F Melukis dengan jari tangan - Edukasinfo.Net

Wednesday 30 June 2021

Melukis dengan jari tangan

Assalamu'alaikum sahabat edukasinfo.net, menggambar dan melukis adalah salah satu kegemaran saya dari zaman masih sekolah dasar dulu sampai saat ini. Pandai di sekolah tidak mesti  matematika, sains atau pelajaran eksakta lainnya, namun pandai juga bisa di lihat dari bakat melukis. Anak yang pandai melukis biasanya lebih menggunakan otak kanan. Fungsi otak kanan lebih fokus pada visual. Sebutannya saja "otak analog", karena memiliki cara berpikir yang lebih kreatif. Fungsi otak kanan seringkali dihubungankan dengan Pemikiran holistik, Seni, Pengatur ritme, Isyarat nonverbal dan Visualisasi perasaan. Nah sahabat, kali  ini bagaimana jika kita belajar melukis dengan jari tangan, yuk simak cara-caranya!




Sahabat, bagi seorang yang memiliki kreatifitas yang tinggi, melukis bisa saja dengan menggunakan bahan-bahan yang tidak biasa digunakan oleh orang lain. Seperti menggunakan tanah liat, arang, serbuk kayu dan lain-lain.  Ada orang yang bisa melukis dengan menggunakan tubuhnya, ada yang bisa melukis  menggunakan kakinya, ada juga yang melukis dengan mulut, dan juga dengan jari tangan tanpa menggunakan kuas.


Nah, kali ini penulis akan mengajak sahabat untuk belajar melukis dengan jari tangan (Finger painting). Seperti dilansir dari situs www.rinso.com bahwa Finger painting adalah kegiatan melukis dengan menggunakan jari. Pada umumnya melukis selalu menggunakan kuas atau peralatan lainnya, finger painting justru tidak menggunakan peralatan tersebut. Jadi, orang yang ingin membuat finger painting harus mencelupkan jari-jarinya ke dalam cat agar bisa melukis sesuai kreativitas masing-masing. Hal inilah yang sering membuat para orang tua khawatir karena langsung menggunakan jari untuk melukis. Sebagaimana yang kita ketahui, cat mengandung bahan kimia yang sangat berbahaya jika tertelan. Karena, kebiasaan anak khususnya balita sering memasukkan tangan mereka ke mulut. Untuk itu jika ingin mengajak anak-anak balita melakukan finger painting sebaiknya perlu pengawas yang ketat atau simak cara agar anak-anak bisa melakukan finger painting dengan aman.


Sahabat, bagaimana caranya agar anak-anak bisa melakukan finger painting dengan aman, simak beberapa cara membuat bahan finger painting yang bisa Anda terapkan sendiri di rumah.

 

1. Siapkan Bahan-bahan Finger Painting yang Aman



Supaya terhindar risiko  tertelan cat oleh anak-anak, lebih baik buatkan sendiri cat finger painting yang aman bagi anak-anak. Siapkan bahan-bahan berikut sebelum mulai proses pembuatannya:

  • ½ cangkir Tepung Kanji (Maizena)
  • 3 sdm Gula
  • ½ sdt Garam
  • 2 cangkir Air Dingin
  • Pewarna Makanan (macam-macam warna)
  • Glitter


 

2. Masak di dalam Wajan Anti Lengket



Proses pembuatan cat yang aman untuk finger painting bisa dilakukan dengan menggunakan wajan anti lengket. Wajan ini diletakkan di atas api kecil agar bahan-bahan di dalamnya tidak hangus. Sesudah itu, masukkan semua adonan ke dalam wajan. Masak semua bahan ini selama 10-15 menit.


 

3. Aduk Adonan Sampai Mengental



Ketika memasak adonan cat finger painting, aduk semua adonan secara perlahan sampai teksturnya mengental. Hindari mendiamkan adonan untuk waktu yang lama karena adonan akan tetap hangus meskipun Anda sudah menggunakan wajan anti lengket.


Cat akan mengental pada tahap-tahap akhir. Pada tahapan ini sebaiknya kita tidak menambahkan bahan-bahan lainnya. Ketika teksturnya sudah kental, matikan api dan biarkan catnya sampai dingin.


4. Tempatkan Adonan ke dalam Wadah Kecil



Apabila adonan catnya sudah dingin, saatnya untuk memindahkan cat tersebut ke dalam wadah-wadah kecil. Gunakan cup es krim untuk menempatkan cat. Pisahkan adonan menjadi 4-5 wadah agar warna cat yang dihasilkan semakin banyak.

 

5. Tambahkan Pewarna



Untuk membuat adonan menjadi cat yang cocok untuk mendukung kegiatan finger painting, tambahkan pewarna pakaian atau makanan pada setiap wadah cup es krim. Usahakan untuk membeli pewarna yang berbeda-beda agar kita bisa memperoleh lebih banyak warna.



Setelah menambahkan pewarna, aduk dengan sendok sampai pewarnanya tercampur ke seluruh bagian adonan. Jika pewarnanya terbatas, coba campur beberapa warna berbeda untuk menghasilkan warna lain, seperti mencampur pewarna biru dan merah untuk menghasilkan warna ungu.

 

6. Campur dengan Glitter

Langkah yang satu ini hanya berlaku untuk anak-anak yang memang memahami bahwa cat finger painting tidak untuk dimakan atau dimasukkan ke mulut. Jika anak sudah memahami hal ini, tambahkan glitter ke dalam adonan cat untuk membuat tampilannya jadi semakin menarik.

 


7. Persiapkan Tempat untuk Membuat Finger Painting



Bila catnya sudah siap, kini Kita perlu menyiapkan bahan-bahan lainnya untuk mendukung kegiatan ini. Sediakan kertas karton tebal sebagai media melukis anak. Biarkan si kecil berkreasi membuat lukisan di karton tersebut. Jangan lupa untuk memberi alas pada lantai agar catnya tidak mengotori lantai. Selain itu, siapkan wadah berisi air bersih untuk anak mencuci tangan ketika hendak berganti warna cat.

 


8. Dampingi Anak Membuat Finger Painting



Saatnya membuat finger painting berdasarkan kreasi buah hati kita! Mintalah anak untuk menempelkan telapak tangan atau jarinya ke dalam cat, lalu pandu ia untuk membuat gambar yang sesuai dengan keinginannya. Sebelum berganti ke warna lain, arahkan anak untuk membilas tangannya terlebih dahulu pada air bersih yang tersedia.



Nah, sahabat itulah cara membuat pewarna Finger Painting yang aman, dan tidak perlu untuk dikhawatirkan. Namun, bila pakaian takut dengan pakaian yang akan kotor terkena cat, sahabat bisa mencuci pakaian tersebut dengan deterjen yang bisa di beli di warung sekitar, seperti Rinso atau yang lain.


Sumber : 

*https://www.rinso.com/id/sustainability/8-langkah-membuat-finger-painting-dan-bermain-seru-dengan-anak.html

*www.sehatq.com


NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih