Wednesday, 30 June 2021

Manfaat membiasakan diri dengan pola hidup sehat

Assalamu'alaikum sahabat edukasinfo.net, saat ini kita masih dirundung rasa takutakan penyebaran virus yang muncul ditahun 2019 lalu, yakni covid 19. Pola hidup di sekitar kita berubah drastis, yang dulunya tidak pernah menggunakan masker, kini harus mengenakan masker, sering-sering mencuci tangan, menjaga jarak satu sama lain. Sepertinya, jika kita melihat keadaan seperti ini, penting bagi kita untuk menerapkan pola hidup sehat. Apa sih manfaat pola hidup sehat bagi kita? Yuk, kita simak bahasan berikut ini mengenai manfaat pentingnya pola hidup sehat.



Di mulai dari lingkungan yang lebih kecil yaitu keluarga, kita mulai budaya hidup sehat tumbuh agar seterusnya terbiasa dan membudaya, kemudian barulah lingkungan kita, lingkungan rumah dan lingkungan tempat bekerja. Mungkin sahabat pernah mendengar kalimat "Budaya Hidup Sehat". Sebagaimana dilansir disitus Lifebouy bahwa Budaya Hidup Sehat kebiasaan menjalankan pola hidup yang bermanfaat bagi tubuh. Beberapa pola hidup yang menjadi bagian budaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga secara teratur, beristirahat yang cukup, dan tentunya senantiasa menjaga kebersihan tubuh.

 

Jika kita sudah melakukan pola hidup sehat ini, sudha pasti kita akan merasakan manfaat bagi diri kita dan orang lain di sekitar kita. Adapun manfaat tersebut adalah sebagai berikut:


1. Menjaga Imunitas tubuh

 

Budaya hidup sehat yang kalian bangun secara berkelanjutan akan berpengaruh langsung pada kondisi daya tahan tubuhmu. Mengonsumsi makanan bergizi akan membuat tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan guna menjaga dan membentuk imunitas. Berolahraga secara teratur pun bisa membuat organ tubuh bekerja lebih maksimal.

 

Selain itu, menjaga kebersihan tubuh juga dapat menekan paparan virus dan bakteri yang berpotensi menyerang sistem imunitasmu. Jadi ketika kamu konsisten menjalankan pola hidup sehat, imunitas yang kuat pun bisa menghindarkanmu dari berbagai risiko penyakit yang tidak diharapkan.

 

2. Memelihara berat badan agar selalu ideal

 

Tubuh yang terlalu kurus memang tidak baik. Namun, tubuh yang kegemukan adalah pemicu berbagai penyakit kronis. Penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh, diabetes, sampai stroke tidak jarang ditimbulkan oleh kondisi berat badan obesitas atau tidak ideal.

 

Membiasakan diri menjalankan budaya hidup sehat dapat mendatangkan manfaat berupa pemeliharaan berat badan ideal. Dalam sebuah penelitian terkait obesitas pada tahun 2012, ditemukan fakta bahwa kombinasi antara olahraga teratur dan diet sehat mampu menurunkan berat badan yang berlebih serta memelihara berat badan agar tetap di jalur idealnya.

 

 3.  Meningkatkan Stamina dan Energi



Kata siapa budaya hidup sehat berupa olahraga teratur dan pembatasan makanan yang dikonsumsi bisa membuat tubuh lemas? Justru pola makan yang teratur dan olahraga yang rajin bisa membuat produksi energi meningkat.


Pasalnya, keteraturan tersebut membuat proses metabolisme tubuh lebih optimal. Alhasil, kamu akan merasa energi dan stamina selalu ada dan selalu siap menjalankan berbagai kegiatan harian.

 


4.  Memperbaiki Kualitas Tidur


Apa budaya hidup sehat hanya termasuk menjaga makan dan rajin berolahraga? Tentu tidak. Budaya hidup sehat termasuk beristirahat yang cukup. Istirahat yang cukup ini bukan hanya mengacu kepada kuantitas, tetapi juga kualitas. Jika selama tidur kamu mudah terbangun secara tiba-tiba, bisa dibilang kualitas tidurmu kurang baik.



Kualitas tidur yang kurang baik biasanya sangat terpengaruh oleh aktivitas yang kamu lakukan, berat badan dan kebiasaan mengonsumsi makanan tertentu. Mulai sekarang, cobalah untuk menjalankan diet sehat untuk membentuk berat badan ideal dan memilah makanan lebih selektif, seperti mengurangi kopi dan alkohol. Kamu akan merasakan sendiri bagaimana kualitas tidurmu akan meningkat dan bisa tidur dengan nyenyak.



 
5.  Menjaga Kesehatan Mental



Menjalankan pola makan sehat dan rutin berolahraga bukan hanya berpengaruh untuk fisik kita. Budaya hidup sehat yang kita jalankan tersebut juga mampu menjaga dan meningkatkan kesejahteraan mental.



Orang-orang yang konsisten menjalankan budaya hidup sehat cenderung lebih mampu mengelola stres dan menjaga suasana hati. Hal ini karena ketika kamu makan teratur dan beristirahat cukup, suasana hati akan lebih terkendali. Apalagi jika ditambah berolahraga, kita bisa memperoleh peningkatan produksi hormon endorfin yang membuat hati merasa lebih gembira. 


Nah, itulah manfaat dari pola hidup sehat yang harus kita ketahui. Ingat sahabat selalu taati protokol kesehatan, yakni memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak serta menghindari kerumunan. 



Sumber : https://www.lifebuoy.co.id/semua-artikel/berita-kesehatan/5-manfaat-budaya-hidup-sehat-yang-baik-bagi-kesehatan-jasmani-da.html

NATA ANTORIUS

About NATA ANTORIUS

Assalamualaikum, perkenalkan penulis saat ini mengajar di SD Negeri 6 Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Website ini berisi artikel mengenai aplikasi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Yang perlu diskusi masalah dapodik silahkan gabung di grup telegram https://bit.ly/3jGIhLi

No comments:
Write komentar

Terima Kasih