Tuesday, 9 June 2020

Aplikasi cetak Surat Keterangan Kelulusan tahun 2020 v.002

Assalamualaikum sahabat edukasinfo, hari senin kemarin saya baru saja membagikan aplikasi cetak Surat Keterangan Kelulusan tahun 2020, namun karena dilihat masih banyak yang kurang maka pada hari ini saya akan melanjutkan pembaruan dari aplikasi cetak Surat Keterangan Kelulusan tahun 2020 yang sebelumnya.Mengingat begitu dekatnya pengumuman Kelulusan tahun pelajaran 2019/2020 di tingkat SD. Maka saya merasa ini begitu penting agar segera diupayakan. 


Pembaharuan kali ini yaitu ditambahnya kolom Nomor Peserta Ujian. Edukasinfo juga berharap jika aplikasi sebelumnya ada yang kesulitan mengerjakannya, maka yang versi saat ini semoga lebih memudahkan dalam pengisian datanya.


Selanjutnya jumlah kolom siswa sudah ditambah hingga 100 siswa. Bila sebelumnya cuma sampai 40 namun saat ini kolom telah ditambah demi memudahkan para guru.

Berikut adalah link Aplikasi cetak Surat Keterangan Kelulusan tahun 2020 versi baru, yakni versi 002.





Cara pengisiannya sama seperti yang sebelumnya :


Isi data sekolah dan data kop sekolah, seperti:
Pemerintah Kabupaten, diketik dengan kalimat PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA ...."(daerah sesuai domisili)
Instansi, diketik dengan nama Dinas Pendidikan,
Nama Sekolah, misalnya SD NEGERI 6 MUARA RUPIT
Akreditasi, diisi dengan Akreditasi A atau B atau C (sesuai dengan keadaan sekolah)
NPSN, diketik seperti ini NPSN 10601938
Alamat, isi alamat sekolah lengkap dengan kodepos
Nama Kepala Sekolah,
NIP Kepala Sekolah
Selanjutnya, isi data siswa dengan mengklik menu Data Siswa, (Bisa mengkopi dan mempaste data dari data dapodik yang sudah diunduh dalam bentuk excel)
dan terakhir Nomor Surat.
Isi data siswa, seperti data Nama Lengkap siswa sesuai Akte Kelahiran, Nomor Induk Siswa (NIS) atau Nomor Induk Peserta Didik (NIPD), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Tempat lahir siswa, tanggal lahir siswa, nama orang tua sesuai dengan data terakhir hasil verifikasi yang telah diberikan oleh dinas pendidikan, dan Nilai Rata-rata Ujian Sekolah atau Ijazah.
Gunakan Kertas A4 atau F4 untuk mencetak.

Perlu untuk diingat agar tidak merubah "Formula" atau rumus, karena data pasti akan berubah bahkan bisa kacau bila rumus telah rusak.

Inilah Surat Keterangan Kelulusan dari Edukasinfo.net berdasarkan  Hasil Rapat Dewan Guru tentang Penentuan Kelulusan Kelulusan dan mengacu kepada Permendikbud Nomor 43 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, serta Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).
Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komen di bawah ini atau kirim pesan ke email nata.ayahbizar@gmail.com.

Permasalahan :

Mengapa tombol cetak atau lihat (print preview) Aplikasi saya tidak bisa dibuka? yang muncul adalah kalimat ini!
Aktifkan dulu "macro"

Atau jika tidak mau repot langsung saja print dengan menekan tombol Control +P di Kewboard.

Terima kasih

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan.

2 comments:
Write komentar

Terima Kasih