F Modul Belajar Mandiri untuk bekal test PPPK 2021 - Edukasinfo.Net

Thursday 20 May 2021

Modul Belajar Mandiri untuk bekal test PPPK 2021

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, sahabat edukasinfo.net, dimanapun kalian berada, semoga saat ini masih diberikan kekuatan dan perlindungan oleh Allah subhanahu wata'ala.



Sahabat, saat ini sudah ramai diperbincangan bahwa akan ada penerimaan Aparatur Sipil Negara, yakni Penerimaan CPNS dan PPPK tahun 2021. Berikut sekelumit informasi mengenai Penerimaan CPNS dan PPPK 2021 ini,
Banner IDwebhost
  1. Pengumuman Seleksi : 30 Mei s.d. 13 Juni 2021
  2. Pendaftaran Seleksi : 31 Mei s.d. 21 Juni 2021
  3. Seleksi Administrasi dan Pengumuman Hasilnya : 1 Juni s.d. 30 Juni 2021
  4. Masa sanggah : 1 Juli s.d. 11 Juli 2021
  5. Pelaksanaan SKD CPNS (CAT BKN) : Juli s.d. September 2021
  6. Seleksi Kompetensi PPPK Non Guru (CAT BKN) : Juli s.d. September 2021 ( setelah SKD CPNS selesai di masing masing lokasi)
  7. Seleksi Kompetensi  PPPK Guru (CBT Kemendikbud);  Tes 1 : Agustus 2021, Tes 2: Oktober 2021, Tes 3: Desember 2021
  8. Pelaksanaan SKB CPNS : September s.d. Oktober 2021
  9. Pengumuman Akhir dan Masa Sanggah : November 2021
  10. Penetapan NIP CPNS/ Nomor Induk PPPK : Desember 2021

Nah, karena sudah tahu mengenai tahap-tahap penerimaan ASN 2021 ini, ada baiknya bagi kita guru agar mempersiapkan diri untuk menghadapi Test penerimaan ASN 2021, khususnya guru PPPK 2021 ini.
 
 
 
 
Berikut akan admin bagikan beberapa modul guna belajar mandiri, buat kalian yang akan mengikuti test Penerimaan PPPK. Namun sebelumnya kita mesti tahu apa manfaat dari modul belajar mandiri ini. Untuk mempersiapkan calon guru ASN PPPK siap dalam melaksanakan seleksi guru  ASN PPPK,  maka  Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) mempersiapkan modul-modul  pembelajaran  setiap  bidang  studi  yang  digunakan  sebagai  bahan belajar  mandiri,  pemanfaatan  komunitas  pembelajaran  menjadi  hal  yang  sangat iipenting dalam belajar antara calon guru ASN PPPKsecara mandiri. Modul akan disajikan  dalam  konsep  pembelajaran  mandiri  menyajikan  pembelajaran  yang berfungsi  sebagai  bahan  belajar  untuk  mengingatkan  kembali  substansi  materi pada setiap bidang studi, modul yang dikembangkan bukanlah modul utama yang menjadi dasar atau satu-satunya sumber belajar dalam pelaksanaan seleksi calon guru  ASN PPPKtetapi  dapat  dikombinasikan  dengan  sumber  belajar  lainnya. Peran  Kemendikbud  melalui  Ditjen  GTK  dalam  rangka  meningkatkan  kualitas lulusan guru ASN PPPK melalui pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas peserta didik adalah menyiapkan modul belajar mandiri.
 
 


Direktorat  Guru  dan  Tenaga  Kependidikan  Pendidikan  Dasar  (Direktorat  GTK Dikdas) bekerja sama dengan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) yang merupakan Unit Pelaksanana Teknis di   lingkungan   Direktorat   Jenderal   Guru   dan   Tenaga   Kependidikan   yang bertanggung jawab dalam mengembangkan modul belajar mandiri bagi calon guru ASN  PPPK.  Adapun  modul  belajar  mandiri  yang  dikembangkan  tersebut  adalah modul yang di tulis oleh penulis dengan menggabungkan hasil kurasi dari modul Pendidikan  Profesi  Guru  (PPG),  Pengembangan  Keprofesian  Berkelanjutan (PKB),  Peningkatan  Kompetensi  Pembelajaran  (PKP),  dan  bahan  lainnya  yang relevan. Dengan modul ini diharapkan calon guru ASN PPPKmemiliki salah satu sumber dari banyaknya sumber yang tersedia dalam mempersiapkan seleksi Guru ASN PPPK, khususnya guru Sekolah Dasar.


 

Nah, untuk itu mari kita perkaya pengetahuan kita dengan mempelajari isi modul belajar mandiri ini, mudah-mudahan dengan usaha ini, mempermudahkan kita untuk mengisi pertanyaan-pertanyaan yang ada di test penerimaan PPPK nanti. Selanjutnya jangan lupa yang paling utama dan sangat penting kita lakukan adalah memohon pertolongan Allah Yang Maha Kuasa.


 
 
 
 
 
 


 
 
 

 
 
 

 
 
 

 








 
Demikian modul belajar mandiri untuk belajar sendiri demi mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian penerimaan ASN PPPK guru khususnya guru SD. Semoga bermanfaat. 


Sumber : Modul Belajar Mandiri Kemdikbud

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih