F Inilah manfaat berjalan kaki - Edukasinfo.Net

Tuesday 29 June 2021

Inilah manfaat berjalan kaki

Sahabat, di zaman yang serba instan ini, semua pekerjaan ingin serba cepat. Makanan inginnya instan, minuman juga maunya instan, pekerjaan maunya juga instan. Jika berada di kota besar, bepergian pun ingin cepat sampai walaupun jarak dan waktu tempuh perjalanan jika dilakukan dengan berjalan kaki bisa sampai dalam waktu kurang lebih 10 menit. Namun, tahukah sahabat, bahwa berjalan kaki banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Nah, pada tulisan kali ini, penulis ingin membagikan  manfaat jalan kaki.



Apa saja manfaat dari berjalan kaki bagi kesehatan tubuh kita?


sebagaimana dilansir dari situs www.rexona.com, bahwa ada 7 (tujuh) manfaat dari berjalan kaki, yaitu sebagai berikut:


1.    Berjalan kaki dapat Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan kepadatan tulang yang menurun sehingga dapat menyebabkan tulang keropos, rapuh, dan mudah patah. Penyakit ini biasa dialami oleh orang-orang usia lanjut, tapi juga tidak menutup kemungkinan dialami oleh remaja maupun orang di usia produktif. Nah, berjalan kaki terbukti bisa meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang agar tidak mudah rapuh.

 
2.    Berjalan kaki dapat Menurunkan Berat Badan


Siapa sangka jika dengan alan kaki adalah satu satu olahraga yang membantu memperbaiki respons tubuh terhadap hormon insulin. Hormon ini sangat bermanfaat untuk mengurangi lemak pada tubuh. Di samping itu, aktivitas berjalan kaki juga efektif untuk membakar kalori berlebih pada tubuh. Jalan kaki bisa menjadi alternatif bagi sahabat yang saat ini menjalani diet.

 
3.    Berjalan kaki dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jalan kaki juga merupakan olahraga ringan yang bisa membuat kita terhindar dari sejumlah penyakit.  Jalan kaki selama 30 menit sehari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.


 
4.    Berjalan kaki dapat Melancarkan Proses Metabolisme Tubuh

Berjalan kaki dapat membakar  kalori di dalam tubuh, sehingga mampu melancarkan proses metabolisme tubuh, dengan berjalan kaki juga akan memperoleh manfaat penurunan berat badan.

 
5.    Berjalan kaki dapat Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Ketika kita rutin berjalan kaki setidaknya 30 menit setiap hari, kondisi ini akan mempengaruhi kesehatan saluran cerna sehingga kamu terhindar dari masalah sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

 
6.    Berjalan kaki dapat Membuat Tidur Jadi Lebih Nyenyak

Jika sahabat yang selama ini memiliki masalah insomnia. Insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit tidur, atau tidak cukup tidur, meskipun terdapat cukup waktu untuk melakukannya. Gangguan tersebut menyebabkan kondisi penderita tidak prima untuk melakukan aktivitas keesokan harinya cobalah berjalan kaki setidaknya 1-2 jam sebelum tidur. Berjalan kaki bisa membuat tubuh menjadi letih sehingga kamu memperoleh tidur yang nyenyak.

 
7.    Berjalan kaki dapat Mengurangi Stres

Percaya atau tidak, manfaat jalan kaki yang satu inilah yang bisa dirasakan oleh semua orang tak mengenal usia. Ya, jalan kaki bisa mengurangi stres karena tubuh akan melepaskan endorfin, hormon yang mempengaruhi suasana hati sehingga menjadi lebih baik. Kamu bakal terhindar dari kecemasan, depresi, sampai dengan insomnia yang memang merupakan gejala stres.


Seandainya, karena berjalan kaki membuat badan kita berkeringat dan pastinya akan menimbulkan bau tidak sedap dari badan kita, kita bisa menggunakan deodoran seperti rexona. Gunakan Deodoran yang mampu mencegah bau badan dan mengurangi produksi keringat berlebih. Selain itu, cari  tekstur deodorannya yang mudah meresap di kulit sehingga tidak meninggalkan bekas deodoran di pakaianmu.

 
Nah sahabat, demikian manfaat berjalan kaki yang dapat kami bagikan, semoga bermafaat.


Sumber : 
* https://www.rexona.com/id/gerak-tak-terbatas/7-manfaat-jalan-kaki-yang-wajib-kamu-ketahui.html
* www.alodokter.com



NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih