Tuesday, 25 May 2021

Cara mengisi Nilai UPK (Ujian Pendidikan Kesetaraan) di Dapodik 2021.F

Assalamu'alaikum sahabat edukasinfo.net, dimanapun kalian berada semoga selalu sehat dan dalam lindungan Allah yang Maha Kuasa.



Sahabat, beberapa waktu yang lalu baru saja dirilis Dapodik Versi 2021.F. Kalian sudah melakukan pembaruan Dapodik 2021.e ke Dapodik 2021.f, mudah-mudahan kalian tidak mengalami kesulitan dalam memperbarui dapodik 2021 ini.

Banner IDwebhost

 

Baca Juga : Khusus Jenjang PKBM/SKB, PP/BP PAUD dan Dikmas , pembaruan Dapodik Versi 2021.F

 

Selanjutnya, perlu kita ketahui apa yang terbaru di dapodik 2021.f ini?


Yang terbaru di dapodik 2021. f ini yaitu

  • Pembaruannya yaitu Penambahan menu baru penginputan nilai Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK) bagi jenjang PKBM dan SKB
  • dan, Perbaikannya yaitu Bugs Fixing Layanan Pendidikan Keaksaraan pada jenjang PKBM dan SKB. 

 

Artinya, pembaruan ini dikhususkan untuk Pendidikan Kesetaraan yakni PKBM atau SKB.

 

Baca Juga : Aplikasi excel mengetahui layak atau tidak layaknya anak masuk SD/MI 

 

PKBM adalah kependekan dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat adalah lembaga yang dibentuk oleh masyarakat untuk masyarakat yang bergerak dalam bidang pendidikan. Pusat kegiatan belajar  ini masih berada di bawah pengawasan dan bimbingan dari Dinas Pendidikan Nasional. PKBM ini bisa berupa tingkat desa ataupun kecamatan. untuk mendirikan PKBM bisa dari unsur apapun oleh siapapun yang tentunya telah memenuhi syarat-syarat kelembagaan antara lain :

  • Akta Notaris
  • NPWP
  • Susunan badan pengurus
  • Sekretariat
  • Ijin operasional dari Dinas Pendidikan kab/kota

 

Nah sahabat, selanjutnya kita bahas apa yang diiginkan oleh aplikasi dapodik terbaru ini. Seperti yang disebutkan di atas bahwa pembaruan dapodik versi 2021.f ini adalah penambahan menu NILAI UPK. Bila di sekolah umum ada Nilai Ujian Sekolah, di PKBM ini ada Nilai Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK). 

 

Baca Juga : Cara Aktivasi Rekening Bank Siswa penerima PIP di Sipintar Enterprise

 

Cara mengisinya jika kalian pernah menjadi operator Dapodik Sekolah Dasar pasti pernah mencoba untuk mengisi Nilai Rapor atau Nilai Ujian Sekolah. Nah, cara pengisian Nilai UPK ini persis sama dengan pengisisan Nilai Rapor dan Nilai US.

 

Baca Juga : Sertifikat Akreditasi Universitas Terbuka terbaru 

 

Yang harus dilakukan pertama kali adalah memastikan bahwa aplikasi Dapodik yang ada di Laptop kita sudah terupdate ke Dapodik versi 2021.f.

 

Selanjutnya periksa di Dahsboard, dan lihat apakah Menu NILAI sudah muncul. Jika belum juga muncul coba hapus Chache dan History di browser kalian, atau kalian bisa menghapus dengan menggunakan aplikasi CCleaner


 Baca Juga : Aplikasi Surat Usulan pencairan dana PIP langsung cetak excel  

 


Ada dua menu Nilai yaitu Nilai Rapor dan Nilai UPK, dan cara keduanya hampir sama.


Klik Menu UPK, kemudian Pilih dan Klik nama tingkat Pendidikan seperti Paket A, Paket B atau C, kemudian klik menu TAMBAH

 


Selanjutnya Pilih Mata Pelajaran yang Di Uji dan tentukan Nomor Urutannya, seperti gambar ini



Pada kolom Pembelajaran Klik tanda segitiga kecil dan Pilih salah satu mata pelajaran, nama mata evaluasi itu mengikuti pembelajaran. Tentukan nomor Urut Mata Pelajaran tersebut. Jika sesuai Rapor Umum biasanya Mata Pelajaran Pendidikan Agama urutan 1, dan PKn urutan 2, Bahasa Indonesia Urutan 3 dan seterusnya. Jangan Lupa mengisi Kriteria Ketuntasan Minimal atau KKM pada menu KKM Pengetahuan atau Keterampilan.


Jika telah muncul Mata Pelajaran di kolom sebelah kiri, selanjutnya klik mata Pelajaran tersebut dua kali, 

 


setelah mengklik nama mata pelajaran tersebut, selanjutnya akan muncul nama-nama peserta didik di kolom sebelah kanan. Klik Ok pada notifikasi berikut ini,




Jika telah muncul nama Peserta Didik di kolom sebelah kanan, lihat di bagian atasnya ada menu EXPORT dan IMPORT, Klik menu tersebut dan pilih UNDUH FORMAT EXCEL UNTUK IMPORT,



inilah contoh format Daftar Nilai UPK, jika selesai diisi nanti klik menu IMPORT FILE EXCEL di bawah pilihan menu UNDUH FORMAT EXCEL UNTUK IMPORT tadi.





Lakukan hal yang sama untuk Mata Pelajaran yang lainnya dan juga untuk Nilai Keterampilannya.


Demikian semoga bermanfaat.



NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih