F Cara Menjaga Kebersihkan Lingkungan Sekolah Saat Pandemi - Edukasinfo.Net

Friday 25 June 2021

Cara Menjaga Kebersihkan Lingkungan Sekolah Saat Pandemi

 Sahabat, sekolahan adalah tempat belajar menuntut ilmu demi menggapai cita-cita di masa yang akan datang, namun di sekolahan juga kalian bersua bermain ceria dan menjalin persahabatan dan persaudaraan. Sudah pasti sekolah yang selalu bersih dan menjaga kebersihan walaupun di saat pandemi saat ini, yang akan membeikan nilai kenyamanan dan kesegaran dalam bersosial. Nah, bagaimana sekiranya di sekolahan kalian penuh dengan kotoran, sampah bertebaran dimana-mana, lantai-lantai berbekas tanah-tanah kecoklatan bertebaran. Sudah pasti sekolah seperti ini tidak akan membuat hati kalian nyaman dalam belajar atau bermain. Sebagai masyarakat sekolahan yang ada dilingkungan sekolahan tentunya kita mau memiliki sekolah bersih dan menjadi idaman setiap orang yang menatap, terutama dalam hal kebersihan. Nah sahabat, sudah semestinya kita harus tahu Cara Menjaga Kebersihkan Lingkungan Sekolah Saat Pandemi





Semenjak Tahun 2020 kemarin, sekolahan-sekolahan ditutup, kegiatan belajar atatp muka ditiadakan dan digantikan dengan belajar dari Jauh atau dari Rumah. Selama tidak dibukanya sekolahan untuk kegiatan pembelajaran tatap muka, selama itu juga sekolahan seperti rumah tinggal, bahkan ada sekolah yang rumput di halaman di depan tumbuh tinggi setinggi lutut. Jika sudah seperti ini, yang akan disalahkan bukanya siswa yang tidak datang ke sekolah, namun ini adalah tanggung jawab pengelola sekolah.

 


Namun di tahun 2021 ini, sudah ada sebagian dari sekolah yang memberanikan diri untuk mengadakan pembelajaran tatap muka (PTM) namun dengan cara terbatas, seperti menerapkan sistem ganjil genap. Sahabat, masa pandemi saat ini masih belum berakhir, namun bukan berarti kita tidak boleh untuk melakukan aktifitas-aktifitas di sekolah. Kita harus tetap menjaga diri, menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta berusaha menghindari kerumunan, dan yang paling penting adalah menjaga kebersihan sekolah kita selama masa pandemi ini.





Bagaimana cara menjaga kebersihan Lingkungan sekolah di masa Pandemi Covid-19 ini?




Sebagaimana dilansir di Unilever Proffesional, ada beberapa cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah saat Pandemi ini, yaitu:

 
Membuat Bilik Disinfektan di Dekat Pagar Sekolah; Untuk memusnahkan virus COVID-19 pada tubuh kita  tentunya tak cukup dengan hand sanitizer saja. Kita harus juga menyiapkan bilik disinfektan terutama untuk membantu menyingkirkan kuman dan virus yang sempat menempel di seluruh tubuh. Untuk membuat bilik ini pihak sekolah bisa bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk penyediaan bilik disinfektan di depan sekolah. 

 

Menyemprotkan Disinfektan di Seluruh Sudut Sekolah; Pihak sekolah meminta petugas dari Puskesmas, PMI atau dari Dinas Pendidikan untuk menyemprot desinfektan disetiap sudut sekolah. Dalam kapasitas 15 liter disinfektan cukup untuk mensterilkan berbagai spot, termasuk sudut-sudut bangunan, lorong sekolah, akses tangga, hingga tempat parkir. 

 

Mengepel dan Membersihkan Permukaan Ruang Kantor dan Kelas Setiap Hari; Untuk mengepel lanatai, bangku sekolah, meja sekolah dan setiap sudut sekolah Produk Wipol Karbol Cemara Professional 1.6L bisa menjadi alternatif mendesinfeksi. Dengan formulasi Pine Action yang efektif membunuh kuman, dan memberikan keharuman segar khas cemara.

 

Menyediakan Hand Sanitizer di Seluruh Sudut Sekolah; Penerapan protokol kesehatan (prokes) 3M mudah terlaksana jika sarana dan prasarana kesehatan di sekolah memadai. Nyatanya kuman dan bakteri bisa bersembunyi di mana pun, sehingga diperlukan akses cuci tangan yang mudah ditemukan. Idealnya sekolah menyediakan wastafel portable atau keran air, serta menempatkan hand sanitizer di setiap sudut sekolah. Penyediaan fasilitas ini membantu para guru dan murid untuk disiplin hidup sehat dan bersih. 


    Membersihkan Kaca Jendela Agar Sirkulasi Udara Bersih dan Sehat.  
    Membersihkan Kamar Mandi Setiap 6 Jam Sekali.  
    Menanam Pohon dan Tanaman Gantung Agar Rindang dan Sejuk; 

 

Cara menjaga lingkungan sekolah akan semakin lengkap jika diimbangi dengan penghijauan. Bukan hanya menanam aneka tanaman hias saja yang cocok untuk diperbanyak di halaman sekolah. Berbagai tanaman yang bisa dikonsumsi seperti sayuran, tanaman obat, hingga buah dalam pot bisa memberi manfaat kesehatan. Yakni; membantu penyerapan karbon, memberi efek relaksasi, menambah kesejukan, dan membantu kualitas udara lebih baik. Memasang Himbauan untuk Selalu Taat Prokes dan Menjaga Kebersihan;  Apakah sekolah yang Anda kelola memiliki kebijakan khusus untuk manajemen kebersihan, prokes, dan pengelolaan sampah? Ada baiknya jika Anda atau pihak sekolah menyiapkan peraturan untuk membudayakan gaya hidup bersih dan sehat bagi guru, murid, dan karyawan. Pasang slogan himbauan di beberapa sudut sekolah terkait memisahkan sampah organik vs anorganik, instruksi mengosongkan tempat sampah yang aman, hindari meludah sembarangan, dan pengumuman di mading terkait protokol kesehatan pencegahan virus COVID-19. Buat sedetail mungkin agar peraturan tersebut mudah dikerjakan mulai anak-anak hingga dewasa.



Nah, sahabat itulah cara menjaga kebersihan sekolah di saat pandemi yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat.



Pastikan untuk menerapkan cara menjaga lingkungan sekolah yang berstandar tinggi. Terbukti semakin bersih lingkungan sekolah, semakin bahagia dan nyaman siapa pun yang ada di dalamnya.

 

Sumber : Cara Menjaga Kebersihkan Lingkungan Sekolah Saat Pandemi

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih