Tuesday, 9 June 2020

Begini cara mengisi SIMPPK tahun 2020

Assalmualaikum sahabat edukasinfo, sebelumnya edukasinfo memohon maaf karena terlambat menginformasikan mengenai SIMPPK. Walaupun disitus-situs lain sudah banyak yang menjelaskan hal ini, namun izinkan edukasinfo.net menyampaikan kembali mengenai Aplikasi SIMPPK ini. Jika pada tahun 2019 SimPPK Dikdas kebanyakan dikerjakan dengan menggunakan hape canggih melalui aplikasi yang diunduh di Google Play Store, tapi di tahun 2020 ini aplikasi SimPPK dapat dikerjakan di perangkat canggih apa saja, seperti laptop, hape yang bisa internetan (bukan android) dan hape android. Baca Mengenai SimPPK tahun 2019.

Karena aplikasi SimPPK kali ini menggunakan laman website. Nah, sahabat berikut ini akan kami sampaikan bagaimana cara masuk ke SIMPPK  dan tahapan pengerjaannya untuk sekolah  kita.

buka web https://ppk.pgdikdas.kemdikbud.go.id/validasi
masukan id kabupaten (Lihat ID kabupaten masing-masing disini https://paudikmas.sign.my.id/mainpage/kabupaten.

 

Klik Lanjutkan, selanjutnya masukan NPSN sekolah kita masing-masing dan masukkan kode akses


Mulai Validasi, kemudian

kita isi data validatornya (ini boleh kepala sekolah boleh juga operator sekolah) Nama Validator, NIP Validator, Nomor HP Validator, Jabatan validator, email sekolah, dan nomor telepon sekolah (jika ada)
terus klik lanjutkan



selanjutnya kita validasi data rombel, apakah jumlah rombelnya sudah benar pertingkat atau belum, jika belum kita ketikan saja jumlahnya jika sudah benar kita lanjutkan validasi jumlah siswa nya, klo salah jumlah siswa nya salah tinggal kita ketikan saja jumlah yg benar nya, jika sudah benar makan kita klik lanjutkan



masuk di menu Data Pendidik, nah disini kita validasi apakah guru ini masih aktif atau tidak, Jika sudah tidak aktif lagi maka kita klik Status 1 itu kita pilih alasannya sesuai yang sebenarnya, jika pensiun ya kita pilih pensiun,jika pindah kita pilih pindah sekolah induk, dan lain-lain.

 

Klik lanjutkan jika selesai

Kemudian sekolah juga harus memvalidasi mapel gurunya  jika guru nya sudah sertifikasi maka mengikuti Mata pelajaran Sertifikasinya kalau Guru nya belum Sertifikasi maka mengikuti linieritas ijazahnya (baca permendikbud nomor16 tahun 2019),


 Tapi khusus untuk perubahan mapel ini hanya bisa di lakukan oleh operator dinas pendidikan, jadi sekolah cukup mengirimkan hasil validasinya dengan mata pelajaran yang ada di SIMPPK, nanti operator sekolah melaporkan ke dinas untuk merubah mata pelajaran atas nama siapa dan mata pelajaran  perubahannya apa? Jika sudah selesai maka kita klik Lanjutkan

Nah, Dimenu Lainnya ini khusus menambahkan jumlah guru yang belum masuk di dapodik (jika ada). Jika Data pendidik sebelumnya udah lengkap berarti menu ini kita cukup diabaikan dan langsung klik Lanjutkan.
Tambahkan guru jika ada yang belum masuk ke simPPK, dengan memilih mata mapel, status dan jumlah guru.






Kemudian klik tambahkan dan lanjutkan.

 
Sampai disini sebaiknya periksa lagi data sebelumnya, bila yakin sudah benar klik pilih Saya Setuju, dan Kirimkan Data. bila ada keterangan seperti sebaiknya memang periksa data terlebih dahulu, namun bila memang benar-benar yakin selesai klik menu YA, KIRIMKAN!



Tugas validasi data SimPPK Selesai



Nah, sahabat perlu diingat saat mengisi SIMPPK ini ada batas  waktu jam pengisiannya, untuk itu perlu bagi kita untuk mencari tahu waktu pengisiannya. Hal ini terjadi karena pengaturan akses jadwal penggunaan dinas dan sekolah. Kapan waktu sekolah bisa mengaksesnya ? waktunya dari pukul 04.00 WIB (subuh) sampai dengan pukul 18.00 WIB (Maghrib).

Sekian.

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan.

No comments:
Write komentar

Terima Kasih