Tuesday, 25 May 2021

Canva: Aplikasi pembuat Poster, Pamflet, logo dan wallpaper online

Assalamu'alaikum sahabat edukasinfo.net, awal mula saya menggunakan aplikasi Canva ini adalah ketika ingin membuat Pamplet dan Poster Kajian. 

 

Saya malas menggunakan aplikasi Offline yang harus diunduh dan diinstall di Laptop, karena laptop yang saya gunakan sudah tak memenuhi kapasitas lagi. Saya pun berfikir, bagaimana seandainya ada aplikasi yang tidak perlu diinstal di laptop namun kita bisa mengerjakannya secara Online. Setelah melakukan Browsing di Google akhirnya saya temukan salah satu aplikasi online yang bisa digunakan untuk membuat Poster, pamflet, wallpaper, logo dan lain-lain. 


Baca Juga : Aplikasi excel mengetahui layak atau tidak layaknya anak masuk SD/MI

 

Memang benar di Canva ada yang berbayar, namun yang gratiss pun banyak dan kita bisa berkreasi dengan yang gratis, kita juga menggunakan gambar karya kita sendiri.


Cara mengoperasikannya pun, yang saya lakukan tidak terlalu sulit, karena disitu sudah banyak pilihan yang dapat kita manfaatkan. 

 

Baca Juga : Cara Aktivasi Rekening Bank Siswa penerima PIP di Sipintar Enterprise


Seperti misalnya, ketika akan membuat sebuah Poster kita bisa menggabungkan foto-foto dengan gambar-gambar yang ada di Canva. Kita pilih saja  cara membuat Poster Penerimaan Siswa Baru,

 

 

Contoh : Poster canva

 

Masuk ke beranda, saat sudah di laman beranda pilih Menu Poster. Ada dua Poster disini ada Portrait (Tegak) ada juga Lanscape. Selanjutnya, pilih menu disamping kiri seperti gambar ini, kemudian silahkan dahulukan yang mana kalian suka, misalnya masu mendahulukan Tulisan dengan menggunakan menu Teks, ada banyak pilihan teks disini, dan itupun terserah kalian mau pilih yang mana sesuai selera. Atau mau memilih gambar, silahkan pilih menu foto. Mau ditambah dengan audio klik menu Audio, atau menambahkan elemen seperti tanda, stiker, gambar bergerak dan lain-lain gunakan menu Elemen, jika gambar yang kita butuhkan tidak ada, bisa menggunakan menu Unggahan, artinya gambar yang sudah kita siapkan dan kita rapikan bisa kita gabungkan disini.

 

Kita juga bisa menimpa gambar satu dengan yang lain, dan membuat gambar tersebut saling membentuk sebuah variasi, Menggunakan menu Efek untuk menambahkan efek gambar, atau menu filter, menu sesuai, menu pangkas untuk memotong gambar, Balik untuk membalikan gambar, atau menu animasi agar gambar bergerak. Membuat gambar transparan dengan menggunakan menu transparansi. 


Jika Poster, sudah selesai kita bisa mengunduh dalam bentuk file-file seperti PNG, JPG, PDF, GIF. dan Video. Nah, gimana sahabat, tertarik kan untuk menggunakan aplikasi Canva ini. Kita tak perlu takut mencoba, dan tak perlu takut untuk salah, karena dari kesalahan-kesalahan kita banyak belajar untuk menjadi baik.


Berikut contoh poster-poster dan Pamflet yang telah saya buat.

 

Baca Juga : Khusus Jenjang PKBM/SKB, PP/BP PAUD dan Dikmas , pembaruan Dapodik Versi 2021.F

 

 

Gimana sahabat teratik kan untuk mencoba, yuk tunggu apalagi silahkan daftar akun di Canva pada Link berikut https://www.canva.com/ dan selamat mencoba. Selain website Canva kita juga bisa mengunduh Canva di Google Play Store untuk versi Android.


Selain memanfaatkan situs Canva, kita dapat juga mengedit gambar secara online di Aplikasi Edit Foto secara Online .

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih