F Hosting Murah di Rumahweb Indonesia, solusi buat guru yang baru memiliki website di saat pandemi - Edukasinfo.Net

Friday 25 June 2021

Hosting Murah di Rumahweb Indonesia, solusi buat guru yang baru memiliki website di saat pandemi

Assalamu'alaikum sahabat, bagi guru yang sudah mulai menulis di website, harus tahu apa itu domain dan apa itu hosting. Sahabat, sebelum kita menjelaskan makna domain atau hosting, admin ingin mengajak sobat yang masih amatir mengenal situs penyedia Hosting Murah untuk website yaitu Rumahweb Indonesia .




Di masa pandemi covid-19 ini, penting bagi seorang pendidik yakni guru untuk memiliki website sendiri, sebagai wadah untuk membuat media pembelajaran, dan menyimpan sumber-sumber belajar serta menyusun materi pembelajaran.  Selain itu juga, sebagai tambahan usaha sampingan guru-guru honor, setidaknya guru memiliki keterampilan atau skill di budang lain seperti berjualan (bisnis) ataupun lainnya. Nah, sebelum sahabat yang memulai membuat website, yuk kita mengenal sepintas kilas mengenai hosting dan domain dan betapa pentingnya memiliki website untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

 

Hosting adalah sebuah tempat di mana file dan data yang diperlukan website disimpan serta dapat diakses dan dikelola melalui internet. File website yang disimpan pada hosting berupa video, gambar, email, script, aplikasi dan database.

 

Di Rumahweb Indonesia, kalian bisa membeli hosting dan domain untuk sebuah website yang sedang dibangun. Domain itu sendiri adalah alamat yang akan mengantarkan Anda ke website yang Anda tuju. Pada dasarnya, domain merupakan bentuk sederhana dari alamat IP yang berupa kombinasi angka rumit dengan fungsi sebagai alat untuk mengidentifikasi sebuah web hosting. 

 

Contoh domain seperti edukasinfo.net. Kata "Net" di belakang titik adalah identitas sebuah domain. Domain ada yang langsung disediakan gratisan ada pula yang berbayar. Manfaat memiliki domain berbayar setidaknya cepat untuk diindeks oleh google, dan yang pastinya para guru blogger ingin punya penghasilan dengan memiliki akun goole adsense.  


Ada beberapa tips dalam memilih domain. Sebagaimana dilansir dari https://www.rumahweb.com/, Memilih nama domain tidak berbeda dengan memilih merek atau nama perusahaan. Butuh pertimbangan yang matang karena nama domain adalah identitas dan brand Anda di internet.

 

Di Rumah web Indonesia kita bisa memilih membeli domain saja, atau membeli domain sekaligus hosting, atau ada juga pilihan membeli hosting dan mendapatkan domain gratis. Nah, jika penasaran langsung saja intip di https://www.rumahweb.com/

 

Adapun tips dalam memilih domain, adalah sebagai berikut:

 

1. Hati-hati dengan Slang

Tips yang pertama para guru harus
berhati-hati dengan Slang. Kalian bisa saja menggunakan slang seperti "1" untuk "one" (misalkan: number1.com - number one dot com), namun bisa saja slang semacam ini disalahpahami saat diucapkan sehingga diipahami sebagai "numberone.com". Jika memang merek Anda menggunakan slang, ada baiknya kita mendaftarkan semua kemungkinan yang bisa jadi disalahpahami orang.



2. Lebih Pendek Lebih Baik

Domain yang lebih panjang dan kompleks membuat pelanggan Anda beresiko salah ketik. Seperti halnya merek, semakin pendek biasanya juga akan semakin mudah diingat. Branding yang berhasil adalah branding yang mudah diingat.

 

Contoh domain yang telalu panjang marikitabelajarilmuagamasyari.co.id



3. Gunakan Kata Kunci (keyword)

Misalkan bisnis Anda bergerak di bidang jasa perbaikan mobil dengan nama perusahaan PT. Anugerah Jaya. Anda bisa saja menggunakan anugerahjaya.id, atau Anda juga bisa menggunakan domain servismobil.id atau mungkin montirpanggilan.com. Penggunaan kata kunci / keyword yang relevan juga akan meningkatkan peluang Anda pada search engine.




4. Hindari Unsur Merk Terkenal

Menggunakan merk yang bukan merk Anda pada domain dapat menimbulkan perselisihan dengan pemilik merk, bahkan bisa sampai di ranah hukum. Bisa saja Anda menjual jam merk Junghuns, tapi jangan menggunakan jualjamjunghuns.com atau jamjunghuns.com karena pemilik merk  bisa saja mengajukan keberatan dan mengambil alih domain tersebut melalui proses hukum.



5. Berikan Unsur Lokasi

Nama domain bisa saja menggunakan unsur lokasi usaha untuk menguatkan local search. Misalkan: muratara.co.id atau rupit.com.



6. Pilih Ekstensi yang Sesuai

Ekstensi .com dan .id di Indonesia sangat populer, tak heran jika nama domain yang Anda pilih ternyata telah menjadi milik orang lain. Namun kini tersedia ratusan ekstensi yang sesuai dengan bidang bisnis, seperti .design, .art, .photography, .shop, dan masih banyak lagi.



7. Proteksi Merk Anda

Pertimbangkan membeli beberapa ekstensi domain yang populer untuk merek Anda, misalkan namausaha.com, namausaha.net, dan namausaha.id sekaligus. Ini untuk mencegah kompetitor mendaftarkan versi lain dari domain Anda dan memastikan pelanggan menuju ke website yang memang milik Anda.



8. Cepat Bertindak

Daftarkan nama domain Anda sesegera mungkin, jangan menunggu nama bisnis Anda populer dahulu baru mendaftarkan domainnya belakangan. Anda tentu tidak ingin orang lain memiliki domain dengan nama bisnis atau merek yang Anda telah bangun bisnis dan reputasinya bertahun-tahun.
 

Berapa harga yang harus sahabat keluarkan untuk mendapatkan hosting dan domain di rumahweb ini?

 

Harga dari hosting dan domain bervariasi sesuai dengan permaintaan yang ditawarkan sahabat, untuk deatil harga yang ditawarkan bisa langsung mengunjungi situs Rumahweb Indonesia. Bapak ibu guru yang baru merintis sebuah website dapat memiliki website dapat menggunakan "hosting murah" dari Rumahweb dengan biaya mulai Rp. 99.000,-/setahun. Kita ambil contoh, saya saat ini mencari domain untuk sebuah website dengan nama "natazikripedia"

 


dipencarian tersebut sudah ada keterangan harga sebuah domain, dan ada keterangan beli hosting dapat domain. 


 Sumber : https://www.rumahweb.com/domain-murah/

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih