapodik dengan yang baru. Dan saat ia menggunakan  emailnya yang elama ini ia gunakan sebagai email dapodik untuk membuaka akun pribadi (GTK) miliknya jadi bermasalah.

Bagaimana cara mengatasinya?

Kembali ke halaman Beranda Dapodik dan pilih menu GTK klik Guru atau Tendik dimana nama yang bersangkutan (bermasalah) tersebut ada. 



Kemudian, Pilih atau klik menu Penugasan 

 

 Selanjutnya pilih menu Buat/ubah akun PTK 

 

buat Password/ Konfirmasi Password. Konfirmasi password sama dengan password, awas jangan beda.

 

Kemudian klik Simpan.

Arahkan kursor kembali ke menu pengaturan.

 

Pilih atau klik Tukar pengguna

 
Masukkan Kode Registrasi Dapodik Sekolah Kita.

 



NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan.

No comments:
Write komentar